Topic
Home / Dasar-Dasar Islam / Aqidah / Manisnya Iman

Manisnya Iman

dakwatuna.com – Seseorang akan merasakan manisnya iman bermula manakala di dalam hatinya terdapat rasa cinta yang mendalam kepada Allah dan Rasul-Nya, manisnya akan semakin dirasakan bila seseorang berusaha untuk senantiasa menyempurnakan cintanya kepada Allah, memperbanyak cabang-cabangnya (amalan yang dicintai Allah swt.) dan menangkis hal-hal yang bertentangan dengan kecintaan Allah swt.

Apa buktinya bila seseorang telah merasakan manisnya Iman?

Buktinya, ia akan selalu mengutamakan kecintaanya kepada Allah daripada mementingkan kesenangan dan kemegahan dunia, seperti bersenang-senang dengan keluarga, lebih senang tinggal di rumah ketimbang merespon seruan dakwah dan asyik dengan bisnisnya tanpa ada kontribusi sedikitpun terhadap kegiatan jihad di jalan Allah swt. Sebagaimana firman Allah dalam surat At-Taubah : 24

“Katakanlah: “Jika bapa-bapak, anak-anak , saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai dari Allah dan Rasul-Nya dan dari berjihad di jalan-Nya, Maka tunggulah sampai Allah mendatangkan Keputusan-Nya. dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.”

Memprioritaskan kecintaan kepada Allah akan melahirkan perasaan ridha

Bila seseorang senantiasa mengutamakan kecintaan kepada Allah, Rasul dan jihad di jalan-Nya, daripada kepentingan dirinya sendiri, maka akan lahirlah sikap ridha terhadap Allah sebagai Rabbnya, Islam sebagai din-nya dan Muhammad sebagai Nabi dan Rasulnya. Keridhaannya itu dibuktikan dengan selalu menghadiri halaqahnya, terlibat dengan kegiatan dakwah di lingkungannya dan menginfakkan sebagian harta dan waktunya untuk kemaslahatan tegaknya agama Allah swt.

Apa yang dirasakan oleh seseorang bila ia telah ridha terhadap Allah, agama dan Rasulnya?

Pertama, Ia akan merasakan “Istildzadz at-Thaa’ah”, lezatnya ketaatan kepada Allah swt., baik dalam shalatnya, tilawah Qur’annya, pakaian dan pergaulan islaminya, perkumpulannya dengan orang-orang shaleh dan keterlibatannya dalam barisan dakwah

Kedua, Ia juga akan merasakan “Istildzadz al-masyaqat”, lezatnya menghadapi berbagai kesulitan dan kesusahan dalam berdakwah. Kelelahan, keletihan, dan hal-hal yang menyakiti perasaannya akibat celaan orang karena menjalankan syariat Islam, atau bahkan mencederai fisiknya, semua itu semakin membuatnya nikmat dalam berdakwah. Semua inilah yang akan senantiasa melahirkan manisnya Iman.

“Istildzaadz at-thaa’ah”, lezatnya ketaatan kepada Allah ditunjukan oleh wanita Anshar dan Muhajirin, tatkala turun wahyu yang memerintahkan mereka untuk berhijab dan menutrup auratnya, mereka langsung meresponnya dengan senang hati dan lapang dada, tanpa merasa berat sedikitpun. Aisyah ra. yang menjadi saksi mata atas hal ini berkata :

ุฑูŽุญูู…ูŽ ุงู„ู„ู‡ ูู†ูุณูŽุงุกูŽ ุงู’ู„ุงูŽู†ู’ุตูŽุงุฑู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูู‡ูŽุงุฌูุฑูŽุงุชู ู„ูŽู…ู‘ูŽุง ู†ูŽุฒูŽู„ูŽุชู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู†ู‘ูŽ “ูˆูŽู„ู’ูŠูŽุถู’ุฑูุจู’ู†ูŽ ู…ูู†ู’ ุฌูŽู„ุงูŽ ุจููŠู’ุจูู‡ูู†ู‘ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฌููŠููˆู’ ุจูู‡ูู†ู‘ูŽ” ุดูŽู‚ูŽู‚ู’ู†ูŽ ู…ูุฑููˆู’ุทูŽู‡ูู†ู‘ูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽุฎู’ุชูŽู…ูุฑู’ู†ูŽ ุจูู‡ูŽุง

“Semoga Allah merahmati wanita Anshar dan Muhajirin, tatkala turun kepada mereka ayat “hendaknya mereka mengenakan kain panjang (jilbab) sampai ke atas dada mereka,” mereka memotong kain-kain mereka, lalu mereka menjadikan kain-kain itu sebagai penutup kepalanya

Abu Ayub Ayub Al-Anshary, ketika mendengar seruan jihad, Dalam surat At-Taubah : 41

ุงู†ู’ููุฑููˆุง ุฎูููŽุงูู‹ุง ูˆูŽุซูู‚ูŽุงู„ู‹ุง ูˆูŽุฌูŽุงู‡ูุฏููˆุง ุจูุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ููƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ููุณููƒูู…ู’ ูููŠ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฐูŽู„ููƒูู…ู’ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู„ูŽูƒูู…ู’ ุฅูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูู…ู’ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ

“Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu Mengetahui.”

Abu Ayub berseru kepada anak-anaknya, “Jahhizuuny! Jahhizuuny!” siapkan peralatan perangku!. Anak-anaknya membujuk agar bapaknya tidak perlu berangkat untuk berjihad, karena usianya sudah udzur, cukup di wakilkan saja oleh anak-anaknya. Abu Ayyub menolak bujukan anak-anaknya seraya berkata : “ketahuilah wahai anak-anakku, yang dimaksud ayat tersebut adalah ุฎูููŽุงูู‹ุงู„ูŽูƒูู…ู’ ูˆูŽุซูู‚ูŽุงู„ุงู‹ ู„ููŠ , ringan bagi kalian berat bagiku, beliaupun tetap berangkat dan menemukan syahidnya dalam perjalanan jihad tersebut. (lihat Tafsir Ibnu Katsir)

Sedangkan Lezatnya kesulitan (Istildzadz al-masyaqqah) dalam dakwah dirasakan oleh Rasulullah saw., ketika beliau menghadapi ketidaksukaan orang-orang kafir terhadap ajaran Islam, sebagaimana yang ditunjukan oleh masyarakat Thaif ketika Rasulullah saw. hijrah ke sana, yaitu pada saat Nabi menyampaikan dakwahnya, mengajak mereka untuk menerima ajaran Islam, tetapi tidak ada sedikitpun sambutan baik dari para tokoh mereka, bahkan dengan nada yang sangat melecehkan dan menyakitkan, mereka menanggapi dakwah Nabi seraya berkata,

“Coba kau robek kiswah ka’bah jika engkau memang benar-benar utusan Allah.”

Yang lainnya pun turut berkomentar,

“Apa tidak ada lagi orang yang lebih pantas diutus oleh Allah selain engkau?”

Dengan penuh kesabaran dan ketabahan Rasulullah saw. menerima kenyataan pahit tersebut, beliau tetap berlapang dada dan tidak mempermasalahkan tentang penolakan dan penentangan mereka. Oleh karena itu ketika malaikat penjaga gunung Alaihissalaam menawarkan kepada Nabi, bila beliau setuju ia akan mengangkat dua buah bukit yang ada di Thaif lalu ditimpakan kepada mereka, dengan penuh kelembutan dan kasih sayang Rasulullah saw. menanggapinya seraya berkata,

ุจูŽู„ู’ ุฃูŽุฑู’ุฌููˆ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุฎู’ุฑูุฌูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ู„ูŽุงุจูู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ุจูุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ูŽุง ูŠูุดู’ุฑููƒู ุจูู‡ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง

“Tetapi aku berharap semoga Allah mengeluarkan dari tulang rusuk mereka kelak orang-orang (generasi) yang beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apapun.”

Syaikh Abu Muhammad bin Abi Jamroh mengibaratkan manisnya iman dengan sebuah pohon, sebagaimana firman Allah :

ุฃูŽู„ูŽู…ู’ ุชูŽุฑูŽ ูƒูŽูŠู’ููŽ ุถูŽุฑูŽุจูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูŽุซูŽู„ู‹ุง ูƒูŽู„ูู…ูŽุฉู‹ ุทูŽูŠู‘ูุจูŽุฉู‹ ูƒูŽุดูŽุฌูŽุฑูŽุฉู ุทูŽูŠู‘ูุจูŽุฉู ุฃูŽุตู’ู„ูู‡ูŽุง ุซูŽุงุจูุชูŒ ูˆูŽููŽุฑู’ุนูู‡ูŽุง ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู

“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit.” (Ibrahim : 24)

Yang dimaksud kalimat dalam ayat tersebut adalah kalimatul ikhlas ู„ุง ุงู„ู‡ ุงู„ุง ุงู„ู„ู‡, batang pohonnya adalah pangkal iman, cabang dan rantingnya adalah menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, dedaunannya adalah kepedulian terhadap kebajikan, buahnya adalah amal ketaatan, rasa manisnya adalah ketika memetiknya, dan puncak manisnya adalah ketika matangnya sempurna saat dipetik, disitulah sangat terasa manisnya.

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠูู‘ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ((ุซูŽู„ุงูŽุซูŒ ู…ูŽู†ู’ ูƒูู†ู‘ูŽ ูููŠู‡ู ูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ุจูู‡ูู†ู‘ูŽ ุญูŽู„ุงูŽูˆูŽุฉูŽ ุงู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู: ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูู‡ู ุฃูŽุญูŽุจู‘ูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ู…ูู…ู‘ูŽุง ุณููˆูŽุงู‡ูู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ูŠูุญูุจู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุกูŽ ู„ุงูŽ ูŠูุญูุจู‘ูู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู„ูู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒู’ุฑูŽู‡ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุนููˆุฏูŽ ูููŠ ุงู„ู’ูƒููู’ุฑู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ู‚ูŽุฐูŽู‡ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ู‡ู ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูŽูƒู’ุฑูŽู‡ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูู‚ู’ุฐูŽููŽ ูููŠ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู)). (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ูˆู…ุณู„ู… ูˆู‡ุฐุง ู„ูุธ ู…ุณู„ู…).

Dari Anas ra, dari Nabi saw. bersabda, “Tiga perkara jika kalian memilikinya, maka akan didapati manisnya iman. (Pertama) orang yang menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari selainnya. (Kedua) agar mencintai seseorang semata-mata karena Allah swt. (Ketiga), tidak senang kembali kapada kekufuran setelah diselamatkan oleh Allah swt, sebagaimana ketidak-senangannya dilempar ke dalam api neraka.” (HR Bukhar Muslim dengan redaksi Muslim)

ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุนูŽุจู‘ูŽุงุณู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ู…ูุทู‘ูŽู„ูุจู ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุณูŽู…ูุนูŽ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู: ((ุฐูŽุงู‚ูŽ ุทูŽุนู’ู…ูŽ ุงู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู ู…ูŽู†ู’ ุฑูŽุถููŠูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู‹ุง ูˆูŽุจูุงู„ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ู ุฏููŠู†ู‹ุง ูˆูŽุจูู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุฑูŽุณููˆู„ุงู‹)) (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…).

Dari Al-Abbas bin Abdil Muttalib, bahwasanya ia mendengar Rasulallah saw. bersabda, “Telah merasakan lezatnya iman seseorang yang ridha Allah sebagai Rabbnya, Islam sebagai dinnya dan Muhammad sebagai Rasulnya.” (HR. Muslim)

Hadits ini sangat agung maknanya, termasuk dasar-dasar Islam, berkata para ulama, “Arti dari manisnya iman adalah mersakan lezatnya ketaatan dan memiliki daya tahan menghadapi rintangan dalam menggapai ridha Allah dan Rasul-Nya, lebih mengutamakan ridha-Nya dari pada kesenangan dunia, dan kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangan-Nya.

Dalam hadits tersebut Rasulullah saw. menjelaskan bahwa tiga perkara bila kalian berada di dalamnya maka akan didapati manisnya iman, karena sarat mendapatkan manisnya sesuatu adalah dengan mencintainya, maka barang siapa yang mencintai sesuatu dan bergelora cintanya, maka ketika berhasil mendapatkannya, ia akan merasakan manis, lezat dan kegembiraannya. Karena itu seorang mukmin yang telah mendapatkan manisnya iman yang mangandung unsur kelezatan dan kesenangan akan diiringi dengan kesempurnaan cinta seorang hamba kepada Allah swt. Dan kesempurnan itu dapat diwujudkan dengan tiga hal.

Pertama : menyempurnakan cinta kepada Allah yaitu dengan menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai dari yang lainnya, karena cinta kepada Allah tidak cukup hanya sekedarnya, tetapi harus melebihi dari yang lain-Nya

Kedua : menjadikan cinta kepada Allah menjadi pangkal dari cabang cinta kepada yang lain, yaitu mencintai orang lain semata-mata karena dan untuk Allah swt., sehingga dalam mencintai ia tetap mengikuti prosedur dan mekanisme cinta yang telah ditetapkan oleh Allah dalam Al-Qur’an dan Sunnah, misalnya tidak berkhalwat, menyegerakan akad nikah dan menghindari perbuatan yang mendekati pada perzinahan. (tidak pacaran) (QS. 24 : 30-31, 33 : 59)

Menolak segala hal yang bertentangan dengan cinta-Nya, yaitu tidak menyukai hal-hal yang bertentangan dengan keimanan melebihi ketidaksukaannya bila dirinya dilemparkan ke dalam api neraka.

ุนูŽู†ู’ ุนูŽู…ู‘ูŽุงุฑู ุจู’ู†ู ูŠูŽุงุณูุฑู ู‚ุงูŽู„ูŽ : ุซูŽู„ุงูŽุซูŒ ู…ูŽู†ู’ ูƒูู†ู‘ูŽ ูููŠู’ู‡ู ูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ุจูู‡ูู†ู‘ูŽ ุญูŽู„ุงูŽูˆูŽุฉูŽ ุงู’ู„ูุงูŠู’ู…ูŽุงู†ู :ุงูŽู„ุงู’ู†ููู’ุงูŽู‚ู ู…ูู†ูŽ ุงูู„ุงูู‚ู’ุชูŽุงุฑู ุŒ ูˆูŽุฅูู†ู’ุตูŽุงูู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ู…ูู†ู’ ู†ูŽูู’ุณููƒูŽ ุŒ ูˆูŽุจุฐู’ู„ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู…ู ู„ูู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ู (ุฑูˆุงู‡ ุนุจุฏ ุงู„ุฑุฒุงู‚) ุนู„ู‚ู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ ููŠ (ูƒุชุงุจ ุงู„ุงูŠู…ุงู†)

Amar bin Yasir berkata, “Ada tiga hal yang barangsiapa berada di dalamnya ia merasakan manisnya keimanan, berinfak dari kekikiran, bersikap adil terhadap manusia dari dirinya, dan mengupayakan keselamatan (salam) bagi alam.” (Diriwayatkan Abdurazzaq, Bukhari mencantumkannya di kitab Al-Iman).

Hadits yang dibawakan oleh Amar bin Yasir ra. tersebut di atas, juga menjelaskan tentang tiga hal yang dapat mendatangkan manisnya iman

Pertama : berinfak secukupnya, tidak berlebihan sehingga menzalimi hak-hak yang lainnya, tapi juga tidak kikir dengan hartanya

Kedua : bersikap objektif, tidak menghalanginya untuk berbuat baik dan adil kepada manusia, walaupun ada kaitannya dengan kepentingan diri sendiri, misalnya walaupun disakiti dan dizalimi oleh seseorang, tetapi tidaka menghalanginya untuk memaafkannya dan tetap berbuat baik kepadanya

Ketiga : Menebarkan kesejahteraan kepada seluruh alam semesta, memperjuangkan sesuatu demi kebaikan manusia dan seluruh makhluk lainnya, seperti dengan melakukan kegiatan amal siasi maupun amal khidam ijtima’i (kegiatan sosial)

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุณู’ุนููˆู’ุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุซูŽู„ุงูŽุซูŒ ู…ูŽู†ู’ ูƒูู†ู‘ูŽ ูููŠู’ู‡ู ูŠูŽุฌูุฏู’ ุจูู‡ูู†ู‘ูŽ ุญูŽู„ุงูŽูˆูŽุฉูŽ ุงู’ู„ุงููŠู’ู…ูŽุงู†ู : ุชูŽุฑู’ูƒู ุงู’ู„ู…ูุฑูŽุงุกู ููŠู ุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู ุŒ ูˆูŽุงู’ู„ูƒูุฐู’ุจู ูููŠ ุงู’ู„ู…ูุฒูŽุงุญูŽุฉู ุŒ ูˆูŽูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุตูŽุงุจูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ู„ููŠูุฎู’ุทูุฆูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุฎู’ุทูŽุฃูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ู„ููŠูุตููŠู’ุจูŽู‡ู. (ุฑูˆุงู‡ ุนุจุฏ ุงู„ุฑุฒุงู‚)

Ibnu Mas’ud juga berkata, “Ada tiga hal yang barangsiapa berada di dalamnya akan merasakan manisnya iman, menghindari perdebatan dalam hal kebenaran, tidak berdusta dalam bercanda, dan menyadari bahwa apa yang akan menimpanya bukan karena kesalahannya dan apa kesalahannya tidak menyebabkan ia tertimpa (musibah).” (Diriwayatkan Abdurrazzaq).

ุนู† ุฃู†ุณ ู…ุฑููˆุนุง: “ู„ุงูŽ ูŠูŽุฌูุฏู ุนูŽุจู’ุฏูŒ ุญูŽู„ุงูŽูˆูŽุฉูŽ ุงู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู ุญูŽุชู‰ู‘ูŽ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุตูŽุงุจูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ู„ููŠูุฎู’ุทูุฆูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุง ุฃูŽุฎู’ุทูŽุฃูŽู‡ู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ู„ููŠูุตููŠู’ุจูŽู‡ู … ” ุงู„ุญุฏูŠุซ . ุฃุฎุฑุฌู‡ ุงุจู† ุฃุจูŠ ุนุงุตู… ( 247 ) ุจุฅุณู†ุงุฏ ุญุณู† ุนู†ู‡. (ุงู„ุฃู„ุจุงู†ูŠ – ุงู„ุณู„ุณู„ุฉ ุงู„ุตุญูŠุญุฉ)

Dari Anas secara marfu’ mengatakan, “Tidaklah seorang hamba merasakan manisnya keimanan sehingga dia menyadari bahwa apa yang akan menimpanya bukan karena kesalahannya dan apa kesalahannya tidak menyebabkan ia tertimpa (musibah).” Hadits tersebut dikeluarkan Ibnu Abi Ashim, hadits sahih dengan sanad yang baik, termaktub dalam silisilah hadits sahih karya Imam Albani.

(ู‚ูู„ู’ ู„ูู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ูŠูŽุบูุถู‘ููˆุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑูู‡ูู…ู’) * ูˆูŽุงู„ู’ุบูŽุถู‘ู ุนูŽู†ู ุงู„ู’ู…ูŽุญูŽุงุฑูู…ู ูŠููˆู’ุฌูุจู ุญูŽู„ุงูŽูˆูŽุฉูŽ ุงู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุชูŽุฑูŽูƒูŽ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ู„ูู„ู‘ู‡ู ุนูŽูˆู‘ูŽุถูŽู‡ู ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ู‡ูุŒ ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุทู’ู„ูŽู‚ูŽ ู„ูŽุญูŽุธูŽุงุชูู‡ู ุฏูŽุงู…ูŽุชู’ ุญูŽุณูŽุฑูŽุงุชูู‡ู. (ููŠุถ ุงู„ู‚ุฏูŠุฑ 1/677).

“Katakanlah kepada mukmin laki-laki agar menahan pandangan mereka…” (An-Nur: 30). Yaitu menahan dari apa yang diharamkan Allah swt. pasti akan mendatangkan manisnya iman, dan barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, maka Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik darinya, dan barangsiapa yang membebaskannya walau hanya sekejap maka akan abadi penyesalannya”

ุนูŽู†ู’ ู…ูุนูŽุงุฐู ุจู† ุฌูŽุจูŽู„ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ:”ู„ูŽูˆู’ ูƒูู†ู’ุชู ุขู…ูุฑู‹ุง ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ู„ุฃูŽุญูŽุฏู ู„ุฃูŽู…ูŽุฑู’ุชู ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุฃูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ู„ูุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ูŽุง ู…ูู†ู’ ุญูŽู‚ูู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽุฌูุฏู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉูŒ ุญูŽู„ุงูŽูˆูŽุฉูŽ ุงู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูุคูŽุฏูู‘ูŠูŽ ุญูŽู‚ู‘ูŽ ุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุณูŽุฃูŽู„ูŽู‡ูŽุง ู†ูŽูู’ุณูŽู‡ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูŽุชูŽุจู.” (ุงู„ู…ุนุฌู… ุงู„ูƒุจูŠุฑ ู„ู„ุทุจุฑุงู†ูŠ)

Dari Muadz bin Jabal berkata : Rasulullah SAW bersabda : “Seandainya aku memerintahkan seseorang bersujud kepada yang lainnya, maka akan aku perintahkan isteri sujud kepada suaminya, karena hak-hak suami atasnya, dan tidaklah seorang wanita mendapatkan manisnya iman sehingga Ia menunaikan hak suaminya, walaupun suaminya memintanya, sedang Ia sedang berada di atas sekedupnya

ู‚ุงูŽู„ูŽ ุงูุจู’ู†ู ุฑูŽุฌูŽุจู’ ูููŠ (ููŽุชู’ุญู ุงู„ู’ุจูŽุงุฑููŠ: 1/27): ููŽุฅูุฐูŽุง ูˆูŽุฌูŽุฏูŽ ุงู’ู„ู‚ูŽู„ู’ุจู ุญูŽู„ุงูŽูˆูŽุฉูŽ ุงู’ู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู ุฃูŽุญูŽุณู‘ูŽ ุจูู…ูŽุฑูŽุงุฑูŽุฉู ุงู’ู„ูƒููู’ุฑู ูˆูŽุงู’ู„ููุณููˆู’ู‚ู ูˆูŽุงู’ู„ุนูุตู’ูŠูŽุงู†ู ูˆูŽู„ูู‡ูŽุฐูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ูŠููˆู’ุณููู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ุณู‘ูŽู„ุงูŽู… ู: {ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ุณู‘ูุฌู’ู†ู ุฃูŽุญูŽุจู‘ู ุฅูู„ูŽูŠู‘ูŽ ู…ูู…ู‘ูŽุง ูŠูŽุฏู’ุนููˆู†ูŽู†ููŠ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู} [ูŠูˆุณู33].

Ibnu Rajab berkata dalam kitab Fathul Bari 1/27 : “Maka apabila sebilah hati telah mendapatkan manisnya iman, maka ia akan sensitif merasakan pahitnya kekufuran, kefasikan dan kemaksiatan, karena itulah Nabi Yusuf AS berkata : “Ya Rabb! Penjari lebih aku sukai daripada apa yang mereka serukan kepadaku” (QS. Yusuf : 33)

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (31 votes, average: 8.61 out of 5)
Loading...
Lembaga Kajian Manhaj Tarbiyah (LKMT) adalah wadah para aktivis dan pemerhati pendidikan Islam yang memiliki perhatian besar terhadap proses tarbiyah islamiyah di Indonesia. Para penggagas lembaga ini meyakini bahwa ajaran Islam yang lengkap dan sempurna ini adalah satu-satunya solusi bagi kebahagiaan hidup manusia di dunia dan akhirat. Al-Qur๏ฟฝan dan Sunnah Rasulullah saw adalah sumber ajaran Islam yang dijamin orisinalitasnya oleh Allah Taala. Yang harus dilakukan oleh para murabbi (pendidik) adalah bagaimana memahamkan Al-Qur๏ฟฝan dan Sunnah Rasulullah saw dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mutarabbi (peserta didik) dan dengan menggunakan sarana-sarana modern yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Lihat Juga

Keimanan Adalah Keberpihakan

Figure
Organization