Topic
Home / Berita / Masjid Baru di Barcelona Sambut Ramadhan

Masjid Baru di Barcelona Sambut Ramadhan

Muslim Spanyol sedang shalatdakwatuna.com – Masjid Agung baru, akan dibuka di kota Barcelona, persis pada awal kedatangan Ramadhan. Barcelona merupakan kota terbesar di Spanyol, yang memiliki lebih empat ratus (400) bangunan musholla. Masjid Agung ini merupakan masjid terbesar di daerah itu, di mana komunitas muslim terbilang sangat banyak.

Media massa di Spanyol mengomentari pembukaan Masjid Agung ini dengan sebutan “Permulaan Baru Spanyol”. Media massa “The Guardian” menyebutkan, bahwa masjid ini hadir di tengah-tengah komunitas mayoritas Pakistan yang menjadi komunitas terbesar imigran di Spanyol. Media ini juga menyebutkan, bahwa pembangunan masjid ini dirancang untuk menampung ribuan jama’ah shalat, terutama pada hari-hari besar.

Sebelum Masjid Agung ini dibangun, umat muslim melaksanakan ibadah pada Hari Raya di lapangan terbuka. Karena belum ada bangunan masjid yang menampung ribuan jama’ah. Pembangunan masjid ini sudah direncanakan sepuluh tahun yang lalu, namun mengalami kendala perizinan dari pihak pemerintah setempat. Baru tahun ini, dengan izin Allah SWT bangunan ini rampung, subhanallah.

Jamal At Tawaqi, Dewan Syari’ah Majelis Islam di Barcelona mengatakan : “Ada kecenderungan sangat kuat dari komunitas muslim untuk mendirikan shalat di masjid, sehingga mendorong untuk dibangunnya masjid besar ini.”

Masjid besar ini tidak hanya berfungsi untuk pelaksanaan shalat saja, namun mengadakan kegiatan ifthar atau buka puasa bersama dengan kaum tak berpunya. Di wilayah ini jumlah umat muslim lebih dari setengah juta (500 ribu) jiwa, sesuai data statistik tidak resmi. Mayoritas mereka dari Maroko dan Pakistan.

Aktivitas ibadah di Bulan Ramadhan di Spanyol mendapat sorotan positif dan lebih massive dari media massa, sehingga menjadikan jumlah imigran muslim bertambah, menjadi dua juta imigran muslim.

Muhammad ‘Afifi, Penanggung Jawab Islamic Centre di Ibukota Spanyol, Madrid mengatakan: “Bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk mendekatkan syi’ar Islam di seantero Spanyol. Lebih lagi perhatian dan peliputan media massa di negara ini sangat besar.”

Dengan banyaknya imigran muslim yang memiliki pemahaman Islam yang baik, mereka taat beribadah dan melaksanakan ibadah shaum, ini sangat membantu Islamic Centre untuk menjelaskan seputar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan warga pribumi asli Spanyol, seputar masalah shaum ramadhan dan ajaran Islam secara umum. (io/ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (12 votes, average: 8.92 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization