Topic
Home / Berita / Aktivis Muslimah Denmark: Saya Masuk Parlemen Berhijab

Aktivis Muslimah Denmark: Saya Masuk Parlemen Berhijab

dakwatuna.com – Muslim Denmark mengharapkan bahwa perdebatan seputar hijab -pakaian muslimah sesuai syar’i- tidak mengarah pada sikap politik berupa pelarangan hijab.

Harapan itu setelah Partai Penegak Persatuan Denmark menyatakan niatnya untuk membuka pintu bagi Politisi Denmark yang memakai hijab, Asma’ Abdul Hamid, untuk masuk parlemen Denmark sebagai anggota pengganti parlemen (Pergantian Antar Waktu).

Asma’ Abdul Majid mengomentari pernytaan Partai Kebangsaan Denmark, Partai minoritas yang mengusung issu pelarangan hijab: “Saya tidak takut, bahwa perdebatan seputar hijab akan masuk wilayah politik resmi, dengan mengarah pelarangan hijab di Denmark. Karena persoalan ini menyangkut menghormati kebebasan personal. Dan inilah yang dinyatakan oleh Perdana Menteri Denmark sendiri. Ia menyatakan tidak mempersoalkan dengan pakaian. Ia pun membela kemerdekaan personal bagi setiap orang untuk berpakaian. Intervensi berarti mengarah pada diktator. Inilah yang ditentang di Denmark.”

Asma’ Abdul Hamid -Calon Legislatif memperoleh suara lebih dari 3800 suara pada Nopember tahun lalu, namun tidak berhasil- menyangkal bahwa perdebatan seputar penodaan kartun Nabi di Denmark merupakan awal dari gerakan pelarangan hijab.

Ia menambahkan: “Saya tidak yakin bahwa perdebatan soal hijab berkembang dan mempengaruhi opini umum masyarakat Denmark. Karena hanya Partai Kebangsaan Denmark saja yang mengusung issu ini secara terang-terangan. Padahal partai ini adalah partai kecil. Pondasi demokrasi di Denmark sangatlah kuat. Saya tidak yakin, bahwa seseorang dari warga negara Denmark menerima intervensi dalam kebebasan individu dalam hal berpakaian. Karena ini adalah bagian dari unsur utama kebebasan personal.”

Saya akan berangkat ke Parlemen dengan memakai hijab ini bi idznillah, dan saya akan katakan dengan lantang dan akan bela hak-hak individu langsung di dalam parlemen. (in/ut)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 9.67 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Resmi, Pegawai Sektor Publik di Quebec Kanada Tak Boleh Kenakan Simbol Agama Selama Bekerja

Figure
Organization