Home / Narasi Islam / Wanita / 13 Sifat Perempuan Yang Tidak Disukai Laki-Laki

13 Sifat Perempuan Yang Tidak Disukai Laki-Laki

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Salah satu Pusat Kajian di Eropa telah mengadakan survai seputar 20 sifat perempuan yang paling tidak disukai laki-laki. Survai ini diikuti oleh dua ribu (2000) peserta laki-laki dari beragam umur, beragam wawasan dan beragam tingkat pendidikan. Dari gambaran survai ini, diharapkan menjadi masukan dan pertimbangan sikap para istri dan juga sikap para suami. Sekaligus menjawab pertanyaan para istri selama ini, perihal sebab mengapa para suami mereka lari dari rumah.

Survai itu menguatkan bahwa ada 13 sifat atau tipe perempuan yang tidak disukai laki-laki:

Pertama, perempuan yang kelaki-lakian, “mustarjalah”

Perempuan tipe ini menempati urutan pertama dari sifat yang paling tidak disukai laki-laki. Padahal banyak perempuan terpandang berkeyakinan bahwa laki-laki mencintai perempuan “yang memiliki sifat perkasa”. Namun survai itu justru sebaliknya, bahwa para peserta survai dari kalangan laki-laki menguatkan bahwa perempuan seperti ini telah hilang sifat kewanitannya secara fitrah. Mereka menilai bahwa perangai itu tidak asli milik perempuan. Seperti sifat penunjukan diri lebih kuat secara fisik, sebagaimana mereka menyaingi laki-laki dalam berbagai bidang kerja, terutama bidang yang semestinya hanya untuk laki-laki… Mereka bersuara lantang menuntut haknya dalam dunia kepemimpinan dan jabatan tinggi! Sebagian besar pemuda yang ikut serta dalam survai ini mengaku tidak suka berhubungan dengan tipe perempuan seperti ini.

Kedua, perempuan yang tidak bisa menahan lisannya “Tsartsarah”

Tipe perempuan ini menempati urutan kedua dari sifat yang tidak disukai laki-laki, karena perempuan yang banyak omong dan tidak memberi kesempatan orang lain untuk berbicara, menyampaikan pendapatnya, umumnya lebih banyak memaksa dan egois. Karena itu kehidupan rumah tangga terancam tidak bisa bertahan lebih lama, bahkan berubah menjadi “neraka”.

Ketiga, perempuan materialistis “Maaddiyah”

Adalah tipe perempuan yang orientasi hidupnya hanya kebendaan dan materi. Segala sesuatu dinilai dengan harga dan uang. Tidak suka ada pengganti selain materi, meskipun ia lebih kaya dari suaminya.

Keempat, perempuan pemalas “muhmalah”

Tipe perempuan ini menempati urutan keempat dari sifat perempuan yang tidak disukai laki-laki.

Kelima, perempuan bodoh “ghobiyyah”

Yaitu tipe perempuan yang tidak memiliki pendapat, tidak punya ide dan hanya bersikap pasif.

Keenam, perempuan pembohong “kadzibah”

Tipe perempuan yang tidak bisa dipercaya, suka berbohong, tidak berkata sebenarnya, baik menyangkut masalah serius, besar atau masalah sepele dan remah. Tipe perempuan ini sangat ditakuti laki-laki, karena tidak ada yang bisa dipercaya lagi dari segala sisinya, dan umumnya berkhianat terhadap suaminya.

Ketujuh, perempuan yang mengaku serba hebat “mutabahiyah”

Tipe perempuan ini selalu menyangka dirinya paling pintar, ia lebih hebat dibandingkan dengan lainnya, dibandingkan suaminya, anaknya, di tempat kerjanya, dan kedudukan materi lainnya…

Kedelapan, perempuan sok jagoan, tidak mau kalah dengan suaminya

Tipe perempuan yang selalu menunjukkan kekuatan fisiknya setiap saat.

Kesembilan, perempuan yang iri dengan perempuan lainnya.

Adalah tipe perempuan yang selalu menjelekkan perempuan lain.

Kesepuluh, perempuan murahan “mubtadzilah”

Tipe perempuan pasaran yang mengumbar omongannya, perilakunya, menggadaikan kehormatan dan kepribadiannya di tengah-tengah masyarakat.

Kesebelas, perempuan yang perasa “syadidah hasasiyyah”

Tipe perempuan seperti ini banyak menangis yang mengakibatkan laki-laki terpukul dan terpengaruh semenjak awal. Suami menjadi masyghul dengan sikap cengengnya.

Keduabelas, perempuan pencemburu yang berlebihan “ghayyur gira zaidah”

Sehingga menyebabkan kehidupan suaminya terperangkap dalam perselisihan, persengketaan tak berkesudahan.

Ketigabelas, perempuan fanatis “mumillah”

Model perempuan yang tidak mau menerima perubahan, nasehat dan masukan meskipun itu benar dan ia membutuhkannya. Ia tidak mau menerima perubahan dari suaminya atau anak-anaknya, baik dalam urusan pribadi atau urusan rumah tangganya secara umum. Model seperti ini memiliki kemampuan untuk nerimo dengan satu kata, satu cara, setiap harinya selama tiga puluh tahun, tanpa ada rasa jenuh!

Ketika Laki-Laki Memilih

Dari hasil survai di Eropa itu, dikomparasikan dengan pendapat banyak kalangan dari para pemuda, para suami seputar hasil survai itu, maka bisa kita lihat pendapatnya sebagai berikut:

Sebut saja namanya Muhammad Yunus (36) tahun, menikah semenjak sebelas tahun, ia berkomentar:

“Saya sepakat dengan hasil survai itu. Terutama sifat “banyak omong dan malas”. Tidak ada sifat yang lebih jelek dari perilaku mengumbar omongan, tidak bisa menahan lisan, siang-malam dalam setiap perbincangan, baik berbincangan serius atau canda, menjadikan suaminya dalam kondisi sempit, dan marah, apalagi suaminya telah menjalankan pekerjaan berat di luar, di mana ia membutuhkan ketenangan dan kejernihan pikiran di rumah.

Saya baru mengetahui dari rekan saya yang memiliki istri model ini, tidak bisa menahan lisannya di setiap pembicaraan, setiap waktu dan dengan semua orang. Suaminya telah menasehatinya berulang kali, agar bisa menahan omongan, namun ia tidak menggubris nasehatnya sehingga berakhir dengan perceraian.

Pada umumnya model istri yang banyak omong, itu lebih pemalas di rumahnya. Bagaimana ia menggunakan waktu yang cukup untuk mengurus rumah tangga dan anak-anaknya, sedangkan ia sibuk ngobrol dengan para tetangga dan teman?!.

Jamil Abdul Hadi, sebut saja namanya begitu, insinyur berumur 34 tahun, menikah semenjak 9 tahun, ia berkomentar:

“Tidak ada yang lebih buruk dari model perempuan yang materialistis, selalu menuntut setiap saat, meskipun suaminya menuruti permintaannya, ia terus meminta dan menuntut!!

Tipe perempuan ini, sayangnya tidak mudah menerima perubahan menuju lebih baik, tidak gampang menyesuaikan diri dalam kehidupan apa adanya. Boleh jadi kondisi demikian berangkat dari asuhan semenjak kecilnya. Saya tidak diuji Allah dengan model perempuan seperti ini, namun justru saya diuji dengan istri perasa dan cengeng.

Dengan tertawa Mahmud as Sayyid menerima hasil survai ini, ia berkomentar:

“Demi Allah, sungguh menarik ada lembaga atau Pusat Study yang menggelar survai dengan pembahasan seputar ini. Survai ini meskipun memiki cara pandang dan penilaian yang berbeda-beda, namun terungkap bahwa cara pandang itu satu sama lain tidak saling bertentangan…”

Lain lagi dengan Mahmud, sebut saja begitu. Belum menikah, mahasiswa di universitas. Ia berujar tentang mimpinya, yaitu istri yang akan mendampinginya, ia mengharap:

“Pasti saya menginginkan tidak mendapatkan istri yang memiliki tipe sebagaimana hasil survai di atas. Tetapi mengingat tidak ada istri yang “sempurna”, karena itu saya masih mungkin menerima tipe perempuan di atas kecuali tipe perempuan pembohong. Istri pembohong akan lebih mudah mengkhianati, tidak menghormati hubungan suami-istri, tidak memelihara amanah, tidak bisa dipercaya. Setiap orang pada umumnya tidak menyenangi sifat bohong, baik laki-laki maupun perempuan itu sendiri. Karena akan berdampak negative pada anak-anaknya, karena anak-anak akan meniru dirinya!!.

Ketika ia ditanya tentang tipe perempuan “kelaki-lakian”. Perempuan yang menyerupai laki-laki dalam segala hal dan menyanginya dalam segala hal. Ia berkomentar:

“Tidak masalah berhubungan dengan istri tipe seperti ini, selagi sifat “kelaki-lakian” tidak mengalahkan dan mengibiri sifat aslinya. Selagi ia masih mengemban kerja dan tugas yang sesuai dengan tabiat perempuan, seperti nikah, mengandung, menyusui dan lainnya.”

“Perempuan “kuat” menurut saya akan mengetahui bagaimana ia mengurus kebutuhan dirinya, mengarahkan dan mengatur keluarga dan anak-anaknya. Akan tetapi segala sesuatu ada batasnya yang tidak boleh diterjangnya. Sebagaimana seorang perempuan tidak suka terhadap laki-laki yang “banci”, seperti berbicara dan berperilaku layaknya perempuan. Sebagaimana juga laki-laki tidak suka terhadap perempuan yang mengedepankan sifat kelaki-lakian… segala sesuatu ada batas ma’kulnya. Jika melampaui batas sewajarnya, yang terjadi adalah dampak negatif.

Tidak ada seorang istri yang “sempurna”. Dan memang ada berbedaan cara penilaian dan cara pandang antara laki-laki satu dengan laki-laki lain. Namun ada kaidah umum yang disepakati oleh samua. Yaitu menolak sikap bohong, penipu, sebagaimana yang disebutkan sebelumnya.”

Semoga tulisan ini menambah informasi dan pengalaman buat para istri dan calon istri. Dan tentunya bermanfaat bagi laki-laki, sehingga para suami mampu bermu’asyarah bilma’ruf atau berhubungan dengan istri-istrinya dengan cara makruf, sebagaimana yang digariskan dalam Al qur’an. Allah swt. berfirman:

“Dan bergaullah dengan mereka (istri-istrimu) secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” Al Nisa':19

Dan karena perempuan adalah “syaqaiqur rijal” saudara kembar laki-laki, belahan hidup laku-laki yang seharusnya saling mengisi dan menyempurnakan, untuk membangun “baiti jannati” sehingga keduanya mampu bersinergi untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam pengembaraan kehidupan ini. Allahu a’lam

Redaktur: Ulis Tofa, Lc

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (399 votes, average: 8,31 out of 10)
Loading...Loading...
Ulis Tofa, Lc
  Lahir di kota Kudus, Jawa Tengah, pada tanggal 05 April 1975. Menyelesaikan jenjang pendidikan Tsanawiyah dan Aliyah di Ma’ahid Krapyak Kudus. Tahun 1994 melanjutkan kuliah di LIPIA Jakarta. Program Persiapan Bahasa Arab dan Pra Universitas. Tahun 2002 menyelesaikan program Sarjana LIPIA di bidang Syari’ah.     Semasa di bangku sekolah menengah, sudah aktif di organisasi IRM, ketika di kampus aktif di Lembaga Dakwah Kampus LIPIA, terakhir diamanahi sebagai Sekretaris Umum LDK LIPIA tahun 2002.     Menjadi salah satu Pendiri Lembaga Kajian Dakwatuna, lembaga ini yang membidangi lahirnya situs www.dakwatuna.com , sampai sekarang aktif sebagai pengelola situs dakwah ini.     Sebagai Dewan Syari’ah Unit Pengelola Zakat Yayasan Inti Sejahtera (YIS) Jakarta, dan Konsultan Program Beasiswa Terpadu YIS.     Merintis dakwah perkantoran di Elnusa di bawah Yayasan Baitul Hikmah Elnusa semenjak tahun 2000, dan sekarang sebagai tenaga ahli, terutama di bidang Pendidikan dan Dakwah.     Aktif sebagai pembicara dan nara sumber di kampus, masjid perkantoran, dan umum.   Berbagai pengalaman kegiatan internasional yang pernah diikuti:      Peserta Pelatihan Life Skill dan Pengembangan Diri se-Asia dengan Trainer Dr. Ali Al-Hammadi, Direktur Creative Centre di Kawasan Timur Tengah, pada bulan Maret 2008.    Peserta dalam kegiatan Muktamar Internasional untuk Kemanusian di Jakarta, bulan Oktober 2008.    Sebagai Interpreter dalam acara “The Meeting of Secretary General of International Humanitarian Conference on Assistanship for Victims of Occupation” bulan April 2009.    Peserta  Training Asia Pasifik “Curriculum Development Training” di Bandung pada bulan Agustus 2009.    Peserta TFT Nasional tentang Problematika Palestina di UI Depok, Juni 2010 dll.     Karya-karya ilmiyah yang pernah ditulis:      Fiqh Dakwah Aktifis Muslimah (terjemahan), Robbani Press    Menjadi Alumni Universitas Ramadhan Yang Sukses (kumpulan artikel di situs www.dakwatuna.com), Maktaba Dakwatuna    Buku Pintar Ramadhan (Kumpulan tulisan para asatidz), Maktaba Dakwatuna    Artikel-artikel khusus yang siap diterbitkan, dll.     Sudah berkeluarga dengan satu istri dan empat anak; Aufa Taqi Abdillah, Kayla Qisthi Adila, Hayya Nahwa Falihah dan Muhammad Ghaza Bassama. “Bermanfaat bagi Sesama” adalah motto hidupnya. Contak person via e-mail: ulistofa-at-gmail.com  atau sms 021-92933141.

Lihat Juga

Ilustrasi. (salamstock.com)

Perjuangan Hidup Janitra

  • tabah

    saya terkesan dengan ulasan tentang wanita dan sifat jeleknya. bagaimanapun juga, suami yang bijak dapat mengarahkan istri untuk tidak memiliki sifat-sifat yang disebutkan tadi secara berlebihan sehingga keharmonisan kehidupan rumah tangga insya Allah tetap terpelihara.

  • endah

    artikel yang mengingatkan kite wanita, sapatau ga ngerasa ternyata iya.. yang dah bersuami juga yang akan bersuami, mudah-mudahan bisa dijadikan pelajaran.

  • Abu Yandri

    Ustadz Ulis Tofa,

    Tulisannya sangat bermakna, semoga dijadikan iktibar bagi kita semua. Amin.

    Jazakumulloh hairon katsiron.

  • Sinta

    Bagus nih. Tapi kalau bisa ada "kebalikannya", yaitu "13 Sifat Laki-Laki Yang Tidak Disukai Perempuan". Biar seimbang gitu loh… :)

  • http://dakwatuna putra al-banna

    Subhanallah…! buat para ummahat artikel ini cukup bagus sekali agar mereka bisa mensikapi atas berbagai masalah yang hinggap pada suami2 mereka….

    Jazakallah khair buat Ustadz. Ulis Tofa. Lc

  • prihatin

    Menurut saya – yang memang masih dalam taraf belajar- sebaik2nya sebuah hubungan dan tentu tidak hanya terbatas dalam sebuah perkawinan saja, harus didukung oleh sikap bertoleransi, saling menghargai, menghormati, mengakui eksistensi pihak lain dan tahu tempatnya masing2. Apalagi dalam sebuah perkawinan. Menyatukan dua kutub yang berbeda tentu tidak mudah. Dan saya tidak sepakat kalau pak Ustadz hanya membidik wanita saja. Kesannya seolah2 kalau terjadi perceraian kesalahan berasal dari wanita. Wualaaaa…. pak Uztadz jangan sentimen begitu dong…! Masalah pembohong, mau menang sendiri, materialistis, malas, fanatis dlsbnya bukan hanya melekat pada wanita saja. Laki2 juga banyak memiliki sifat itu. Nah…, kalau laki2nya seperti itu bagaimana pertanggungjawabannya? Bagaimana konsekuensinya? Jadi menurut saya, masalah karakter spt itu lebih didasari dari latar belakang kehidupan masing2. Perjalanan hiduplah yang sebenarnya bisa membentuk kita menjadi manusia yang berjiwa besar, sabar, toleransi atau sebaliknya, mau menang sendiri, sombong, kikir, berburuk sangka, dlsbnya. Jadi, apapun watak yang kita bawa adalah pilihan dan kemauan kita sendiri. Sehingga, kalau terjadi sesuatu yang buruk pada diri kita atau hubungan kita dengan orang lain, kewajiban kitalah bertanya pada diri kita sendiri. Mungkin sebaik2nya yang kita bisa lakukan untuk mencegah hal2 yang mudharat adalah berkontemplasi, introspeksi, perbaikan diri, agar pondasi sebuah hubungan tetap solid. Begitukan pak Ustadz? Terima kasih dan wassalam.

  • http://www.dakwatu.com Anita

    saya sangat terkesan artikel ini, sebagai manusia tidak ada yg sempurna,begitupun seorang wanita,tp patut laki2 tau bahwa pengorbanan wanita sangatlah besar dlm kehidupan ini,dimana ia harus mengandung,melahirkan,menyusui dsbgnya.

  • henri

    Email yang sangat bagus, dan perenungan bagi wanita, karena memang wanita ideal harus sperti itu, akan tetapi akan lebih adil jika mohon ada artikel yg sama buat laki-laki, karena banyak dari kalangan wanita yg menanyakan hal yg sama

  • Aris Dwi

    nasihat yang baik semoga bukan hanya tuk wanita, tapi juga pria dapat mengambil kebaikannya. tapi adakah yang mau mempromosikan/mengiklankan situs ini agar yang mendapat kebaikan juga termasuk mereka yang masih hidup dalam kejahilian?

  • lesourire

    Assalamou'alaikoum ya….ustadz, syukron infonya, subhanallah, sangat bermanfaat, tapi apakah hasil penelitian tsb valid dan reliable? dan 2000korespondentnya apakh org2 yang bijak dan faham akan eksistensi wanita dalam Islam? karena saya tahu setidaknya dan berinteraksi dengan tmn2 Eropa baik laki2 dan perempuan, dan sy mempunyai penilaian sendiri ttg laki2 Eropa meskipun dia Muslim. hanya Allah SWT sajalah yang lebih mengetahui hambanya….terus berda'wah dengan sebijak-bijaknya,wassalam

  • http://yahoo.com cucum

    ana setuju. minmal akhwat bisa intropeksi diri gitu!

  • fauzi

    semoga menjadi pembelajaran untuk menjadi insan yang baik untuk kebaikan umat

  • Abu Anas

    Sesungguhnya Allah SWT yang menciptakan dunia beserta isinya adalah Al Kholiq,yang tidak punya kepentingan sama sekali terhadap makhluknya, yang dalam membuat hukum, yang dalam membuat aturan, tidak memihak laki laki ataupun perempuan…..

  • ishmah

    tlg berikan rubrik chatting

  • Yulis

    Asw,subhanallah artikel ini dpt mjd introspeksi diri bwt semua akhwat,mdh2an qt semua dpt menjadi akhwat sejati.

  • niza

    assalamualaikum………… pak ustadz kapan bahasan hal-hal yang tidak di sukai dari ikhwannya…..jangan dari akhwat doang dunk………..biar adil getooooo syukran

  • caca

    iya bener tu, bagus banget artikelnya, membuat wanita2 berusaha menjadi lebih baik. tapi sebaiknya buat yang laki-laki juga dibuat. selama ini lebih banyak "complain" untuk para wanita, sedangkan laki2 tidak. padahal sebenernya semua juga punya kekurangan yg sama. begitu,,

  • Pingback: 13 Sifat Perempuan yang Tidak disukai laki-laki « AbiYasa()

  • Pingback: 13 Sifat Perempuan Yang Tidak Disukai Laki-Laki « Oregade()

  • Ery Santoso

    Ass.wr.wb. Semoga tulisan ini dapat membawa manfaat bagi kita. Sebaiknya juga terdapat tulisan "sifat-sifat laki-laki maupun perempuan yang tidak disukai Alloh" yang bersumber pada Al Qur'an dan Hadist yang dapat digunakan bagi kita hamba Alloh baik laki-laki maupun perempuan untuk introspeksi diri. Insya Alloh akan lebih besar manfaatnya bagi kita semua. Amin. Wass.wr.wb.

  • Pingback: 13 Sifat Perempuan Yang Tidak Disukai Laki-Laki « Alumni SMA 1 Kota Solok 2002()

  • almito

    ass.wr.wb.semoga tulisan ini dapat membawa manfaat bagi kita.saya suka dengan pendapat ustad.

  • aldi

    iya benar tu,perempuan itu harus sadar tapi laki2 jangan sewenangya pada perempuan..ya ngak ustad???

  • http://dakwatuna.com ozi

    nah…makanya para akhwat kudu perhatikan tuu..!jangan sampai seperti itu,bisa bahaya bener gak ustadz…?

  • akhria

    assalamualaikum..
    jazakallah..alhamdulillah..hehe

  • http://http://www.dakwatuna.com/2008/13-sifat-perempuan-yang-tidak-disukai-laki-laki/ akhe

    tulisan yang sangat berguna bukan hanya untuk akhwat tapi ikhwan juga terutama yang akan menikah. Hatur Nuhun..

  • http://http//.puri.@yahoocom puri

    saya masih perjaka tapi saya blum punya seorang kekasih,yang saya tanyakan adalah bagai manakah cara saya untuk mendapatkan seorang wanita tanpa ada harus kekurangan….

  • http://http//.puri.@yahoocom puri

    ada ga ulasan tentang wanita soleh ..

  • http://www.friendster.com/ndunana ndu nana

    " Suami menjadi masyghul dengan sikap cengengnya"

    masyghul apa si?

  • CHERIL

    terima kasih karena rtikel yang anda tampil kan begitu mudah untuk saya jalan kan
    dan insallah saya akan belajar untuk lebih baik

  • sukocomulyo

    ada satu lagi mbah, sifate wong wedok sing paling gak disenengi karo wong lanang yoiku : seneng mbawel , amergo cangkeme loro.

  • aini ummu alif

    Astaghfirullah…betapa banyak dari kita yang terlalu banyak menuntut lebih dari pasangan kita, sementara kita sendiri tidak mau bersabar dalam memperbaiki diri. padahal janji Allah pasti benar bahwa yang baik dapat yang baik dan sebaliknya… So, ayo kita berlomba- lomba dengan pasangan kita to saling memperbaiki diri, saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran…bismillah…

  • malik amrullah

    dalam hidup memang tidak ada yang sempurna, tetapi bagaimana sikap kita bisa menyayangi dengan sempurna, karena klo kita evaluasi diri ada beberapa hal dari sifat lelaki yg kurang disukai bahkan dibenci oleh wanita

  • Almira Inaya

    subhanallah…

    saya akui bahwa saya bukanlah wanita sempurna…

    tapi saya selalu berharap menjadi wanita muslimah yang dapat menghidari semua sifat-sifat tersebut…Amin…

    terutama sombong dan egois…

    namun bagi para laki-laki pun seharusnya mampu memahami keadaan sang istri sebagai wanita yang dipilihkan Allah untuknya sehingga sang suami dapat membina istri dan keluarga dengan baik…

    karena bagaimanapun, suami tetaplah manusia tertinggi dalam sebuah keluarga…

    Insya Allah…

  • tinOOng

    Assalamu'alaikum…..

    sebenar na bagus se artikel ini memberitahukan kepada semua wanita yg belum tau sifat wanita yg tidak disukai pria….tapi akan lebih adil kalo di survei juga sifat pria itu gimana….

    saya rasa akan lebih banyak terlihat keburukan na…..

    So…mulai sekarang survei donk sifat2 pria yg banyak menjengkel kan wanita……..

  • dena

    semua laki2 dan perempuan itu pasti ada persmaan, kelebihan & kekurang. makanya Allah menciptakan manusia itu berbeda kalau sama semua tidak indah dunia ini.

  • andi

    yaaaaaaaaaaaaahhhhhhhh

    artikelnya………..
    bagus bgt, gue suka,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

  • farida

    Alhamdullilah, masukan buat kami kaum perempuan untuk bisa menjaga diri ya. Semoga kaum perempuan bisa menjaga lisan dan selalu terlindungi dari sifat-sifat buruk setelah membaca hasil survey. Tentunya yang lebih penting bersikap baik karena mohon ridho-Nya bukan karena survey ini semata.

  • Pingback: Sifat Perempuan Yang Tidak Disukai Laki-Laki « Learning by Doing()

  • Dulloh Abdullah

    artikel yang dapat membuka pengetahuan sehingga kalau kita belum mempunyai istri dapat dijadikan sebagai bahan rujukan, tapi bila kita telah memiliki istri dapat dijadikan sebagai bahan pembanding ada dalam kelompok manakah isri kita?

  • WINDY

    Sangat2 setuju, yg pasti sy tidak suka perempuan yg suka banyak ngomong dan suka ngerumpi.
    Salam hangat dr keluarga…………

  • inai medina

    subhanallah

    ana terkesan ma artikel ini.. karna sekarang banyak wanita yang mengabaikan hal tsb.

  • http://submarinejaniarti.blogspot.com janiarti

    subhanallah sekali…yach?? alhamdulallah bkankah suatu keluarga ataupun negra apabila didampingi para perempuan yang benar,berilmu pasti dlm keluarga atau negra tersebut akan baik jg…pengetahuan ini bertambah bgt bwt Qt para perrempuan khusus nya bagi pra erempuan ang baru beranjak di rmh tanggamakasi

  • http://submarinejaniarti.blogspot.com janiarti

    knp yah? di negara kita indonesia para wanita na mau saja jadi objek para laki-laki? coba kita lihat di mana2,dr pkaian,lipstik na cra mrkabcara g bgt mngambarakan so2k wnita muslimah.walau mrka beragama islam!kita terpengaruh oleh budaya israel,zionis kristen saya harap jgn mw dijadikan objek pemuas nafsu para kaun adam yg tdk mw bertangung jwb,jdilah wanita2 muslim yg tnduk akan kta suami yg bnar,jgn durhaka dari itulah baik tidak nya negara atau kluarga kita,artikel ini baik sekali untuk kita para kaum hawa

  • rini

    Asw. syukron untuk ustadz ulis tofa ats tulisannya yg insyaallah sngt bermanfaat utk pembaca dakwatuna khusnya utk ana,byak bangt ibro yg dpt di ambil khususnya untuk para akhwat. Utk kdpnnya ttp mnghasilkan karya-karya yang bermanfat…HAMASAH !!!!!

  • ummu_hanif

    wah kok kebalikan dengan suami ane yang menginginkan istrinya serba bisa sedangkan dia tinggal perintah “Mi….” kemudian belum selesai dikerjakan terdengar lagi “Mi…”

  • rizki

    artikel menarik sebenarnya..
    yg saya heran.. ini kan studi di eropa.. kok istilah dan namanya banyak bhs arab.. apa studinya terhadap muslim eropa?

  • Nofri

    Asslm….

    Semoga dengan adanya hasil survei ini, setidaknya bisa menjadi acuan dan pegangan buat melangsungkan ke jenjang yang lebih serius. Amin.

    Semoga BERMANFAAT…

  • Abdullah Shinar Al Ghuraba’

    Assalamaualaikum. wr.wb, terlepas dari sisi negatif seorang wanita, toh banyak pula nilai positif yang tersimpan pada diri seorang wanita. perlu kita ketahui berdasarkan sabda Nabi kita Muhammad SAW, bahwasannya wanita itu memang seperti tulang rusuk yang bengkok, hanya dengan kelembutan lah ia bisa terluruskan dan wanita pula yang pernah di gambarkan oleh Rasulullah adalah seseorang yang sedikit agamanya ( H.R Tirmidzi), waallahu a’lam. jadi wajar saja klo wanita itu seperti itu, nah bagamana tinggal seorang imam (laki2 ) yang meluruskan dan membimbingnya, tentunya dengan ‘ilmu agama yang benar. wasssalamualaikum.wr.wb

  • http://takaful99.blogspot.com rusni

    Trims infonya, maka doa bercermin adlh “Ya Allah, tks KAU telah baguskan wajahku, baguskan pulalah sifatku. Amin.

    Akan tetapi klo para lelaki hanya memilih wanita yang bersifat “sempurna” lalu kemana :saling isi mengisi? saling menutupi kekurangan? dan sebagai imam yg memperbaiki, dmn tantangannya? padahal sunnatullah hrskan adanya kekurangan agr manusia trs perbaiki diri.

  • Lia

    Assalamu’alaikum wr wb
    Saya setuju dengan apa yang dikatakan oleh ustz. sekalian sayapun bercermin, tetapi dalam hal ini kenapa hanya sifat wanita saja, toh terkadang laki-laki mempunyai sifat seperti yang Ustz sampaikan. Jadi menurut ana bagaimana kita menyikapinya saja dengan bijaksana dengan hati yang tenang dan selalu berprasangka baik.Waalahu Alam Bishowab . Waasalamu’alaikum wr.wb

  • sofwilwidad

    assalaamualikum wr,wb
    subhanallah…artikelnya luar biasa…saya merasa berkaca dan kemudian tertonjok…terlepas dari subjektifitas ataupun enggak.yah mudah2an bisa jadi pelajaran buat masa depan saya insya Allah. thx for dakwatuna

  • shinta

    Sifat2 wanita seperti itu tidak terbentuk dengan sendirinya. Sering kali kerasnya kehidupan yg membuat dia begitu. Demi untuk bertahan. Sangat mungkin sifat2 buruk itu terbentuk, malah setelah dia menjalani kehidupan rumah tangga dengan suami yang tidak amanah.Laki-laki yg bijaksana sepatutnya mengerti hal2 semacam itu, tidak hanya mau dapat yang enak saja.

  • rhesta

    …subhanallah ya..
    Artikel & coment2 di atas Insya Allah sngat bermanfaat bg saya.
    Apalagi saya sangat setuju dengan suatu kalimat kunci bahwa “adanya laki-laki untuk melengkapi wanita,, dan adanya wanita untuk melengkapi laki-laki”.
    Intinya, konsep adaptasi sangat berperan penting dalam membina sebuah keluarga!

    Insya Allah kita semua mendapat jodoh yang terbaik untuk dunia-akhirat. Amin.

  • juli

    tidak ada manusia yang sempurna.dan memang itu semua dalah sifat wanita.tapi dibalik semua sifat itu pasti da sifat yang positif yang kita semua tau.dan mengapa cuma sifat buruk wanita saja yg disurvai gimn dengan dengan keburukan sft laki2.dan walaupun banyak buruknya tetap SURGA DITELAPAK KAKI IBU.

  • emmy

    aku sih ngak mau kasih komentar , hanya saja aku mau berbagi cerita bs ngk

  • pak kumis

    semua uraiannn banyak benarnya,,,,semoga kaum perempuan pada menyadari agar terhindar dari bahaya,,,,kehancuran rumah tangga,,,aminnn,,,tks , wasalamu alaikum wr wb.

  • http://www.suffindo.com dwietea

    tidak ada manusia yang sempurna.dan memang itu semua dalah sifat pria.tapi dibalik semua sifat itu pasti da sifat yang positif yang kita semua tau.dan mengapa cuma sifat buruk pria saja yg di espos gimn dengan dengan keburukan sft manita.dan walaupun banyak buruknya tetap SURGA DITELAPAK KAKI IBU.ok dech

  • Imron

    Menurut saya, artikel itu sangat bagus karena sifat wanita itu harus di beritahukan ke publik agar wanita yang memiliki sifat-sifat itu, bisa mengintropeksi diri.
    Saya senang pak ustadz bisa memberikan keterangan yang jelas tentang sifat-sifat wanita yang tidak di sukai para pria.
    Sukses terus ustadz.
    Wasalam….

  • Dessy Adami

    Subhanallah… Saya rasa Artikel ini dapat segera membuka mata para wanita yang membacanya menjadi bercermin dan langsung intropeksi diri…semoga artikel ini dapat membawa perubahan bagi semua para wanita..!!!

  • http://friendster fanny

    allhamdulilah

  • Sari

    Perlu disampaikan juga apa yang perempuan harapkan dari laki-laki shg tidak ada kesan bahwa Islam sangat paternalistik dan gender unjustice.

  • unil

    mudah-mudahan kita terhindar dari sifat-sifat negatif… walau no body perfect, tp berusaha tuk lebih baik … inya Alloh …

  • MR.X

    Tidak semua perempuan memiliki sift seperti itu. Kenapa hanya perempuan saja yang sering anda teliti dan komentari? Bukankah kita kaum laki-laki yang tidak mahasempurna juga memiliki 13 sifat itu. Sok hebat misalnya. Pencemburu dan berlebih-lebihan. Kita sebagai makhluk Ciptaan Allah yang tak sempurna seharusnya menghargai ketidaksempurnaan ciptaan lain. Apalagi wanita adalah pasangan hidup kita.

  • http://rachavidya.blogspot.com Rachavidya

    nice, ilmiah dari survei

  • andri

    membuka mata tuk lebih intropeksi diri

  • indah

    Q se7 bgt deh tentang pendapat di atas cz sebenarnya Q bukanlah anita yang srba feminim yang seharusnya wanita muslimah harus punya kriteria ini, bissa dibilang Q agak tomboy tp tergantung mood sieh…………….hehehe Q jg kadang suka latah sok jagoan thd laki2 ini hanya refleks n tanpa kusadari cz selama ini Q belajar olga beladiri taekwondo. Q pengen berubah agak slow bs gak ya…. tp susah…………….hehehe kira2 Q dpt jodoh kyak apa ya??? hehehe tatut………..

  • http://faras Tiara

    Allhamdullilah

  • http://artherta.multiply.com arthesa

    subhanallah..
    semoga dengan solat, dzikir dan berpuasa dapat merubah sifat buruk seseorang.. amiin..

  • secte

    Wanted :
    Wanita Muslimah penggenap separu Dien.

  • http://coba23.wordpress.com/ akbar

    Manthap banget ini, sesuai dengan pemikiran saya, izin sebarkan ya :-)

  • ana

    Assalamu’alaikum,,,
    lalu bagaimana caranya melatih agar 13 sikap tersebut dapat diminimalisir oleh pr akhwat?

  • eva

    oks bangat deh. ebook ya … nanti q mau baca semuanya . gar tambah pengetahuan qu.
    thanks ya….

  • oche

    Bagaimana jadinya jika seorang istri malas. pendusta juga banyak omong, karena begitu kompleks tugas seorang istri apalagi jika sudah jadi ibu.Kalau masalah sifat yang agak sedikit mirip laki – laki saya setuju karena kadang dibutuhkan juga.

  • http://www.ukhtiesta.multiply.com Esta

    Bagus bgt artikel’y..
    Minta izin ya kalo ada artikel yg bgus2, izin dpost dtempat lain..
    SyuKRoN..

  • Vita

    Ass, wah ini perlu diperhatikan bagi para wanita muslimah, terutama yang masih muda…

    • opik th

      maaf, ya.. semoga ga cuma diperhatikan az.. tapi, just do it.. :)

    • Hamba Allah

      yang tua juga dong.he

  • Vni

    Tidak ada kata terlambat untuk berubah bagi kaum perempuan yang memiliki sifat-sifat seperti diatas.

  • yanti

    amin, informasi ini sangat penting buat kelanggengan rumah tangga kami..thanks

  • Sujana

    makasih ya…moga bnyak kaum perempuan yg membaca

  • Zulis

    Lalu apa yang hruz dilakuin biar prempuan bisa menjadi prempuan sejati ?

  • fia

    izin sebar yaa…

  • surya

    menjadi seorang wanita harus amanah,apalagi kalau egois susah ya selesaiin masalah??tapi bukan saja untuk wanita lelaki pun demikian

  • tami

    aslm syukron ust, insya Allah dengan pengetahuan ilmu ini menjadikan ane wanita yang sholeha yang bisa menjadi pendamping yang baik bagi pendamping ane bila ditakdirkan menikah nanti,amien

  • tami

    ust mohon izin tuk di copy yah, syukron

  • Supri

    Assalamu’alaikum ijin share tadz

  • gusti dejavas

    ~assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuhu….ana sowan ustad,,
    mau nyari ngilmu niki,,,,,,,,,

  • ibnu

    Mohon izin untuk share linknya.. terima kasih.

  • ibnu

    mohon izin untuk share linknya, terima kasih.

  • gia andriani

    alhamdulillah…..mudah2n bisa menjadi masukan untuk saya agar menjauhi dari sifat2 seperti itu…sehingga menjadi keluarga yang sakinah,mawaddah dan warahmah.Amiiien…..

  • hafidh

    ijin ikut memasang di blog mas

  • Evi

    makasih banyak…sbg pengingat buat kami…izin share..

  • amel..

    oh gitu ya…

  • reret

    makasih…….
    dari bacaan di atas kita bisa belajar,,,,,,
    dan mengerti
    apa itu lelaki,,,

  • Pria Biru

    Ini bagus buat disebarkan…mohon ijin di copas ya Pak…terima kasih banyak

  • lina isna

    itu sifat manusiawi x..
    para lelaki pun pasti mmliki sfat sperti itu..
    para wanita pun jelas tdak mnyukainya…

  • tri

    bukan dendam pribadi, kan pak :)

  • Arni

    mkasi sarannya…

  • mhaya

    mksih iia atas bcaan d’ats,
    dr snilah aq mlai tahu dn mlai bljar utk mengrti gmna sfat yg tdk d’skai para lelaki.

  • http://pulse.yahoo.com/_7HPNC6KX4OLLKTF4RKXYER4WGI Sri

    Assalamualaikum…izin share ya…syukron

  • http://pulse.yahoo.com/_7HPNC6KX4OLLKTF4RKXYER4WGI Sri

    Assalamualaikum…izin share ya…syukron

  • robiatul munawwarah

    apa yg hrus dlakukan perempuan agar laki2 bs mmahami prasaan perempuan . ?

  • Suci Muslim

    bagus sekali.. izin share.. jaazakallah

  • Ayuseptin

    izin share ya..

  • Euydimaz

    ijin copast yea…

  • Haryono

    Assalamu’alaikum…ada berapa banyak sifat laki-laki yang tidak disukai perempuan? Bagus untuk diposting karena perempuan juga memiliki hati dan otak, rasa dan logika, bukan robot yang harus diprogram untuk memuaskan pemiliknya. Pernikahan adalah interaksi antara perempuan dan laki-laki…

    • Fridarangkuti

      seju banget……………………………………………………………100

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=1392861938 Wahyu ‘kimchi’ Widodo

    semoga bermanfaat

  • Fridarangkuti

    lalu kenapa perempuan aja dibahas kenapa tidak sekalian laki2 juga?

  • Dina Holmes

    tapi bgmana dengn perempuan yg penmpilan luarnya sj yg mendkti cowok tp sifatnya ke ibuan….???????????

  • Ikram

    Bagaimana dengan sifat laki-laki yang tidak disukai perempuan

  • Uncul

    no 11 dan 13 byk di fesbuk hehe

  • http://www.facebook.com/ucip.agoes Ucip Agoes Soetjipto

    (y)

  • Candra Adi Putra

    s (36) tahun, menikah semenjak sebelas tahun, insinyur berumur 34 tahun, menikah semenjak 9 tahun tolong diperhatikan baris ini,. masa mereka menikah sejak umur 9 tahun dan 11 tahun? coab sipenerjemah perhatikan lagi.. mungkin yang dimaksud adalah “menikah sejak 9 tahun yang lalu” dan ” menikah sejak 11 tahaun yang lalu”. lkalau menterjemahkan yang teliti dong

    • Lalu M.Hd.

      Gak penting itu masbro.. orang udah pada ngerti kok. lagian kan gak dibilang “menikah sejak berumur 9 atau 11 tahun…”.
      Piis masbro.. :)

    • Hamba Allah

      Betul bro. Ketelitian itu penting.

  • Monica Novianti

    jujur yee,sebenarnya gue gak terlalu peduli sifat gue disukai oleh laki-laki apa kagak. yang penting ialah berusaha memastikan bahwa apa yang gue lakukan jangan sampai membuat Sang Maha Pemberi Cinta alias Allah SWT murka. Tidak disukai oleh Allah SWT itu jelas amat sangat jauh lebih berbahaya daripada tidak disukai laki-laki,sob :)

    • Hamba Allah

      Intinya Mbak Monica Noviati bukan tipe2x perempuan2x diatas…:)

      • Monica Novianti

        :)

        • Hamba Allah

          (Y)….. mantebb

  • yunita

    Menurut sy sifat itu sdh ad dasarx sbg individu, latar belakang pendidikan, n klrg n lingkungan pengaruh bsr, tp istri kdg bs brubah karakter krn dari suami, suamix sifatx bgaimna dulu, ad yg istri d marah dg keras tkut n brubah ada sifat istri kl d marah tambah menjadi2.. tertantang untuk mlawan, yg harus menyesuaikan keadaan n sifat2 individux, gk bs telan mentah2 pendapat d atas, kl suamix gk btanggung jwb tus istrix man iya2 aj gmn dong? Trgantung situasix aj