Home / Berita / Euro 2008, Turki Memastikan Diri Masuk Uni Eropa

Euro 2008, Turki Memastikan Diri Masuk Uni Eropa

Nihat Kahveci (Turki) mencetak Gol ketika melawan Czech Republicdakwatuna.com Jika Turki masih mengalami kendala untuk masuk anggota Uni Eropa, karena ada negara Eropa yang menentangnya. Namun kemenangan dramatis Club sepak bola Turki atas Republik Ceko pada hari Ahad, 15 Juni lalu dalam piala Euro 2008, memastikannya sebagai Anggota Eropa sebenarnya. Turki berhak untuk masuk Uni Eropa.

Dengan kemenangan ini Turki memastikan masuk perempatfinal menghadapi Kroasia pada Tanggal 20 Juni mendatang.

Semangat Perlawanan

Media massa Eropa dan Barat berkomentar bahwa sepak bola Turki mengalami peningkatan sangat pesat pada akhir-akhir tahun ini. Club Turki menempati posisi terhormat di club-club Eropa.

Dan Turki pernah menempatkan dirinya pada posisi Tiga Dunia pada Tahun 2002, terbesar prestasi persepak bolaan. Bersanding dengan Jepang dan Korea Selatan.

Turki Layak Masuk Uni Eropa

Perdana Menteri Turki, Recep Tayyib Erdogan pernah menuturkan dukungan Paus Fatikan Benediktus Keenam Belas pada waktu kunjungan pertamanya ke Turki, ditemuinya di Bandara Ankara, bahwa Turki layak masuk Uni Eropa.

Dalam kunjungan itu, Paus juga menyerukan dialog antara umat Islam dan umat Masehi.

Paus menyatakan: “Kami bukanlah politikus, namun kami mengingikan agar Turki masuk Uni Eropa.”

Mendengar pernyataan ini, Erdogan berkomentar: “Apa yang dikatakan Paus adalah nasehat mulya, bagi siapa saja, terutama negara-negara Eropa.”

Menteri Luar Negeri Turki Ali Babacan mengatakan proses masuknya negerinya ke dalam Uni Eropa (UE) lebih penting daripada kepentingan politik setiap hari, dan mendesak blok tersebut agar memulai pembahasan mengenai babak baru atau bidang kebijakan dalam pembicaraan keanggotaan tanpa penundaan, demikian laporan kantor berita setengah resmi Anatolia.

“Pemerintah kami telah melakukan berbagai langkah yang diperlukan dengan mematuhi persyaratan UE dan kami memiliki tekad kuat untuk melaksanakan pembaruan yang diperlukan,” kata Ali Babacan pada suatu taklimat sebagaimana dikutip oleh Anatolia setelah pertemuan dengan Troika UE di Ankara (16/5/08). (in/io/ant/ut)

Foto: nytimes.com

About these ads

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Mengapa lebih bangga masuk UNI EROPA ,seharusnya lebih bangga menjadi negara Islam

Lihat Juga

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Islammemo.cc)

Erdogan Buktikan Eropa Mendukung Teroris

Organization