Home / Suara Redaksi / Editorial / Yang Menggembirakan dan Yang Tidak Menggembirakan

Yang Menggembirakan dan Yang Tidak Menggembirakan

dakwatuna.com Innalillahi wa inna ilahi raji’un. Sidang pembaca yang kami hormati, itulah ungkapan yang patut dakwatuna.com dan kita semua ucapkan. Pasalnya sepekan berturut-turut, mulai hari Ahad (13/7) sampai hari Ahad kembali (20/7) media yang kita cintai ini tidak bisa diakses karena servernya hang. Penyebabnya adalah CPU dan memory server usage yang melebihi batas (over usage).

Pada malam Ahad (12/7), lebar bandwidth untuk akses Luar Negeri ditambah demi memudahkan akses dari luar negeri. Ketika itulah server langsung down karena pengunjung menyerbu. Alhasil Ahad pagi harinya dakwatuna.com tidak bisa diakses. Dugaan lain adalah karena engine situs ini yang menggunakan WordPress.

Situs dakwatuna.com sendiri menggunakan shared server dengan kapasitas memory 3 GB. Padahal rata-rata sebuah situs biasa menggunakan kapasitas memory 1 atau 2 GB. Berbagai upaya kami lakukan untuk menghidupkan kembali. Pada hari Rabu (16/7) situs dakwatuna.com kami uji coba untuk ditampilkan kembali namun belum berhasil. Akhirnya kami harus berpindah server dengan harapan bisa mendapatkan performance yang lebih baik. Ahad (20/7) kami coba uji coba, mudah-mudahan tidak ada kendala berarti. Jika ada masalah yang pembaca dapati ketika mengunjungi dakwatuna.com, segera hubungi kami melalui formulir kontak yang kami sediakan. Setiap laporan dan masukan dari pembaca sangat berarti untuk keberlangsungan situs kita ini.

Dibalik berita tidak menggembirakan di atas, ada dua hal yang sangat menggembirakan keluarga besar dakwatuna.com. Lembaga Kajian Dakwatuna (LKD) yang memayungi situs ini bertemu dengan Kang Abik, panggilan akrab Habiburrahman El Shirazy, novelis terkenal yang menjadi buah bibir karena suksesnya novel-novel beliau, sampai dilayarlebarkan.

Pertemuan LKD dengan Kang Abik persis ketika dakwatuna.com mengalami hang, hari Ahad. Tujuan kami audiensi dengan beliau adalah agar dakwatuna.com lebih luas lagi pengunjungnya dari beragam latar belakang, yaitu dengan Agenda Bersama LKD dengan Kang Abik dalam kegiatan Roadshow Dakwah Ramadhan 1429H, di Perkantoran Jakarta pada Tanggal 17 September 2008 nanti bi idznillah.

Tidak hanya itu, LKD juga menawarkan kepada beliau, agar coretan tangan emas beliau bisa menghiasi di media yang kita cintai ini secara rutin. Mendengar tawaran kami, beliau tersenyum sambil berucap, “Khair Insya Allah, bi idznillah”

Berita menggembirakan kedua adalah, LKD bi idznillah akan menerbitkan Buku Saku Agenda Ramadhan 1429H. Dengan konten baru, berisi dan tampilan menarik, insya Allah Buku Saku ini akan terbit bulan Agustus 2008.

Ikhwah wa Akhawat fillah yang dimuliakan Allah SWT, mengelola media ternyata tidak sederhana, tidak hanya bermodalkan semangat dan SDM saja. Semangat dan SDM dari para asatidz di LKD insya Allah melimpah, namun ada komponen lain lagi yang sangat vital, adalah dana. Ya dana yang bisa menghidupi situs yang kita cintai ini.

Banyak telepon, sms, e-mail dan pertanyaan langsung ketika bertemu dengan redaksi dakwatuna.com, menanyakan, kenapa dakwatuna tidak bisa diakses? “Belum bayar ya?” tanya mereka. Rasanya sangat disayangkan kalau media ini harus tidak melanjutkan misi dakwahnya karena kendala dana. Meskipun, itulah kendala besar yang dihadapi dakwatuna.com.

Situs dakwatuna.com mencitakan suatu waktu punya server sendiri, sehingga berapa pun pengunjung situs ini tidak menjadikannya hang. Bayangkan, jika pada bulan Ramadhan, di mana pengunjung dakwatuna.com melonjak tajam, dan itu yang kita targetkan dengan bekerjasama dengan Kang Abik, tahu-tahu dakwatuna hang, wal iyadzu billah.

Karena itu, marilah kita semua, ayyuhal ikhwah, bersama-sama memberikan kontribusi materiil maupun non materiil guna keberlangsungan situs yang kita cintai ini. Silahkan klik Donasi Dakwahdan salurkan infaq, sedekah, zakat, dan bantuan dakwah lainnya. Insya Allah LKD akan melaporkan penerimaan hasil bantuan para pembaca secara berkala di situs ini.

“Allah akan menolong hamba-Nya, selagi hamba itu menolong saudaranya.”

“Siapa yang berjihad meniti keridhoan Kami, pasti Kami tunjuki mereka jalan-jalan kemudahan Kami.” (ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (8 votes, average: 6,75 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • ass…Ahlan wasahlan kembali dakwatuna..satu minggu yang lalu saya bertanya kenapa webset dakwatuna tidak bisa dibuka? akhirnya rasa penasaran saya terjawab sudah, imfo (artikel) yg dakwatuna sampai sangat berarti buat semua orang termasuk saya selain menambah wawasan dan pencerahan buat keimanan semua orang…mudah2an Allah swt memberikan kemudahan buat dakwatuna untuk trus berkiprah didunia dakwah melalui dunia maya…

  • apa yang disampaikan dalam dakwatuna, banyak sekali memberikan pencerahan, terutama bagi diri saya pribadi. semoga Allah memudahkan Dakwatuna untuk tetap exist dalam berdakwah

  • Andi

    Semoga tetap eksis dan tidak terjadi gangguan yang berarti. kami menantikan setiap informasi yang ditampilkan dakwatuna. Tulisan menarik untuk dibaca, ringan untuk dicerna dan sekalian bisa dipakai untuk berdakwah kepada teman-teman yang belum sempat buka situs ini

Lihat Juga

Ilustrasi. (huffingtonpost.com)

Muhasabah Ramadhan