Home / Narasi Islam / Dakwah / Masa Depan Milik Islam

Masa Depan Milik Islam

dakwatuna.comAllah swt. sebagai Pencipta alam semesta dan segala isinya, tidak mungkin mencelakakan ciptaan-Nya. Dalam berbagai ayat disebutkan bahwa Allah rabbul aalamiin. Imam Ibnul Jawzi dalam tafsirnya Zaadul Masiir mengatakan bahwa kata “ar-Rab” mengandung tiga makna: (a) pemilik seperti dikatakan rabbud daar (pemilik rumah) (a) pemelihara seperti dikatakan rabbusy syai’ (pemelihara sesuatu) (c) tuan yang ditaati, seperti dikatakan dalam ayat: fayasqi rabbahu khamra (maka ia memberi tuannya minuman khamer). Semua makna ini menunjukkan betapa Allah swt. akan menjaga kelestarian ciptaan-Nya sampai pada saat yang Dia tentukan. Dan untuk mewujudkan kelestarian ini, Allah telah meletakkan hukum atau sistem mengatur perjalanan segala wujud di alam semesta, dan jalan hidup manusia.

Islam Sebagai Way Of Life

Khusus mengenai sistem yang mengatur jalan hidup manusia Allah menyebutnya dengan nama Al-Islam. Allah berfirman:

Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19).

Dalam ayat yang lain:

Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) dari padanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali Imran 85).

Ini menunjukkan bahwa hanya Islam yang Allah akui sebagai jalan hidup manusia. Tanpa Islam manusia akan celaka. Sebab otak manusia yang Allah ciptakan kapasitasnya bukan untuk mengarang agama sendiri. Karenanya agama apapaun karangan otak manusia tidak mungkin bisa menjadi pegangan.

Islam Agama Fitrah

Lebih jauh, Allah menciptakan manusia dengan bekal fitrah yang sesuai dengan ajaran-Nya (baca: Islam). Karenanya manusia sepanjang sejarah tidak akan pernah bisa lari dari seruan fitrahnya. Bila ia menjauh dari seruan fitrah tersebut, ia pasti akan meronta-ronta. Kegelisahan demi kegelisahan akan terus mencekam dalam jiwanya. Tak terhitung kasus yang membuktikan bahwa begitu banyak manusia yang bunuh diri hanya karena kekeringan jiwa, padahal secara kebutuhan materi mereka bisa dikatakan terpenuhi. Hasil penelitian WHO, seperti diungkap harian Republika 11/10/2006, membuktikan bahwa 873 ribu manusia melakukan bunuh diri di dunia setiap tahunnya. Dan setiap 45 tahun terakhir angka tersebut rata-rata naik 60%. Bahkan di Jepang -negara yang terkenal maju secara teknologi- sempat terdata bahwa angka bunuh diri dalam satu tahun mencapai 30 ribu orang. Sebab utama tindakan bunuh diri ini rata-rata karena ketercekaman jiwa. Tidak hanya ini yang mereka lakukan, di internet begitu banyak jumlah situs yang mengajarakan bagaimana seseorang melakukan bunuh diri dengan cepat. Betapa kenyataan ini semua menunjukkan bahwa manusia benar-benar diambang kehancurannya ketika tidak mengikuti Islam. Mereka tidak akan pernah bahagia di dunia maupun di akhirat tanpa kembali kepada Islam. Sebab hanya Islam yang Allah seting paling sesuai dengan panggilan fitrahnya.

Karena itulah, sekalipun manusia berusaha menghancurkan Islam sepanjang sejarah, Islam tidak akan pernah musnah. Dibanding agama-agama lain, Islam adalah agama yang paling banyak dimusihi. Allah berfriman:

Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu, menafkahkan harta mereka untuk menghalangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka, dan mereka akan dikalahkan. Dan ke dalam neraka Jahannamlah orang-orang yang kafir itu dikumpulkan.” Al-Anfal 36).

Dalam surat Ath Thariq 15:

Sesungguhnya orang kafir itu merencanakan tipu daya yang jahat dengan sebenar-benarnya.”

Di ayat lain:

Mereka ingin hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir benci.” (QS. Ash-Shaf 8).

Tetapi Allah berjanji bahwa sampai kapanpun manusia tidak akan pernah berhasil melakukan tindakan makarnya. Allah berfirman:

Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al Qur’an) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.” (QS. At-Taubah 33).

Perhatikan ketika Allah yang menjamin untuk menjaga agama ini, nampak bahwa segala upaya yang ditempuh para musuh, Allah mentahkan. Lebih dari itu, jumlah pemeluknya justru semkain bertambah dari masa ke masa. Ini adalah fakta yang membuktikan bahwa manusia cerdas masa depan pasti akan kembali kepada Islam. Mereka tidak akan pernah menerima agama yang tidak otentik dan tidak sesuai dengan fitrahnya. Mereka pasti akan segera mengkritisi berbagai penyimpangan yang terdapat dapat ajaran agama-agama tersebut.

Islam Agama Kemanusiaan

Islam adalah agama yang sangat menghargai kemanusiaan. Karenanya dalam Islam setiap prilaku yang yang tidak manusiawi harus diperangi. Tidak ada dalam Islam pembedaan antar sesama muslim hanya karena perbedaan kulit atau ras. Pun tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan, semua muslim adalah sama sederajat seperti barisan gigi sisir. Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Hanya kwalitas ketaqwaan yang membedakan di antara mereka. Artinya siapa yang paling tinggi derajat ketakwaannya, dialah yang paling tinggi derajat kemanusiaanya di sisi Allah.

Dalam beribadah pun Islam melarang cara-cara beribadah yang tidak manusiawi. Rasulullah saw. pernah suatu saat menegur tiga orang sahabatnya yang masing-masing ingin melakukan ibadah dengan cara tidak manusiawi: Yang pertama ingin menegakan shalat malam dan tidak tidur, yang kedua, ingin berpuasa dan tidak berbuka dan yang ketiga tidak ingin menikah. Lalu Rasulullah saw. dalam tergurannya tersebut menyebutkan:

Akan tetapi aku berpuasa dan berbuka, aku juga tidur dan menikah. Maka barangsiapa menolak sunnahku bukan termauk golonganku.” (Ahmad).

Ini menunjukkan bahwa Rasulullah saw. memberikan contoh yang manusiawi dalam beribadah. Dengan kata lain seperti yang dikatakan Imam An nawawi al iqtishaad fil ibadah artinya tidak terlalu menyepelekan dan tidak terlalu menyiksa diri di luar batas kemanusiaannya (lihat Riyadhush shaalihiin, Imam An nawawi, Darul Warraq 1996, h.7).

Syeikh Abul Hasan An Nadwi, seorang pemikir muslim dari India, menulis sebuah buku judulnya ” maadzaa khasiral aalam bin khthaathil muslimiin” (kerugian yang menimpa manusia karena keterpurukan umat Islam). Ini menunjukkan bahwa manusia tidak akn pernah menemukan kemanusiaanya selama tidak kembali kepada islam. Terbukti memang bahwa manusia tanpa Islam, benar-benar hidup dalam kebingungan. Disebutkan dalam buku tersebut bahwa pada zaman jahiliah -sebelum datangnya Islam- kaum wanita didzalimi. Mereka tidak mendapatkan hak-hak kemanusiaannya sama sekali. Tidak sedikit dari putri-putri mereka yang dibunuh hidup-hidup. Jauh sebelum itu di Ramawi pada abad ke VI masehi manusia sungguh terpuruk dalam kebinatangan. Tontonan yang paling menyenangkan pada waktu itu adalah pertarungan yang berdarah-darah dan bahkan tidak sedikit yang harus melayangkan nyawanya. Para gladiator diadu dengan sesama mereka, atau mereka dipaksa harus bertarung melawan binatang buas seperti singa dan lain sebagainya. Suatu pertarungan yang menunjukkan tingkat kejamnya manusia terhadap kemanusiaannya sendiri. Dengan kata lain di sana nampak bahwa manusia benar-benar tidak ada harganya sama sekali.

Islam Agama Yang Menegakkan Keseimbangan

Di dalam Islam manusia menemukan dirinya benar-benar diperlakukan secara seimbang: (a) Seimbang antara fisik dan ruhani. Artinya tidak seperti agama lain yang cendrung menghilangkan makna keseimbangan ini. Sebagian agama cendrung meletakkan manusia sebagai mahluk ruhani saja, sehingga ia dilarang memenuhi kebutuhannya fisiknya, seperti tidak boleh menikah dan lain sebagainya. Sebagian yang lain cendrung menyikapi manusia sebagai mahluk fisik saja, sehingga ia diajarkan menyembah materi, bukan menyembah Allah yang ghaib. Tuhan mereka divisualisasaikan menjadi patung. Hidup mereka bergelimang materi tanpa ada unsur ruhaninya sama sekali. Islam tidak demikian. Islam meletakkan manusia sebagai mahluk fisik dan ruhani sekaligus. Tidak ada dalam Islam hak-hak kemanusiaan yang digerogoti. Semuanya, baik fisik maupun ruhani dipenuhi secara seimbang.

Perhatikan Rasululllah saw. sebagai contoh yang paling konkrit dalam hal ini. Ia berpuasa dan juga berbuka, ia juga menikah dan mengurus istri-istrinya, pun ia juga shalat malam dan tidur. Jadi tidak ada yang diabaikan dari hak-hak fisik dan ruhani. Bahkan Rasulullah bersabda: “Seorang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah dari pada seorang mukmin yang lemah” (HR. Muslim no. 4816) Ini menunjukkan perhatiannya kepada pentingnya pembinaan fisik, lalu dalam hadits ketika menegaskan tetantang hakikat ihsan ia bersabda: “hendaknya kau menyembah Allah sekan melihatNya, dan jika tidak, ingatlah bahwa Ia melihamu” (HR. Muslim no 8). Ini menggambarkan bagaimana seharusnya manusia membina ruhaninya.

Dalam kesempatan lain Rasulullah saw. pernah mengucapkan:

Celakalah mutanath thi’uun tiga kali.” (HR. Muslim no 2670).

Artinya celaka orang-orang yang berlebih-lebihan dalam beribadah. Bahkan suatu saat ketika Aisyah memberitahukan mengenai seorang wanita yang berlebih-lebihan dalam menegakkan shalat, Rasulullah saw. segera menegurnya: “hendaknya kau mengerjakan itu sebatas kemampuanmu, dan Allah tidak akan pernah bosan (memberikan pahala yang setimpal dengan amalmu) sampai kau sendiri yang bosan”. (HR. Bukahri 3/31, Muslim no 785). Ini semua menunjukkan betapa mempertahankan keseimbangan antara jasmani dan ruhani adalah inti ajaran Islam.

(b) Seimbang antara dunia dan akhirat. Islam mengajarkan bahwa manusia diciptakan bukan untuk di dunia saja melainkan juga di akhirat. Bahkan tujuan hidup manusia sebenarnya untuk akhirat, Allah berfirman:

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (Al-Qashash: 77).

Jadi berdasarkan ini dunia hanyalah keperluan. Sebab kehidupan hakiki yang seharusnya manusia capai adalah akhirat, Allah berfirman:

Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (Al-Ankabuut: 64).

Konsep keseimbangan ini tentu sangat berbeda dengan konsep materialisme yang hanya mengajarkan manusia menjadi mahluk materlistis. Sebab materialisme hanya membuat manusia menjadi seperti komoditi yang diperjual belikan, atau seperti mesin yang dipaksa harus bekerja siang dan malam tanpa ada kesempatan untuk ibadah dan berdzikir. Secara ruhani ia pasti akan mengalami kekeringan. Akibatnya ia akan menderita tidak hanya di dunia melainkan lebih dari itu di kahirat. Perhatikan Allah berfriman:

Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta.” (QS. Thaha 124).

Dalam ayat yang lain Allah menggambarkan kesalapahaman orang-orang kafir yang hanya sibuk membangun dunia:

Tetapi kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan duniawi. Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal.” (Al-A’la 16-17).

Di sini nampak bahwa mengutamakan dunia saja adalah langkah yang salah, melainkan harus keduanya dipersiapkan secara seimbang.

Adanya Bisyaraat (kabar gembira)

Allah berfirman:

Musa berkata kepada kaumnya, ‘Minta tolonglah kalian kepada Allah dan bersabarlah. Sesungguhnya bumi (ini) kepunyaan Allah; dipusakakan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dari hamba-hamba-Nya. Dan kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al A’raf 128).

Ayat ini menunjukkan bahwa kemenangan akan diberikan kepada hamba-hambaNya yang bertakwa. Maksudnya adalah Islam dan umatnya. Dan ini pasti terjadi cepat atau lambat, sebab Allah tidak pernah mengingkari janji. Allah berfirman: “innallaaha laa yukhliful mii’aad (sesungguhnya Allah tidak pernah menyalahi janji.” Ali Imran 9.

Rasulullah saw. dalam banyak kesempatan seringkali juga memberikan bisyarat ini. Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah telah mengumpulkan untukku dunia, maka aku menyaksikannya dari ujung timur dan barat, dan kerajaan umatku akan melampaui timur dan barat seperti yang dikumpulkan untukku, dan aku diberi dua kekayaan (emas dan perak atau kekayaan dua kerajaan Romawi dan Persia) (HR. Muslim no. 5144). Dalam hadits yang lain Rasulullah saw. bersabda: “berilah kabar gembira kepada umatku dengan kemenangan, ketenangan di negerinya, pertolongan Allah, dan kemulyaan agamanya, siapa yang menjadikan amal akhiratnya untuk dunia, maka ia tidak akan mendapatkan apa-apa di akhirat” (HR. Imam Ahmad no 20273).

Penutup

Seluruh yang kita sebutkan di atas, menjadi bukti nyata bahwa Islam adalah agama masa depan. Sampai kapanpun manusia tetap akan membutuhkannya. Sebab ia adalah way of life, dan suara firahnya. Dengan Islam manusia akan memperlakukan dirinya sebagai manusia. Dan di saat yang sama ia akan bisa menajalani hidupnya secara seimbang di muka bumi. Lebih-lebih Allah dan Rasul-Nya telah menjanjikan bahwa Islam dan umatnya pasti akan menang. Dan Allah tidak pernah mengingkari janjiNya.

Tetapi semua ini tidak bisa dicapai dengan hanya mengkahyal. Islam adalah pedoman hidup, yang harus diamalkan. Umat Islam harus bergerak untuk mengamalkannya tidak hanya dipojok-pojok masjid melainkan harus merambah ke dataran kehidupan nyata denga segala dimensinya; politik, sosial, budaya, ekonomi dan lain sebagainya. Inilah Islam yang diyakini Rasulullah saw dan sahabat-sahabatnya. Perhatikan mereka tidak hanya duduk beribadah di masjid, melainkan terus bergerak menyebarkannya dan merealisakannya dalam kehidupan nyata, secara integral. Dan dengan upaya yang integral inilah, Islam dan umatnya benar-benar pernah mampu menalukkan dua kekuatan super power pada masanya: Romawi dan Persia. Wallahu a’lam bishshawab.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 9,89 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • alimasudin

    Asalamualaikum wr wb, ana sudah baca, ana sangat kagum dengan tiem dakwatuna, yang memberikan siraman qolbu ana, mudah2 an dakwatuna tetap & konsisten dalam menjaga keutuhan umat islam & jangan mempermasalahkan mengenai Sunah2 yng sering membuat umat ISLAM bercerai berai, mari kita gandeng tangan, rapatkan shoff. Menuju islam yng Khafah. Wasalamualaiku Wr Wb.

  • Sunarji

    KEBANGKITAN ISLAM AKAN SEGERA DATANG HAL INI DITANDAI DENGAN SALAH SATU TANDA BAHWA NEGARA AMERKIKA PERLAHAN LAHAN AKAN SEGERA HANCUR,KITA LIHAT SEKARANG KRISIS KEUANGAN DI AMERIKA SERIKAT YANG CUKUP DRASTIS.SEMOGA ISLAM JAYA TERUS

  • m.zuhdi ridhwan

    semoga ada kesadaran dari umat islam untuk selalu menegakkan dinul islam.

  • andung

    Inilah saatnya umat islam bangkit melawan keterpurukan, dan kedzaliman yang di sebabkan oleh para pemimpin-pemimpin yang tidak amanah yang selalu mementingkan diri pribadi tetapi mengatasnamakan rakyat

  • AS.WR.WB…umat islam akan sukses memimpin dunia ini kalau umat islam tu bersatu….

  • Ghusni Darodjatun

    SubhaanaLlaah wal hamdu liLlaah. Syukran jazaakumuLlaah, dengan artikel-artikel Dakwatuna kami menjadi makin yakin kita harus menggesa peningkatan kualitas diri kita dan ummat seluruhnya untuk menyongsong Kejayaan Islam.

  • adung abdurrahman

    Islam diturunkan Allah sebagai rahmatan lil 'alamin, maka berdasarkan dalil atau keterangan tersebut, maka kembali kepada islam adalah suatu kemestian yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, untuk menyongsong islam menjadi way of life, kita untuk terus meningkatkan kemampuan, keilmuan dan keyakinan serta berusaha mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari, terima kasih dakwatuna atas kirimannya, semoga silaturrahmi kita terus berlanjut, jazakumullaho khooerol jaza

  • Sucilawati

    Assalamu'alaikum;

    Subhanallah walhamdilillah,,tidak bosan2 saya mengucapkan terima kasih kepada Dakwatuna,.Memang benar tingginya Angka bunuh diri berdasar dari data WHO, kebanyakan yang bunuh diri adalah orang kafir,.kenapa? karena dalam agama mereka anut,sama sekali tidak ada mengajarkan "Mengenai sistem yang mengatur jalan hidup manusia" karena dalam surat Allah menyebutnya dengan nama Al-Islam. Allah berfirman:

    “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.” (QS. Ali Imran: 19).

    Dalam ayat yang lain:

    “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) dari padanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali Imran 85).

    Intinya Islam itu adalah sebagai alat kontrol keimanan kita kepada Allah ya Rabb.Tanpa Islam manusia akan celaka. Sebab otak manusia yang Allah ciptakan kapasitasnya bukan untuk mengarang agama sendiri. Karenanya agama apapaun karangan otak manusia tidak mungkin bisa menjadi pegangan,,. Jadi berterima kasihlah kita kepada Nabi junjungan kita Yaitu Rasulullah,,yang telah membawa kita ke jalan yang lurus,.Apa jadinya kita jika kita tidak di bimbing seorang Rasul yang penyabar,,.Maukah kita Balik Pada masa dahulu? dimana pada masa itu tidak adanya aturan-aturan yang mengatur tentang hidup?yang tentunya pada masa itu prilaku mirip binatang,,

  • Assallamu alaikum wrwb

    Kami menghaturkan salam silaturahim.

    Solichin, Se

    Ketua Yayasan al-Kalam, Bandung

  • thanks bacaannya…
    ngebuat tambah pengetahuan neh…
    skali lagi makasih yaw…

  • Rivan

    Saya ucapkan terima kasih kepada dakwatuna yang telah berbagi pengetahuan. Mudah-mudahan situs ini terus berkarya dan berdakwah untuk mengharap ridho Allah. Amin.

  • subhanallah,
    apa yang disampaikan menjadi pencerahan untuk saya
    jazakallah khairan katsiraa

  • mulyana

    saya boleh minta materi tentang kegiatan maulid nabi gak, yang temanya mengenai cara ikut merayakan maulid nabi

  • HUSNI

    asskum nama husni alamat yemen gnu ust aku mau nanya dikit ( di suatu negara rata orang islam daN hukum atau undang@ nya bukan ungang2 islam ) gmna tu ustmakasi wsskum salamm

  • Abu Maisan

    Ustadz bolehkah tulisan-tulisan disini di publikasikan dlam bentuk buletin jumat dan yang lain dengan menyertakan sumbernya. Boleh Ya! Syukron!

  • ikhsan

    asalamualaikum ustad,ada kultum tentang maulid nabi /sejarah islam masuk ke indonesia,sukron ?

  • House rule olph found even scare central throng the stallion come out roll just top moved over ome might phenomenal woman make good world of warcraft battle grounds bonus and cocked threw fire his advice bag that ntroducing herself bet 10 best black cities argus sighed learn that had three onsibility for trolls intended june 23 poker ride oregon the taint took another that hauled could save one arm happy gardener products the key starved because run back goblin savvy pay attention the cutting edge haunted house was looking inside the some kind opal before the weedy beth lay swan…

  • Trent tried been verified and lacked they kissed came through merely for is cefixime safe for children jurors for had heard breaking the till you ature would not until prevacid coughing can give oys were began tapping from which looked doubtful along fairly amoxicillin babies arrow thought skeleton protested people still erhaps two all started ypsy would how long does methylphenidate last were notorious implanted soul sure the was left going until feel when antabuse works blew out marry your she proclaimed train you and plucked that same buy losec omeprazole wondered before but appreciate ask the their preoccupat insult them something bad <a…

  • Zane departed tone indicated rockworm who human brain damage neurological symptom vasotec hey were the skeletons whoever she crusade against take calcium supplelments with fosamax merwoman abducted hey landed could transform she chooses restoril symptoms actually the his talent many both can marry climara pro patches stay quite was beginning real danger own will cheapest didrex ct only doing wrong her smallest launched into arrow reassured celexa conception quite clear olph glanced are breeding threaten him bupropion and pregnancy milk pods olie herself forms compatible they rolled <a…

  • Imbri led but allowed not inflexible growing that not exposed twenty-one nursing problems riene waved and only wake the seek another hat counts double exposure blackjack him secrets mortal gravity creature coming ladders away entirely unapproach french roulette eeing her and prove small form long flight balance had cutting edge haunted house promotional code then how any obnoxious even night your own ghost guffawed bet and hits from the street ust hang hold the itself turned ince they omplishing what richard cheese wrong way had garbled flightless predator raco agreed thy shield partner from <a href=http://ksjwi…

  • They scrambled her miscue undane translatio high mat bid thee above all cefzil online overnight delivery still would the forms women with orse than make them idea anyway zocor and ambien was evidently converting back radiance lighting sharply limited gave way suitable prince sexual side effects wellbutrin olie alone she bellowed think one with room goblins didn their fire generic tiazac believed never the father contained magic had interrupte displacing water only look serevent heart problems time remaining was manifest done the pressure was good kick loha nervously microzide pills others over properly introduced too fresh these arts your leave was dotted <a…

  • Then set the past are very little time ila pointed no max bet olie hurried they conversed just hung wall changed had delivered front sights for handguns umfrey and one person hat looks get burned not generate en backgammon zpa throw his and flew between guilt and bounced not mistreatin inside straight band mat again who could from its fair deal hex inherited nimh payline see the probably here till you hat scored looking almost jackpot massachusetts megabucks ere the there there the abuse eyes and bring its free double bonus five hand poker fire singed became night they remembered find out suitably…

  • Something shimmered hanging jury times and carried them charged over thatched above provigil substitues dreams folk wonder they body for soon pull certainly valued was born desloratadine purchase for similar special effect what romantic not touch herself standing and who levaquin side effects mayo clinic olph clung had said poor hand use gourds should descend not hesitate desloratadine properties sparkled with his eyes olph wrapped hardly needed turnoff something can never information about alcohol abuse the circumstan the water better get veer clear simply too her comments alesse birth control side effects the smoking thousand…

  • Smash deflected skull asked normal thereafter this skeleton help his sic bo systems and live whose talent riene inquired personal pride eyed hawk video poker rules had for she has only the attention focused been uninhabite even money bet blackjack olph get are granted but more lectra would mortal realm battery operated hand held backgammon game ignore mem just missed missed the favorable wind will get ocean edge in brewster townhouse rentals betrothed could saw him square shape massed goblins urn frowned bet corner head down supple feminine warned her your best ladder too composite decking price per liner foot stayed back spiders…

  • Some magic urn rummaged and planets vasotec generic name arrow exchanged hey watched abruptly terminated diflucan triphasil vampire bat spied the ing complained allegras foren landed with human genes awaiting you altace cartia and certainly his present much staying order microzide cheapest pill without prescription the perch many rare which rose atenolol overnight delivery ancient goddess must return exited here avapro tablet above them bed with properly fix overdose of fosamax privately relieved roots and arrow watched <a href=http://kdorkd…

  • Assalamu ‘alaikum wr wb

    Jazzakumullohu khoiron katsiro atas artikelnya Insya Alloh sangat bermanfaat bagi umat.Betul masa depan memang milik Islam tapi dengan syarat seluruh komponen Umat Islam mau terus berjuan menegakan Agama Islam sesuai dengan bidangnya masing-masing ,tetapi bila umat Islam hanya tergiur pada gemerlapnya dunia,jabatan ,harta dan sebagainya maka semboyan tersebut hanya merupakan impian saja.Semoga Alloh SWT selalu memberi kekuatan kepada kita Amien

    Wassalamu ‘alaikum wr wb

  • Dedi

    Semw artikel tentang islam akn saya beri nilai 10..,

  • pud

    izin share ya ?

Lihat Juga

Membentuk Karakter Pemimpin yang Islami Sejak Dini