Home / Berita / Uskup Perancis: Kenapa Masjid Penuh dan Gereja Kosong?!

Uskup Perancis: Kenapa Masjid Penuh dan Gereja Kosong?!

dakwatuna.com – Paris, setelah kurang dari satu bulan adanya warning dari salah seorang pendeta Vatikan, berupa issu apa yang mereka sebut sebagai “Islamisasi Eropa”, di Perancis diadakan kegiatan Pertemuan Akbar Umat Masehi di bawah koordinasi Gereja Katholik, dengan agenda mengkaji Islam, upaya pengenalan Islam, sejarah dan peradabannya. Di tengah-tengah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh beberapa uskup, tentang sebab kenapa masjid selalu penuh dengan orang shalat, sedangkan gereja kosong dari orang beribadah di Eropa secara umum.

Gereja Katholik merasa perhatian dengan adanya fenomena tersebar dan meluasnya Islam, berkembangnya pemeluk agama Islam secara pesat di Perancis dan Eropa.

Yang membuat mereka tambah heran adalah, tempat diadakannya kegiatan itu, ternyata melewati sebuah masjid kecil yang penuh dengan jama’ah Jum’atan. Di situ dikumandangkan khutbah dan selanjutnya didirikannya shalat Jum’at.

Perhelatan akbar itu diikuti sekitar 40 uskup dari seluruh penjuru Perancis. Salah seorang uskup berkomentar, bahwa pertanyaan seputar berkembangnya Islam secara pesat sudah ada semenjak beberapa tahun lalu, dan pentanyaan itu adalah, apa rahasia masjid penuh di Perancis, berbeda sama sekali dengan kondisi Gereja yang malah dijauhi?!

Sekularisasi… Adalah Sebabnya

Kajian seputar mengapa orang Perancis meninggalkan gereja, telah diungkapkan oleh seorang uskup, Michal. Ia berkata: “Fenomena ini bukanlah hal baru, karena ini berkaitan erat dengan sejarah permusuhan panjang antara negara dan gereja, di mana dalam banyak periode yang panjang, gereja dipinggirkan peranannya dalam kehidupan secara umum.”

Sebagaimana juga masyarakat Perancis lebih cenderung sekular, memisahkan agama dengan kehidupan atau negara.

Para peserta sepakat bahwa masjid-masjid di Perancis mejadi bukti penerimaan luar biasa masyarakat Perancis, dan itu tidak hanya dari kalangan imigran, justeru banyak juga dari orang-orang Perancis asli dari generasi ke dua atau ke tiga, yang mereka sama sekali tidak bisa berbahasa Arab.

Data statistik resmi Pemerintah Perancis menyebutkan bahwa jumlah orang yang kembali dan masuk ke agama Islam di Perancis sampai sekarang ada lima puluh (50) ribu orang, sedangkan total muslim Perancis ada enam (6) juta jiwa.

Pelataran Sebagai Bukti

Bukti jelas bahwa masjid mendapat penerimaan yang luar biasa dari masyarakat Perancis adalah tidak tertampungnya jama’ah shalat Jum’at di masjid, sehingga harus digelas tikar dan sajadah sampai ke luar area masjid, dan ini kadang menyulitkan samping kiri-kanan lingkungan masjid.

Haji Mamdu Ibrahim, salah seorang pengelola masjid “Al Fath” mengatakan bahwa setiap hari Jum’at kami harus menggelar tikar di luar area masjid dikarenakan jumlah jama’ah shalat Jum’at tidak tertampung lagi. Kondisi ini menyebabkan pemilik tempat sekitar masjid komplain.”

Ketua Persatuan Organisasi-organisasi Islam di Perancis, Ibriz menguatkan bahwa, “Tidak diragukan lagi adanya penerimaan luar biasa terhadap Islam di Benua Eropa, ini menandakan bahwa Islam sangat diterima dan mampu meyakinkan masyarakat, meskipun Islam sendiri diterpa issu penodaan dan pelecehan.”

Jumlah masjid di Perancis sekitar seribu lima ratus (1500) masjid. Data dari organisasi muslim di Perancis menunjukka bahwa jumlah umat Islam di Benua Eropa mendekati tiga puluh delapan (38) juta muslim Eropa, sekitar sepuluh persen (10%) total penduduk Eropa. (io/ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (399 votes, average: 9,32 out of 10)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kelompok penentang cadar, mengenakannya sambil merokok dan mabuk. (wikileaks documents)

Bercadar Tapi Merokok dan Minum Miras, Kampanye Anti Cadar di Eropa

  • http://gmail.com Isti

    Subhanallah!
    apakah ini merupakan salah satu tanda-tanda akhir zaman yang berbunyi “Matahari terbit dari barat dan tenggelam di timur”. Hal ini apakah dapat dianalogikan sbb : Islam = matahari / cahaya. Terbit dari barat = masuk ke negara barat/eropa. Tenggelam di timur = mulai menurun di negara timur / asia

    • http://www.facebook.com/fazielah.razak Fazielah Razak

      ALLAH BG AKAL….GUNAKANLAH TUK BERFIKIR….

    • nurmala

      “Matahari terbit dari barat dan tenggelam di timur”, memang suatu ketika nanti Matahari TERBIT DARI BARAT, tenggelam di Timur,.ini bukan kata kiasan.

  • suargo

    namun sayangnya di Indonesia pertambahan gerejanya semakin meningkat….smoga ini menjadi evaluasi kita…Semoga Allah memelihara dakwah ini menuju kemenangan

  • Abdullah H M

    Subhanallah, Allahu Akbar

  • http://www.google.com triesna

    Subhanallah,Allahu Akbar
    jelas masyarakat eropah sadar akan krisis rohani & krisis ahlak.., namun negeriku kelihatan sudah mendekati pupus ketidaksadaranya, sungguh terbalik (terutama kaum muda & remaja).

  • sofi

    subhanallahtugas kita untuk memelihara dakwah di negeri ini,

  • dean mark levene

    Semoga dengan meningkatnya jumlah muslim di Eropa, akan menyebabkan perbaikan akhlak european pada umumnya. Setelah jumlah muslim cukup banyak, harus dipikirkan agar umat dapat mempunyai wakil di parlemen, Insya Allah.

  • deny al banna'

    al Islaamu ya'lu wala yu'la 'alaih

  • nirvana

    jika kita melihat detailnya
    – islam sebagai minoritas di eropa. tentunya sebagai minoritas kebutuhan akan iman dan ibadah ini semakin terasa kuat bila dibandingkan dengan mayoritasnya, dan juga ikatan persaudaraan akan semakin kuat juga.
    – berbeda bila kita lihat di negara kita, minoritasnya adalah kaum nasrani, mereka terlihat begitu bersatu, dan berkembang pesat dibandingkan dengan masjid masjid kita yang sering kosong saat sholat berjamaah. bahkan mayoritas muslim ini jika diundang ke pengajian atau kajian kadang tdk hadir dan kurang antusias. kita lebih memilih shopping ke mall, atau nonton tv.

    • Al Baqarah

      Tidak setuju jika anda berpendapat kaum masrani berkembang pesat, jangan melemparkan opini jika tidak disertai data fakta yang akurat. Hati2 dengan mukutmu, mulutmu harimaumu, jangan mudah terbawa opini tanpa fakta, berhati-hatilah. Terutama dengan media2 zionis laknat.

  • saputra

    menurut saya masyarakat perancis telah sadar akan ke Esaan Allah

  • zuhud

    Fakta ini menjadi evaluasi dan titik tolak dakwah Islam di Indonesia, betapa kita harus lebih giat untuk membenahi diri kita dan membenahi kegiatan dakwah kita agar lebih bisa diterima masyarakat Indonesia. Allahu Akbar

  • Sukanto

    Mohon maaf , menyimpang dari topik.
    Assallamualaykum wr.wb.

    Mohon infonya kepada Akhwat dan Ikhwan sekalian , bagaimana sebenarnya situasi , biaya hidup dlsb tentang PERANCIS ??.

    Karena kalau rizqi saya Insya Allah antara April , Mey , saya akan bekerja di Perancis , dan akan meningalkan pekerjaan saya di Indonesia.

    Mohon balasan nya , di tunggu di e-mail saya : [email protected]

  • yuniva

    alhamdulillah,,,sneng denger kabar sangat membanggakan dari negeri mode itu,,yang jadi masalah adalah bagaimana kita bisa bersama2 membangun islam secara internasional. Tidak berjalan sendiri2 dan saling melempar cemooh, bahkan sesama muslim sekalipun,.. Allahu Akbar, Hidup Islam

  • Fakhriy

    Allons enfants de la patrie
    Le jour de gloire est arrive

    Allahu Akbar

  • ratna dumilah

    Jumlah masjid dan jumlah gereja sebenarnya bukan jaminan. Yang menjamin adalah secara pribadi bagaimana sikap kita terhadap adanya Tuhan. Ketika di Perancis orang Indonesia bilang dirinya kaum minoritas, tetapi kalau di Indonesia dia adalah mayoritas. Ketika dia berhadapan dengan Sang Khalik esok sebagai pengadil yang agung, dia tidak ditanya tentang berapa temanmu se Agama di bumi. Tetapi apa peranmu guna membantu sesama manusia, kaum duafa, fakir miskin.
    Pemerintah Indonesia…

  • amalia

    Maha Suci Allah.

  • yanuar

    Umat Islam Indonesia harus berkaca dari Perancis, dimana masjis disana penuh, sementara masjid-masjid kita di Indonesia? Masih banyak yang kosong. Mari mulai dari diri kita penuhi MASJID sekitar kita dengan aktivitas dakwah dan tarbiyah!

  • http://[email protected] Masrial. MR

    Masya’ Allah,.. di negeri sekuler Masjid penuh sesak sampai ke luar masjid, di negeri islam sendiri (indonesia) Masjid penuh sesak di luar Masjid, makanya gempa/musibah silih berganti datangnya, karena pasak bumi (Zikrullah) ga ada dalam qalbu masyarakat indonesia.

  • may

    SubhanaAllah walhamdulillah ……..HuAkbar

  • Bang Auky Sitanggal

    Ditekan seperti apa, dengan segala peraturan yang merugikan dan memojokan Cahaya Allah pasti kemilau, Islam pasti tumbuh, Karena Islam adalah Cahaya kedamaian.

  • dausbagus

    setiap ada da’wah pasti ada hidayah….
    da’wah ala nubuwah…yang pasti menghasilkan hidayah…
    karena ada pengorbanan harta diri waktu dan perasaan…?

  • dausbagus

    setiap ada da’wah pasti ada hidayah

  • Dra. Sastrawati S.Psi

    Allah Menguasai dan menentukan keadaan makhlukNYA

  • tilmi

    Subhanallah…Insya Allah kejayaan adalah milik Islam..

  • Bowo Laksono

    ..1 orang murtad – 100 orang jd muallaf, bgitu sterusnya. hentikan program pemurtadan skarang jg..

  • jeffry zain

    Insaalllah, islam akan terus berkembang di Perancis dan eropah.

  • DEDI

    hanya allah SWT yang mempunyai hidayah dan sudah ditentukan kepada siapa akan diberikan.

  • ifhasyarifah

    Islam satu2nya agama yg sempurna tiada duanya di dunia, dan agama yg cinta damai subuhanallah orang2 dari negara eropa masuk islam dia diberi hidayah dari allah subuhana wataalah

  • sofyan iskandar

    Ass Wrb memang ALLAH telah janjikan suatu saat nanti ISLAM akan menjadi RAJA menguasai Dunia dg Rahmatan fil alamin, ALLAHUAKBAR ALLAHUAKBAR ALLAHUAKBAR lalilahaillah,……..

  • http://facebook.com rosdiana

    subhanallah…allahu akbar..insya allah islam akn smakin jaya kn allah psti akn mlndungi agamax…jd para kafir2 hendakx mulai sdar utk tdk lg brniat utk mnghncurkan islam krena smua itu sia2

  • Aminudinwahib

    subhanallah……kafir yang mau berfikir akan masuk islam, bagi yang tdk mau berfikir akan tetap kafir. allhu akba3x…..

  • Aminudinwahib

    subhanallah….bagi manusia yang mau berfikir akan masuk islam, yang tidak mau berfikir akan tetap kafir. allahu akbar 3x……

  • ogi nax palala

    SUBHANALLAH,LAILA HAILLAWLAH,ALLAH HUAKBAR,,,,

  • http://twitter.com/Widiatmokology Widiatmoko Irianto

    Allahuakbar …

  • http://www.facebook.com/bambang.hw Bambang Hw

    mungkin FPI bisa membaca hasilnya…jadi ga perlu kekerasan dan premanisme…

    • http://www.facebook.com/mirsyad.albandunji M Irsyad Al-Bandunji

      mereka dah tau kok….. kadang kita hrus melihat tindakan FPI dari sudut yang lain, jangan dengan kebencian terus… cobalah selidiki apa yang mereka kaji, nanti juga ngerti kenapa mereka begitu…. mungkin sekali2 ikut pengajianya dan ajukan pertanyaan yang kritis tentang kekerasan yang merka lakukan…

      • anonime

        Ya ga usah donk pale ngerusak segala, dan juga menganiaya orang,,,,kalo memang mengkaji pasti ada sebuah solusi dan jalan keluar tanpa kekerasan,,,terus bukti dilapangan?!?

    • Muhammad Hafiz

      Media hanya meliput bagian yg jelek2 saja dri fpi……pas mreka membantu masyarakat dlm menegakkan kebenaran, membantu orng yg terkena musibah………kemana media…….???????????????????????????????????

      • istikomah

        gak pintar menelaah jadi korban media sehingga jadi banyak yg membenci FPI dan PKS yg banyak d jelek jelekan d fitnah dan d perlakukan tidak adil oleh media padahal kerja kerja mereka sangat luar biasa bagusnya bagi indonesia maklum media mayoritasnya d kuasai oleh kaum kafir.kasihan deh lo ………..

    • Sakban Sagita

      gak perlu mengkait-kaitkan FPI dgn kekerasan dan premanisme, bila anda tahu tentang Islam, maka anda tak akan mengeluarkan statement ini, Islam memang menentang keras maksiat dan minuman keras, dan inilah yg dilakukan FPI….saya bukan anggota FPI dan bukan juga simpatisan, tetapi mendukung apa yg diajarkan agamaku

  • http://www.facebook.com/pram.ananta.7 Pram Ananta

    habisi semua yahudi dimuka bumi…semoga bangkit lagi neo nazi untuk membantai kau yahudi dikamp kosentrasi…bantai semua, tanpa ada satupun yang tersisa…semoga islam jaya….amien 3x

    • abuzinad

      komentar anda koq kaya bukan org ISlam ..? Islam menentang Zionis, tp gak dgn kata2 kasar begitu

  • http://www.facebook.com/mirsyad.albandunji M Irsyad Al-Bandunji

    orang cerdas pasti milih islam…. masuknya dengan perbandingan dan ilmu pengetahuan bukan dengan sekardus mie instan….

  • http://www.facebook.com/nunuy.gading Nunuy Gading

    Islam sebuah agama yang dilandasi dengan saling pengertian.tidak dibenarkan kekerasan dalam agama Islam,APAPUN ALASANNYA…!!
    Islam itu Indah..
    Islam itu damai…
    Islam itu kaya….

  • http://www.facebook.com/mohamed.sahan.16 Mohamed Sahan

    Berfikir lah ke jalan Allah demi kebaikan dunia dan akhirat.Insya’allah kita selamat

  • http://www.facebook.com/aanchairul.anamii Aan Chairul Anam

    Di akhir zaman manusia akan berbondong2 masuk agama Islam.

  • Abdul Rajak

    tp bagaimana dgn di negeri q ini??

  • http://www.facebook.com/wahyudisantel Wahyudi Stro Kemarry

    Subhanalloh..hidayah datang dari Allah kepada siapa yg Allah kehendaki..Alhamdulillah atas nikmat islam dan iman yg telah Engkau berikan pada kami. Ya Allah janganlah engkau cabut nyawa kami kecuali dlm keadaan Islam.

    • Wila Salam

      Aamiin

  • http://www.facebook.com/people/Muh-Antariksa-Karunia/1433225176 Muh Antariksa Karunia

    alhamdulillah

  • MhdZAttarAzzadech

    supaya gema adzan bisa berkumandang berkelanjutan dan berkesinambungan bersahut-sahutan tanpa henti disetiap waktu dan disetiap negara.

  • http://www.facebook.com/terang.dunia.7 Terang Dunia

    Hal itu BERITA yang Bagusss…!!! Agar Masyarakat Eropah yang sudah JENUH dapat melihat perbandingan. Di bandingkan kalau mereka ATHEIS dan Agama aneh aneh. Maka bersyukurlah kita yang ada di Indonesia, berwarna sehingga semua Agama CEMERLANG, dibandingkan dengan Eropah yang hanya satu warna, tidak ada pembanding sehingga CAHAYA – nya redup dan tidak indah.
    Agama Islam, memang diundang ke Eropah dan Negara Negara Kristen untuk memberikan Warna, agar semuanya CEMERLANG melawan ATHEIS dan MAterialistis…!!! GBU all.

  • http://www.facebook.com/terang.dunia.7 Terang Dunia

    Sebenarnya Orang Eropah juga TAKJUB, kalau datang ke Indonesia dan Asia dan beribadah di Gereja Gereja Kristen, bagaimana semaraknya, mulai dari anak sampai manula berkumpul bersama untuk beribadah, dibandingkan di Negara mereka yang masuk ke Gereja hanya para Manula saja, itupun ya kalau sempat …!!! ^_^

    Coba cek di Negara Negara Islam yang tidak ada Agama Kristennya, saya pikir hal yang sama terjadi. Bagaimana Umat Islam Arab berbondong bondong ke luar negeri berlibur di penjuru dunia untuk menghindari Bulan Puasa di Negaranya, dll. Musuh utama Agama Samawi adalah Atheisme dan Kelesuhan beragama.

  • AHMAD

    Subhanallah, Allahuakbar.. semoga mereka juga diberi hidayah oleh ALLAH SWT.. Amin..!

  • Yabsirun

    Nama pendetanya siapa sih…????
    Jangan-jangan cuma hoax….

  • http://www.facebook.com/people/Syaikhu-Akramuddin-Sn/100000105254580 Syaikhu Akramuddin Sn

    mudah mudahan bukan masuk ke Agama Syi’ah.. yg sepintas mirip Islam

    • narendra

      maksud anda apa?syi’ah bkn islam? pendapat anda jgn mjdi fitnah….sementara di eropa islam sdh berkembang,,pikiran anda msh selisih paham,,menyalahkan syi’ah,,mari islam bersatu,,sesama muslim/saudara aja anda menghujat,menyalahkan,,itulah knp islam di indonesia jdi lemah

      • Aditia Putra Kurniawan

        karena syahadatnya orang syi’ah itu agak berbeda. terus sholatnya orang shiay itu juga agak berbeda. dhuhur n ashar di gabung, magrib n isya’ di gabung juga. tapi syi’ah juga masih islam. karena bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah…

        • rombong

          bukan muhammad.tpi ali

      • Wila Salam

        narendra…apakah anda seorang muslim? jika anda bersahadat dengan sahadat spt yg diajarkan Muhammad saw, anda adalah muslim, nah orang Syi’ah itu tidak bersahadat seperti sahadat yg diajarkan Nabi Muhammad, jadi tentu saja mereka itu bukan muslim.

      • adi

        coba mas Narendra cari literatur tambahan bacaan ttg sejarah lahirnya syiah,,, dan sepak terjangnya di dunia terhadap muslim yg lain,, anda tahu kan peristiwa di Suriah,, bahkan pada masa kekhalifahan apa kerja penganut syiah,,, dannnn sekarang?????? anda perlu banyak belajar lagii.. membaca… bukan asal koment…

    • Fath Aziz Oo Oo

      bahkan dlm dialog yg live di TV iraq, antara ulama sunni dengan ulama syiah(rafidhah), secara terang2an ulama syi’ah mencela aisyah radhiyallahu anha… sebuah konsep yg aneh di syiah ini, mereka bilang cinta ahlul bait, tapi istri Nabi SAW dicela, Abu Bakr, Umar, dan Ustman dilaknat,

  • http://www.facebook.com/andre.andreadit Andre Adit

    Allah berfirman: Aku utus seorang Nabi/rasul untuk menyempurnakan agamamu itulah agama Islam yang dibawa Muhammad saw.

    • Fath Aziz Oo Oo

      di surat dan ayat berapa itu bro?

  • http://www.facebook.com/agungpriyorizki Agung Priyo Rizki

    masih 10%.. semoga 100% Aamiin…

  • http://www.facebook.com/agungpriyorizki Agung Priyo Rizki

    liat di Youtube FPI Vs Pndeta misionarios, dsn dijelaskan mengapa FPI melakukan hal2 sprti itu, jgn begitu mudah termakan oleh Media…

  • http://www.facebook.com/arisarsitek Aris Munandar

    masak sih iya…kalau di Indonesia koq kebalik….gereja yang penuh tetapi masjid yang kosong…..

    • Sakban Sagita

      Anda salah besar, di Indonesia bila Jumat datang, maka Mesjid akan penuh dgn jamaah yang akan sholat jum’at, bahkan Mesjid hampir tak dapat menampung jama’ah…

      • karsima Riadi

        anda benar cuma si Aris aja yg tak pernah ke mesjid , jadi dia tidak tahu ,. karena dia pergi ke gereja ,…. :v

        • adi

          yaa maksudnya kang Aris itu mungkin bukan untuk hari jumat aja kalee… yg namanya beribadah (sholat 5 waktu) kan merupakan kewajiban bagi muslim laki-laki di MASJID,,nah kita bisa tengok sendiri waktu asar, isya, subuh,,, rata-rata masjid jamaahnya paling sedikit dibanding waktu lain… kita Muslim perlu mawas diri . dan berbenah. aaannn kita Muslim mesti mengingat peringatan Rosulullah, bahwa yg di TAKUTI oleh yahudi adalah jamaahnya kaum Muslimin pada sholat subuh menyamai jamaah sholat jum’at,,, ingat ituuu wahai saudaraku… mulai sekarang marilah saling kuatkan ikatan hati kita untuk rapatkan barisan ,,,, dan mulai dari diri kita JAGA JAMAAH DI MASJID 5 waktu!!!!!!!!

  • Aditia Putra Kurniawan

    kok kebalikan sama indonesia yahh??? karena apa?? karena pengaruh media… yang baik di besar2kan dengan nada2 jelek, jadinya ya jelek…