Home / Berita / Internasional / Film Hollywood “Rasul Pembawa Kedamaian” (The Messenger of Peace)

Film Hollywood “Rasul Pembawa Kedamaian” (The Messenger of Peace)

Syuting film Ar Risalah
Syuting film Ar Risalah. Moustapha Akkad (berlutut) dalam syuting film Ar Risalah (The Message) pada tahun 1976. (Photo: Everett Collection/Rex Features)

dakwatuna.com – Beragam cara untuk membela kemuliaan Rasulullah saw., menepis gelombang issu dan pencitraan buruk di negara-negara Eropa, yang berusaha memposisikan Nabi Muhammad saw. sebagai teroris dan terbelakang.

Yaitu dengan penyebaran dan pengiriman biografi Rasulullah saw. secara objektif di internet.

Selain lewat internet, cara lain pembelaan terhadap kemuliaan Rasul lewat bidang seni, cara ini sangat efektif dan kuat pengaruhnya.

Adalah pembuatan film “Rasulus Salam” terjemahnya adalah “Rasul Pembawa Kedamaian” (The Messenger of Peace), berusaha menembus industri perfilman Amerika “Hollywood”, sebuah kiblat perfilman dunia. Film ini disiapkan oleh para seniman dan perfilman Amerika dan Arab.

Film ini termasuk pengalaman atau generasi kedua setelah film “Ar Risalah” karya seniman muslim Moustapha Akkad, yang juga bercerita tentang sejarah kehidupan Muhammad saw..

Film yang sekarang diproduksi ini kira-kira akan menelan biaya 127 juta dollar Amerika dengan setting pengambilan gambarnya di Emirat dan Maroko, dan akan kelar pada tahun 2010, biidznillah.

Film ini bercerita awal mula tersebarnya Islam, dengan target menampakkan nilai-nilai yang sebenarnya dari ajaran Islam, untuk menjembatani dua dunia, Islam dan Barat.

Produser film ini, Oscar Zoghbi, seorang warga negara Amerika, berkebangsaan Libanon- mengatakan:

“Sejarah kehidupan kenabian akan menjadi titik tekan penggarapan film ini, namun tentu kepribadian Muhammad saw. tidak akan diperankan dalam bentuk apa pun dalam film ini. Juga akan ditampilkan beberapa figur yang berinteraksi dengan kehidupan Muhammad dan mereka terpesona dengan kepribadian dan risalahnya.”

Zoghbi melanjutkan:

“Film ini akan menjawab tudingan keliru terhadap pribadi Muhammad saw. yang dikesankan miring oleh kalangan Barat. Tentu film ini akan sangat ditunggu lebih dari satu setengah milyar muslim di seluruh dunia, belum lagi non muslim yang selama ini objektif menggali dan belajar tentang Islam.”

Ia juga menegaskan bahwa film ini nantinya akan laku di pasaran, dan memberikan peluang bisnis perfilman nyang menguntungkan, sebagaimana film-film hollywood lainya.

Sebagaimana ia juga menegaskan bahwa film ini tidak sekedar buah karya dari seorang muslim untuk umat muslim di dunia, namun film ini adalah persembahan bagi seluruh penjuru dunia berikut keluarga besarnya.

“Ini film hollywood namun dengan nilai-nilai Islam, sebagaimana juga akan diangkat cerita tentang tersebarnya Islam di Bizantium dan Paris.” tambahnya.

Disebutkan juga bahwa pemain film ini boleh jadi sosok yang sudah terkenal atau tokoh-tokoh yang pernah tampil dalam film meskipun baru sekali, namun sangat berbakat dan bagus perannya.

Pembuatan film ini dikawal langsung oleh “Darus Syari’ah” semacam lembaga sensor film yang syar’i dan sekaligus menjadi konsultan dalam hal boleh-tidaknya menurut kaca mata syari’ah Islam.

Siapa menyusul membuat gebrakan perfilman Islami di Nusantara ini?, setelah sebelumnya dimeriahkan dengan film-film fenomenal; “Fatahillah”, “Ayat-Ayat Cinta”, “Laskar Pelangi”, “Sang Murabbi”, dan yang insya Allah akan tayang dilayar lebar pada bulan Mei 2009 adalah “Ketika Cinta Bertasbih”, kata penulis novelnya, Kang Abik. Namun film yang bercerita tentang sejarah Rasulullah saw. hasil karya putra Indonesia sepertinya belum ada, siapa tergerakkan untuk membuatnya?!. (io/ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (33 votes, average: 9,55 out of 10)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

teroris

Islam Bukan Teroris, Islam Musuh Teroris

  • arpen

    Semoga Allah SWT memberkahi,Amin!

  • sahrul

    Dengan adanya film tersebut maka bertambah banyak lagi film yang bernuansa Islami,dan saya berharap bahwa film-film Islami tersebut akan menjadi film yang disukai banyak orang,dan juga semoga nanti dunia perfilman akan didominasi oleh orang-orang muslim dengan karya-karyanya yang menakjubkan,dengan itu maka syiar Islam akan meluas dan mendunia.Barokalloh.

  • Rufeto

    seniman Islami agaknya sudah harus menjadi orientasi umat Islam, setelah politik, dan ekonomi. Sarana ini cukup strategis untuk merusak ataupun membangun umat. Saya mengajak saudara fillah untuk masuk kesektor ini. Bukan lagi zamannya kita katakan film itu haram, kita harus ingat yang terpenting adalah "the man behind the gun"

  • Abu Mufid

    Baarokallah, semoga dengan adanya film-film islam yang mendunia akan lebih bisa memperlihatkan kepada semua bahwa islam selalu membawa kedamaian, dan menjadi motivasi kepada setiap muslim untuk menunjukkan keISLAMannya dengan benar.

  • http://segudangcerita.blogspot.com Rahmabaik

    Pasti ada putera indonesia yg mau bikin?? cuma siapa dulu ya mo modalin…

  • Elly

    Baarokallah …..
    Semoga Allah memberkahi perjuangan kita sebagai khalifa dimuka bumi ini. Amin

  • Hendro

    Sepertinya Anthony Quinn sudah meninggal (menurut wikipedia).

  • hindri

    subhanallah…tiada keraguan bagi kita semua sebagai umat rasulullah..sungguh!! dri seneng banget hadirnya film ini. jadi rindu Rasulullah. moga semakin banyak orang mengenal rasulullah semakin banyak yang dapat hidayah. amiin..

  • suwikandi

    semoga saja film ini bukan cuma tontonan semata tapi lebih kepada makna dan kedamaian bangsa di dunia, sebab islam sudah banyak mendapat kecaman yang sangat keji dan disudutkan dari belahan bumi ini, semoga Al Quran tetap menjadi imam di muka bumi ini Amin

  • Ulis Tofa, Lc

    anthony quinn salah satu yang menggarap film "Ar Risalah" (sudah kita hilangkan ditulisan ini), bukan film yang sekarang diproduksi (The Messenger of Peace). jazakallah khaira.

  • ashofat

    untuk sutradara film sinetron indonesia yg muslim, kalo buat film religi mengedepankan dakwahnya dari pada kisah kekerasan dan percintaannya,biar kesannya tidak hanya hiburan semata.

  • kuncoro

    Semoga film ini tidak mendapat sisipan propaganda Amerika, kita tahu hampir semua film Holywood penuh dengan propaganda untuk kepentingan amerika,semoga yang muslim yaang terlibat jeli dan diberi kemampuan mencegah kepentingan yang kontra islam.

    Dan saya sangat berharap film ini akan menjadi jendela /pintu berbondong-bondongan konversi menjadi muslim.

  • yenni
  • roni-blt

    film arrisalah kan udah ada versi originalnya juga (dubbing bhs inggris). kalo di surabaya belinya di toko-toko perlengkapan islam kayak "Cahaya Amanah" atau di toko deket Masjid "Al_Falah"

  • roni-blt

    waktu pertama liat arrisalah (versi arab)yang saat liatnya juga ada pemandunya (abis ga ada terjemahnya)rasanya seneng banget. membangkitkan semangat ibadah. udah pengin liat versi barunya… sayang jalan ceritanya yang dulu agak cepet-cepet gitu.. maklum banyak yang diceritain sejarahnya.

  • http://thinkplanact.wordpress.com Muhammad

    Assalamualaikum wbt,

    Bahagia sekali rasanya saat mengetahui akan berita ini. Semoga usaha ini bakal melonjak lagi industri perfileman Islami buat memberi inspirasi kepada ummat untuk kembali bangkit serta ber’izzah dengan Islam..insyaAllah…sama-sama kita doakan…

    Wassalam

  • ony

    mudah2n kemunculan filem ini bisa bembuka pemahaman2 khalayak untuk bisa memahami Islam secara kaffah. allahu yansurukum, amin

  • hwehehe

    hore………. mudaha2an cepet selesai filmnya….. biar semua orang bisa menonton….
    dan memahami arti penyebaran dan agama islam…..

  • masef

    jujur.. saya senang baca berita ini..
    smoga alam kita ini jd damai…

    good luck…….

  • Amalia Rohandi

    Filmnya bagus banget, bisa nambah pemahaman kita tentang sejarah awal penyebaran Islam.
    tapi…….
    kok gak ada script filmnya ya,,,
    jadi kurang seru
    kalau ada yg mau analisa script filmnya kan jadi gak bisa.
    supaya menjadi bahan pertimbangan ya…!!!

  • oist

    btw sapa sutradaranya yaaaaa,…..

  • filemovie

    nice post bro…. like it.