Home / Dasar-Dasar Islam / Hadits / Yaa Allah Berkahilah Kami di Bulan Rajab

Yaa Allah Berkahilah Kami di Bulan Rajab

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Hari ini, Jum’at 4 Juli 2008, tepat tanggal 1 Rajab 1429 H. Bulan Rajab adalah salah satu dari Empat Bulan Haram atau yang dimuliakan Allah swt. (Bulan Dzulkaidah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab). Allah swt berfirman:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan Ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” At Taubah: 36

Fenomena pergantian bulan di mata muslim adalah salah satu sarana untuk mengingat kekuasaan Allah swt dan dalam rangka untuk mengambil ibrah dalam kehidupan juga sebagai sarana ibadah.

Karena itu, pergantian bulan dalam bulan-bulan Hijrah kita disunnahkan untuk berdo’a, terutama ketika melihat hilal atau bulan pada malam harinya. Do’a yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah saw. adalah:

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

“Ya Allah, Jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan, dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabb ku dan Rabb mu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan.” (HR. Turmudzi)

Shaum di Bulan Rajab

Shaum dalam bulan Rajab, sebagaimana dalam bulan-bulan mulia lainnya hukumnya sunnah.

Diriwayatkan dari Mujibah al-Bahiliyah, Rasulullah aw. Bersabda:

Puasalah pada bulan-bulan haram (mulya).” Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Imam Ahmad.

Rasulullah saw. juga bersabda:

“Kerjakanlah ibadah apa yang engkau mampu, sesungguhnya Allah tidak pernah bosan hingga kalian bosan”.

Ibnu Hajar, dalam kitabnya “Tabyinun Ujb”, menegaskan bahwa tidak ada hadits, baik sahih, hasan, maupun dha’if yang menerangkan keutamaan puasa di bulan Rajab.

Bahkan beliau meriwayatkan tindakan Sahabat Umar yang melarang mengkhususkan bulan Rajab dengan berpuasa.

Ditulis oleh Imam Asy Syaukani dalam Kitabnya, Nailul Authar, menerangkan bahwa Ibnu Subki meriwayatkan dari Muhamad bin Manshur As Sam’ani yang mengatakan bahwa tidak ada hadis yang kuat yang menunjukkan kesunahan puasa Rajab secara khusus.

Disebutkan juga bahwa Ibnu Umar memakruhkan puasa Rajab, sebagaimana Abu Bakar al-Tarthusi yang mengatakan bahwa puasa Rajab adalah makruh, karena tidak ada dalil yang kuat.

Namun demikian, sesuai pendapat Imam Asy Syaukani, bila semua hadits yang secara khusus menunjukkan keutamaan bulan Rajab dan disunahkan puasa di dalamnya kurang kuat untuk dijadikan landasan, maka hadits-hadits yang umum, seperti yang disebut di atas, itu cukup menjadi hujah atau landasan.

Di samping itu, karena juga tak ada dalil yang kuat yang memakruhkan puasa di bulan Rajab.

Do’a Bulan Rajab

Bulan Rajab merupakan starting awal untuk menghadapi Bulan Suci Ramadhan. Subhanallah, Rasulullah saw. menyiapkan diri untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan selama dua bulan berturut sebelumnya, yaitu bulan Rajab dan bulan Sya’ban. Dengan berdoa dan memperbanyak amal shalih.

Do’a keberkahan di bulan Rajab. Bila memasuki bulan Rajab, Nabi saw. mengucapkan, “Allaahumma Baarik Lana Fii Rajaba Wa Sya’baana, Wa Ballighna Ramadhaana. “Ya Allah, berilah keberkahan pada kami di dalam bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.”

Hadits di atas disebutkan dalam banyak keterangan, seperti dikeluarkan oleh Abdullah bin Ahmad di dalam kitab Zawaa’id al-Musnad (2346). Al-Bazzar di dalam Musnadnya -sebagaimana disebutkan dalam kitab Kasyf al-Astaar- (616). Ibnu As-Sunny di dalam ‘Amal al-Yawm Wa al-Lailah (658). Ath-Thabarany di dalam (al-Mu’jam) al-Awsath (3939). Kitab ad-Du’a’ (911). Abu Nu’aim di dalam al-Hilyah (VI:269). Al-Baihaqy di dalam Syu’ab (al-Iman) (3534). Kitab Fadhaa’il al-Awqaat (14). Al-Khathib al-Baghdady di dalam al-Muwadhdhih (II:473).

Memperbanyak amal shaleh, seperti shaum sunnah, terutama di bulan Sya’ban. Diriwayat oleh Imam al-Nasa’i dan Abu Dawud, disahihkan oleh Ibnu Huzaimah. Usamah berkata pada Nabi saw.

Wahai Rasulullah, saya tidak melihat Rasul melakukan puasa (sunnah) sebanyak yang Engkau lakukan dalam bulan Sya’ban.’ Rasul menjawab: ‘Bulan Sya’ban adalah bulan antara Rajab dan Ramadhan yang dilupakan oleh kebanyakan orang. Di bulan itu perbuatan dan amal baik diangkat ke Tuhan semesta alam, maka aku ingin ketika amalku diangkat, aku dalam keadaan puasa.” Allahu a’lam

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (53 votes, average: 8,58 out of 10)
Loading...Loading...
Ulis Tofa, Lc
  Lahir di kota Kudus, Jawa Tengah, pada tanggal 05 April 1975. Menyelesaikan jenjang pendidikan Tsanawiyah dan Aliyah di Ma’ahid Krapyak Kudus. Tahun 1994 melanjutkan kuliah di LIPIA Jakarta. Program Persiapan Bahasa Arab dan Pra Universitas. Tahun 2002 menyelesaikan program Sarjana LIPIA di bidang Syari’ah.     Semasa di bangku sekolah menengah, sudah aktif di organisasi IRM, ketika di kampus aktif di Lembaga Dakwah Kampus LIPIA, terakhir diamanahi sebagai Sekretaris Umum LDK LIPIA tahun 2002.     Menjadi salah satu Pendiri Lembaga Kajian Dakwatuna, lembaga ini yang membidangi lahirnya situs www.dakwatuna.com , sampai sekarang aktif sebagai pengelola situs dakwah ini.     Sebagai Dewan Syari’ah Unit Pengelola Zakat Yayasan Inti Sejahtera (YIS) Jakarta, dan Konsultan Program Beasiswa Terpadu YIS.     Merintis dakwah perkantoran di Elnusa di bawah Yayasan Baitul Hikmah Elnusa semenjak tahun 2000, dan sekarang sebagai tenaga ahli, terutama di bidang Pendidikan dan Dakwah.     Aktif sebagai pembicara dan nara sumber di kampus, masjid perkantoran, dan umum.   Berbagai pengalaman kegiatan internasional yang pernah diikuti:      Peserta Pelatihan Life Skill dan Pengembangan Diri se-Asia dengan Trainer Dr. Ali Al-Hammadi, Direktur Creative Centre di Kawasan Timur Tengah, pada bulan Maret 2008.    Peserta dalam kegiatan Muktamar Internasional untuk Kemanusian di Jakarta, bulan Oktober 2008.    Sebagai Interpreter dalam acara “The Meeting of Secretary General of International Humanitarian Conference on Assistanship for Victims of Occupation” bulan April 2009.    Peserta  Training Asia Pasifik “Curriculum Development Training” di Bandung pada bulan Agustus 2009.    Peserta TFT Nasional tentang Problematika Palestina di UI Depok, Juni 2010 dll.     Karya-karya ilmiyah yang pernah ditulis:      Fiqh Dakwah Aktifis Muslimah (terjemahan), Robbani Press    Menjadi Alumni Universitas Ramadhan Yang Sukses (kumpulan artikel di situs www.dakwatuna.com), Maktaba Dakwatuna    Buku Pintar Ramadhan (Kumpulan tulisan para asatidz), Maktaba Dakwatuna    Artikel-artikel khusus yang siap diterbitkan, dll.     Sudah berkeluarga dengan satu istri dan empat anak; Aufa Taqi Abdillah, Kayla Qisthi Adila, Hayya Nahwa Falihah dan Muhammad Ghaza Bassama. “Bermanfaat bagi Sesama” adalah motto hidupnya. Contak person via e-mail: ulistofa-at-gmail.com  atau sms 021-92933141.

Lihat Juga

Ilustrasi. (mezoomar.deviantart.com)

Imanan Ihtisaban

  • frankcorby

    Asalamu'alaikum wr.wb
    Thanx mas…
    infonya sangat saya perlukan..
    smoga Allah SWT memberikan rizki yg berlimpah untuk mas…
    Amien….

  • Prodigy

    “Allaahumma Baarik Lana Fii Rajaba Wa Sya’baana, Wa Ballighna Ramadhaana. “Ya Allah, berilah keberkahan pada kami di dalam bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan.” aamiin

  • ADE NURDIANSYAH

    Subhanallah indah hidup ini, masih bisa mendengarkan nasehat dan kebenaran islam. yaa Allah jadikanlah kami termasuk orang-orang yang bersyukur dan matikanlah kami dalam keadaan berserah diri kepada-Mu. Jazakallah khoiron katsiro

  • Dwi

    JazakaLlah khair. Terima kasih karena memang sedang perlu pencerahan tentang ini. Bahwa tidak ada dalil yang shahih tentang puasa bulan Rajab.
    Saya pernah mendengar pula tentang doa bulan Rajab ini juga dhoif, tapi saya belum mencari info lebih jauh. Mohon pencerahan untuk saya yang awam ini

  • Anjar

    Astagfirulloh..Rajab, Sya'ban sebentar lagi Ramadhan..Ya Alloh..bagaimana dengan amalan ku?

  • Melan

    Ya Allah, bergetar hati ini karena akan menghadapi bulan Ramadhan.

    Ya Allah, aku mohon ridhoMu berilah hambaMu ini umur panjang agar dapat bertemu lagi dengan bulan RamadhanMu yang indah sehingga mencapai Aidil Fitri dan senantiasa menjadikan hambaMu ini untuk tidak bersikap sombong ya Allah. Amin…Amin Ya Rabbal 'Alamin

  • ose

    Assalamualaikum,

    Sewaktu saya kecil di kampung, para ustad menyuruh agar anak-anak puasa rajab karena –katanya, siapa yang puasa di bulan rajab maka dia berhak mendapatkan air telaga rajab. Benarkah itu?

    Wassalam

    Ose

  • fajrul

    Subhanallah. semoga kita disampaikan Allah pada bulan ramadhan dan dapat meningkatkan amalan dari tahun-tahun sebelumnya

  • Pingback: Keutamaan dan Amal Bulan Rajab « Catatan harian seorang muslim()

  • 3ndah

    road to romadhon… siap siapp!!!

  • http://- aan

    semoga ramadhan kali ini lebih baik, lebih bermanfaat dan lebih bermakna amiin

    MARHABAN YAA RAMADHAN

  • http://adi-prayitno.blogspot.com Adi Prayitno

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Web yang sangat bagus untuk menimba ilmu

  • RLYN

    amiiiiinnn. . . . semoga kita semua selalu mendapat rahmat dan berkah dari ALLAH SWT. . . .
    amiiiiinnn. . . .

  • eka

    Semoga bacaan ini bermanfaat bagi yang membacanya,amiin

  • http://rsisakinah.co.cc ro’in

    berkujung

  • http://agussind.blogspot.com Agus

    Assalamualaikum wr wb..
    Smoga kita semua mengamalkan do’a di bulan Rajab seperti yg disebut diatas supaya kita sampai pada bulan Ramadhan… Amin

  • http://ulilabshor.wordpress.com ulil abshor annabiry

    syukron katsiir….
    banyak pelajaran yang saya petik dari sini,
    alhamdulillah…..

  • http://ulilabshor.wordpress.com ulil abshor annabiry

    Ketrampilan memimpin orang lain adalah bagaimana memimpin orang lain tapi orang tersebut tidak merasa bahwa dirinya sedang dipimpin.

    Alhamdulillah, banyak hal yang saya peroleh dari sini.

    syukron katsiir….!

  • budi s

    jazakumulloh utk tim dakwtuna.

  • saad

    terimakasih . syukron kastiron. untuk menambah pengetahuan tentang mendekat pada Nya.

  • rafli

    Alangkah Tenangannya Hati Ku Ini,,Ketika Sudah Ku Baca Semuanya Dan AkuPun sEmankin Mengerti apa yang Diimaksud Bulan Rajab Itu,,
    SuKron dakwatuna…
    Dan Semgoa ALLAH Melindungi Kita Semua..
    AMIIEN…

  • Abi Hikmatyar

    Terima kasih, cukup jelas sebagai rujukan untuk beramal.
    Semoga Allah SWT selalu menunjukan jalan yang benar kepada kita semua. AMIIN.

  • http://www.facebook.com/pipietagustinipujianti.sudirman Pipiet Agustini Pujianti Sudir

    izin copy dan share ya, terimakasih