Home / Berita / Masjid Baru di Barcelona Sambut Ramadhan

Masjid Baru di Barcelona Sambut Ramadhan

Muslim Spanyol sedang shalatdakwatuna.comMasjid Agung baru, akan dibuka di kota Barcelona, persis pada awal kedatangan Ramadhan. Barcelona merupakan kota terbesar di Spanyol, yang memiliki lebih empat ratus (400) bangunan musholla. Masjid Agung ini merupakan masjid terbesar di daerah itu, di mana komunitas muslim terbilang sangat banyak.

Media massa di Spanyol mengomentari pembukaan Masjid Agung ini dengan sebutan “Permulaan Baru Spanyol”. Media massa “The Guardian” menyebutkan, bahwa masjid ini hadir di tengah-tengah komunitas mayoritas Pakistan yang menjadi komunitas terbesar imigran di Spanyol. Media ini juga menyebutkan, bahwa pembangunan masjid ini dirancang untuk menampung ribuan jama’ah shalat, terutama pada hari-hari besar.

Sebelum Masjid Agung ini dibangun, umat muslim melaksanakan ibadah pada Hari Raya di lapangan terbuka. Karena belum ada bangunan masjid yang menampung ribuan jama’ah. Pembangunan masjid ini sudah direncanakan sepuluh tahun yang lalu, namun mengalami kendala perizinan dari pihak pemerintah setempat. Baru tahun ini, dengan izin Allah SWT bangunan ini rampung, subhanallah.

Jamal At Tawaqi, Dewan Syari’ah Majelis Islam di Barcelona mengatakan : “Ada kecenderungan sangat kuat dari komunitas muslim untuk mendirikan shalat di masjid, sehingga mendorong untuk dibangunnya masjid besar ini.”

Masjid besar ini tidak hanya berfungsi untuk pelaksanaan shalat saja, namun mengadakan kegiatan ifthar atau buka puasa bersama dengan kaum tak berpunya. Di wilayah ini jumlah umat muslim lebih dari setengah juta (500 ribu) jiwa, sesuai data statistik tidak resmi. Mayoritas mereka dari Maroko dan Pakistan.

Aktivitas ibadah di Bulan Ramadhan di Spanyol mendapat sorotan positif dan lebih massive dari media massa, sehingga menjadikan jumlah imigran muslim bertambah, menjadi dua juta imigran muslim.

Muhammad ‘Afifi, Penanggung Jawab Islamic Centre di Ibukota Spanyol, Madrid mengatakan: “Bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk mendekatkan syi’ar Islam di seantero Spanyol. Lebih lagi perhatian dan peliputan media massa di negara ini sangat besar.”

Dengan banyaknya imigran muslim yang memiliki pemahaman Islam yang baik, mereka taat beribadah dan melaksanakan ibadah shaum, ini sangat membantu Islamic Centre untuk menjelaskan seputar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan warga pribumi asli Spanyol, seputar masalah shaum ramadhan dan ajaran Islam secara umum. (io/ut)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (11 votes, average: 8,91 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Safrizal

    Saya Pikir ini suatu kemajuan yang besar..umat islam mendirikan masjid ditengah-tengah komunitas oarang2 nasrani..harapannya moga2 kedepanya tidak ada gangguan dari pihak luar islam…

  • Widiastuti

    Alhamdulillah…saya sangat bahagia membaca artikel ini, dengan demikian tidak susah bagi umat Islam yg ada di Spanyol khususnya dan eropa umumnya untuk lebih bisa memberikan pemahaman yg benar mengenai ajaran Islam sebenarnya kepada kaum non muslim dunia terutama yg memusuhi Islam. Tidak seperti yang mereka sangka dan tuduhkan kepada Islam seperti yg terjadi akhir-akhir ini,

  • rahmat kurniadi

    Segala puji bagi Allah SWT, semoga adanya masjid agung tersebut menambah tentramnya kaum muslimin menunaikan ibadahnya serta dapat menarik simpati umat lain untuk mengenal islam lebih dekat. amin.

  • ajudin

    Subhanallah, disitulah telah ditunjukan kebesaran allah dimana tidak ada yang sulit untuknya, sekalipun membangun salah satu tempat seorang mu'minin/nat untuk bersujud kepadanya, walaupun berada ditengah orang2 non muslim,

  • Hamasah

    Islam akan berkembang dan akan kembali jaya pada akhir zaman nanti, hal ini merupakan tanda – tanda bahwa negeri Eropa akan kembali di taklukan oleh Islam.. AllahuuAkbar..

  • fian

    kau juga sependapat ma ajudin ga papa law kita membangun tempat ibadah di tengah-tengah umat non muslim dan kalaw bisa kita mengAJAK mereka yang non muslim ke ajaran agama kita

  • MRs

    Alhamdulillah…

Lihat Juga

Ilustrasi. (Aki Awan)

Kelu Lidah di Lelantai Haramain

Organization