Home / Keluarga / Pendidikan Anak / Pengaruh Nama Pada Anak

Pengaruh Nama Pada Anak

dakwatuna.com Para ahli sosiologi berpendapat bahwa nama yang berikan orangtua kepada anaknya akan mempengaruhi kepribadian, kemampuan anak dalam berinteraksi dengan orang lain, dan bagaimana cara orang menilai diri si pemilik nama.

Banyak alasan dan pertimbangan para orangtua dalam memilihkan nama anak. Ada yang menyukai anaknya memiliki nama yang unik dan tidak ‘pasaran’. Mungkin mereka tidak suka membayangkan ketika nama anaknya dipanggil di depan kelas, ternyata ada lima orang anak yang maju karena kebetulan namanya sama. Ada yang lebih suka anaknya memiliki nama yang singkat dan mudah diingat. Orangtua seperti ini akan beralasan, “Toh nanti anakku akan dipanggil dengan nama bapaknya di elakang namanya.” Walaupun pernah kejadian orang Indonesia yang diharuskan mengisi suatu formulir di negara Eropa agak kebingungan karena diharuskan mengisi kolom nama keluarga. Padahal sebagaimana juga kebanyakan orang Indonesia, nama yang ada di kartu indentitasnya hanya nama tunggal, tanpa nama keluarga atau bin/binti.

Beberapa orangtua lain memilihkan nama yang megah untuk buah hati mereka. Sementara bagi kalangan tertentu ada kepercayaan jika anak ‘keberatan nama’ nanti bisa sakit-sakitan. Sebagian orang ada yang menganggap nama sebagai sesuatu yang biasa, sekedar identitas yang membedakan seseorang dengan yang lain. Ada lagi yang memilihkan nama untuk anaknya berdasarkan rasa penghargaan terhadap seseorang yang dianggap telah berjasa atau dikagumi. “As a tribute to,” demikian alasannya.

Sebagai orangtua, kita perlu tahu makna dari sebuah nama dan mempertimbangkan yang terbaik untuk anak kita. Bayangkan bahwa anak kita akan menyandang nama tersebut sejak tertulis di akte kelahiran, hingga di hari akhir nanti.

Bagi umat muslim, nama adalah doa yang berisi harapan masa depan si pemilik nama. Para calon orang tua yang peduli tidak hanya berusaha memilih nama yang indah bagi anaknya, tapi juga nama yang memiliki arti yang baik dan memberikan dampak atau sugesti kebaikan bagi anak. Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam buku Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam menyebutkan beberapa hal penting tentang pemberian nama kepada anak.

Menurut beliau kita para orangtua hendaknya:

1. Memberikan nama segera setelah bayi dilahirkan. Lamanya berkisar antara sehari hingga tujuh hari setelah dilahirkan. Dalam sebuah hadits Rasulullah saw. bersabda, “Tadi malam telah lahir seorang anakku. Kemudian aku menamakannya dengan nama Abu Ibrahim.” (Muslim).

Dari Ashhabus-Sunan dari Samirah, Rasulullah saw. bersabda, “Setiap anak itu digadaikan dengan aqiqahnya. Disembelihkan (binatang) baginya pada hari ketujuh (dari hari kelahiran)nya, diberi nama, dan dicukur kepalanya pada hari itu.”

2. Memperhatikan petunjuk pemberian nama, dengan mengatahui nama-nama yang disukai dan dibenci. Ada pun nama-nama yang dianjurkan Rasulullah saw. adalah:

  • Nama-nama yang baik dan indah. Rasulullah saw. menganjurk, “Sesungguhnya pada hari kiamat nanti kamu sekalian akan dipanggil dengan nama-nama kamu sekalian dan nama-nam bapak-bapak kamu sekalian. Oleh karena itu, buatlah nama-nama yang baik untuk kamu sekalian.”
  • Nama-nama yang paling disukai Allah yaitu Abdullah dan Abdurrahman.
  • Nama-nama para nabi seperti Muhammad, Ibrahim, Yusuf, dan lain-lain.

Sedangkan nama-nama yang sebaiknya dihindari adalah:

  • Nama-nama yang dapat mengotori kehormatan, menjadi bahan celaan atau cemoohan orang.
  • Nama yang berasal dari kata-kata yang mengandung makna pesimis atau negatif.
  • Nama-nama yang khusus bagi Allah swt. seperti Al-Ahad, Ash-Shamad, Al-Khaliq, dan lain-lain.

Pengaruh nama pada anak

Orangtua seharusnya berusaha memberikan sebutan nama yang baik, indah dan disenangi anak, karena nama seperti itu dapat membuat mereka memiliki kepribadian yang baik, memumbuhkan rasa cinta dan menghormati diri sendiri. Kemudian mereka kelak akan terbiasa dengan akhlak yang mulia saat berinteraksi dengan orang-orang disekelilingnya.

Anak juga perlu mengetahui dan paham tentang arti namanya. Pemahaman yang baik terhadap nama mereka akan menimbulkan perasaan memiliki, perasaan nyaman, bangga dan perasaan bahwa dirinya berharga.

Bagi lingkungan keluarga, adalah hal yang penting untuk menjaga agar nama anak-anak mereka disebut dan diucapkan dengan baik pula. Sebab ada kebiasaan dalam masyarakat kita yang suka mengubah nama anak dengan panggilan, julukan, atau nama kecil. Sayangnya nama panggilan ini terkadang malah mengacaukan nama aslinya. Nama panggilan ini kadang selain tidak bermakna kebaikan juga bisa mengandung pelecehan. Hal ini kadang terjadi karena nama anak terlalu sulit dilafalkan, baik oleh orang-orang disekitarnya bahkan bagi sang anak sendiri.

Nama yang terdiri dari tiga suku kata atau lebih akan membuat orang menyingkat nama tersebut menjadi satu atau dua suku kata. Misalnya Muthmainah akan disingkat menjadi Muti atau Ina. Sedangkan nama yang memiliki huruf ‘R’ biasanya akan lebih sulit dilafalkan anak yang cenderung cedal pada usia balita. Maka nama-nama seperti Rofiq (yang artinya kawan akrab) akan dilafalkan menjadi Opik, nama Raudah (taman) dilafalkan menjadi Auda.

Nama yang unik dan berbeda apalagi megah, mungkin memiliki keuntungan tersendiri. Namun nama yang demikian dapat menyebabkan beberapa masalah. Nama yang sulit diucapkan dapat membuat orang-orang sering salah mengucapkan atau menuliskannya. Ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa orang sering memberikan penilaian negatif pada seseorang yang memiliki nama yang aneh atau tidak biasa. Dr. Albert Mehrabian, PhD. melakukan penelitian tentang bagaimana sebuah nama mengubah persepsi orang lain tentang moral, keceriaan, kesuksesan, bahkan maskulinitas dan feminitas. Dalam pergaulan anak yang memiliki nama yang tidak biasa mungkin akan mengalami masa-masa diledek atau diganggu oleh teman-temannya karena namanya dianggap aneh. Pernah mendengar ada seseorang yang bernama Rahayu ternyata seorang laki-laki?

Jika ingin menamai anak dengan nama orang lain, ada baiknya memilih nama orang yang sudah meninggal dunia dan telah terbukti kebaikannya. Jika orang tersebut masih hidup, dikuatirkan suatu saat orang tersebut berubah atau mengalami kehidupan yang tercela. Sudah banyak contoh orang-orang yang pada sebagian hidupnya dianggap sebagai orang besar, ternyata di kemudian hari atau di akhir hayatnya digolongkan sebagai orang yang banyak dicela masyarakat. Kita harus menjaga jangan sampai anak kita menanggung malu karena suatu saat dirinya diasosiasikan dengan orang yang tidak baik.

Beruntunglah kita, karena di Indonesia nama-nama Islami sangat biasa dan banyak. Sehingga tidak ada alasan merasa malu atau aneh memiliki nama yang Islami. Hanya saja mungkin dari segi kepraktisan perlu dipertimbangkan nama anak yang cukup mudah diucapkan, tidak terlalu pasaran tapi tidak aneh, dan sebuah nama yang akan disandang anak kita dengan bangga sejak masa kanak-kanak hingga dewasa nanti. Wallahu alam.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (143 votes, average: 9,08 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Anna Mariani Kartasasmita, S.H. M.Psi
Ibu dari 4 orang anak ini memiliki latar belakang pendidikan dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1995) dengan skripsi berjudul "Penetapan Waris di Pengadilan Agama". Lalu melanjutkan studi ke Magister Pasca Sarjana Fakultas Psikologi di Universitas yang sama (2007) dengan judul tesis "Pengaruh Individualisme-Kolektivisme, Self-Konstrual, dan Ideologi Jender terhadap Gaya Konflik Personal". Aktif di berbagai organisasi, antara lain pernah di amanahkan di Senat Mahasiswa FHUI (1991), BPM FHUI (1992), Yayasan Al-Fath (1992-1995), dan Ketua Keputrian FHUI (1994). Moto hidupnya adalah "Terus Belajar".
  • Pingback: Pengaruh Nama Pada Anak « Imunk’s Blog()

  • Saya tidak pernah malu dengan nama Islam walaupun nama saya tidak dari bahasa arab, oleh karena itu nama anak saya, diambil juga dari bahasa Arab / nama Islam.

  • ilvan roza

    Assalamualaikum, Wr.Wb

    Mengenai pemberian nama kepada anak yang baru lahir, terkadang menjadi fenomena yang tidak henti-hentinya. Kenapa saya kata demikian, karena terkadang dengan nama anak yang islami tidak sesuai dengan tingkah laku atau sifat si anak. Misalnya, orang tua memberi nama anaknya dengan nama islam yaitu 'sabri'. KAlau dilihat dari kata sabri sendiri berarti sabar, tetapi anak tersebut tidak sabar, bahkan selalu berbuat hal yang jauh dari kriteria orang yang sabar.Itu salah satu contoh, masih banyak fenomena-fenomena lain seputar kaitan pemberian nama dengan sifat si anak.

    Beberapa waktu yang lalu, istri saya melahirkan anak pertama kami dengan jenis kelamin laki-laki. kami memberi nama dengan nama yang berbau islami, dengan harapan si anak kelak menjadi tauladan bagi seluruh umat. Terlalu besar memang harapan yang kami gantungkan kepadanya, akan tetapi niat baik itu mudah-mudahan diterima dan diberi rahmat oleh Allah,SWT. NAma nya adalah 'Muhammad Luthfi Yovan Massaki'. Muhammad sendiri berarti orang yang terpuji, Luthfi berarti lemah lembut, sabar, Yovan adalah gabungan nama orang tuanya, dan Massaki diambil dari bahasa Jepang yang berarti pendahuluan atau yang pertama.

    Itulah sebuah nama yang kami berikan kepada bayi kami yang baru menginjak kehidupan dunia 2 bulan yang lalu. semoga dengan nama itu, kelak dia akan menjadi anak yang terpuji dan menjadi tauladan yang baik di dunia serta menjadi anak shaleh serta berbakti kepada orang tunya. Amin.

    Wassalamualaikum, Wr.Wb.

  • Muhammad Fahruddin

    AssaLamu'alaikum!!!

    Nama saya Muhammad Fahruddin,

    1. arti nama saya apa???

    2. Saya besok kalau punya anak laki-laki ingin memberinya nama Muhammad Lutfi Fahruddin Habibullah

    Kira-kira nama tersebut benar/bagus tidak???

    Terima kasih sebelumnya,,

    Mohon diberi tanggapan ya!!!!

  • sutrisno

    Assalam mu`allaikum wr wb

    kepada dakwatuna.com

    Saat ini saya sedang menanti kehadiran anak ke tiga.

    Saya sangat mengharapkan bantuan saudara untuk membantu saya mencarikan nama untuk putri saya yang akan lahir dalam beberapa hari ini. ( menurut USG jenis kelamin anak saya wanita ). Hingga saat ini saya belum mendapatkan nama untuk anak saya. Istri saya ingin memanggil putri saya itu dengan nama wulan. Anak pertama saya diberi nama Muhammad Iqbal Okta Fajar yang kedua Bintang Abdus Salim. Apakah arti dari kedua nama tsb? Terima kasih atas bantuannya..

    Wassalam mu`allaikum Wr Wb

  • Adsak

    Nama saya mengangung arti dalam bahasa arab korban. karena saya lahir saat idul korban. Diakhir nama saya pun ada kata yang dalam pengertian bahasa nya adalah besar. Jadi korban besar. Sejak SMU saya sering sakit2an. Bagaimana menurut pandangan ibuk?

  • ibnu faris

    assalamu'alaikum wr.wb.

    ustadz kami mau konsultasi, isnyaAlloh kami hendak memberi nama anak putri kami tsabithah nurul 'athifah, bagaimana menurut ustadz adakah yang kurang dari nama tersebut. jazakallahu.

    wassalamu'alaikum wr.wb.

  • ibnu faris

    assalamu'alaikum wr.wb.

    ustadz kami mau konsultasi, isnyaAlloh kami hendak memberi nama anak putri kami tsabithah nurul 'athifah, bagaimana menurut ustadz adakah yang kurang dari nama tersebut. jazakallahu.

    wassalamu'alaikum wr.wb.

    nb. : maaf ustadz kalau bisa jawaban via japri

  • luqman

    assalamu’alaikum wr.wb.
    nama saya luqman mubaroq istri saya rr.ayu retno palupi saya ingin minta saran apa nama yang terbaik bagi bagi anak laki-laki kami yang lahir pada tgl 13 desember 2008 jam 5.20 wib. sebelumnya sudah kami siapkan namun mengingat padanan kata dalam bahasa arab tidak boleh sembarang karena dapat merubah artinya kami mohon sarannya, terima kasih

  • Man

    Rasulullah saw. bersabda, “Setiap anak itu digadaikan dengan aqiqahnya. Disembelihkan (binatang) baginya pada hari ketujuh (dari hari kelahiran)nya, diberi nama, dan dicukur kepalanya pada hari itu.”

    Mohon penjelasan, kalau anak yg belum diaqiqah sampai 7 hari bahkan sampai dewasa,apakah tetap wajib aqiqah??? dasar dalilnya apa, karena hadist di atas hanya merujuk 7 hari (sebagaimana rujukan dari imam syafii kalau tdk salah masih diwajibkan, kira2 disini ada hadist atau dalil lain tdk ya yg menguatkan)…(mohon jawabannya dikirim ke alamat email saya) tk

  • assalamu'alaikum

    saya mo tanya p'ustadz,insyaAllah kami mo m'berikan nama pada putri Keysia Agra Shafira or Elysia Agra Janneta,mohon tanggapan p'ustadz yang untuk penulisan yg benar dan arti yang paling pas

  • iman sukana

    saya ingin mengetahui arti dari nama nik nik siti farida. terima kasih

  • anto

    assalamu'alaikum wr.wb

    saya mau tanya,apakah ada pengaruh dari sebuah nama? nama anak saya wahab maulana,memang pd saat ini sedang sakit2an tetapi orang tua saya selalu bilang kalau namanya keberatan.tapi saya berkeyakinan kalau sakit dan sehat datang dari Allah SWT dan tidak ada hubungannya dengan sebuah nama.bagaiman menurut anda?

    wassalam

  • Al Askari

    Assalamu'alaikum wr, wb

    Mohon do'a untuk anak saya yang baru lahir namanya NUR AZIZAH RAMADANI,
    Terimakasih

  • saya nanang usia pernikahan saya baru 1 thn,yang saya tanyakan saya belum mempersiapkan nama buat anak saya yang pertama yang mana usia kandungan istri saya sudah 7,5 bln…Mohon kiranya memberikan masukan nama-nama bayi buat anak saya yang pertama..terima kasih.nanag dan firda.wassalam

  • Farid

    hidup di tengah-tengah masyarakat, menumbuhkan kepribadiannya, dan menumbuhkan rasa ingin meneladani semangat dan kepribadian orang-orang besar yang namanya mereka sandang. source : http://www.namaislami.com

  • helmayady

    thank artikel diatas sangat berati sekali buat aku, komentar saya boleh gak aku minta. nama-nama yang paling bagus menurut agama islam.???

  • akhmad jubaedi

    assalamualikum
    saya mo bertanya, kira-kira arti dari nama akhmad jubaedi tu pa?

  • nana

    asslm.terima kasih yaa…ini bisa jadi informasi yang baik bagi kakak saya yang beberapa hari yang lalu melahirkan seorang bayi laki-laki..

  • Joko

    Tolong Bu, beri nama anak kami yg ke 3 Laki-2, lahir 14 Apr 09.Saya sgt bingung & tak tahu hrs sy beri nama .& Mhn ke email saya. Trimakasih

  • Pandu Putra H.

    saya mau tanya..

    tgl 1 mei 2009 kemarin istri melahirkan anak kami yang pertama… rencananya ingin kami beri nama Muhammad Dzaki Hidayanto. Ada pendapat atau pengalaman dengan nama ini?

    karena keluarga saya merupakan keluarga yang lumayan mempercayai arti “keberatan nama”. mohon bantuan dan masukkannya, terima kasih banyak atas perhatian dan balasannya.

  • edy rahman

    nama sy edy rahman dan istri umrahytai….pak ustad sy lg bingung memberi nama pada buah hati pertama kami yang insya allah akan lahir pd pertengahan juni 2009 …. hasil USG laki laki..mhon bantuanya referensi nama yang islami… terimakasih

  • mhn bantuan nama islam untuk putra pertama kami pak ustad…..yg imsya allah lahir pada petengahan juni 2009

  • hanys

    mohon bantuan Bapak, baru-baru ini istri saya melahirkan putra ke tiga saya, maunya kami namakan seperti nama kakak2nya muhammad …… tapi kata adik istri saya nggak boleh memberi nama anak ke tiga juga muhammad …. apa benar Pak ? tolong saya diberi penyelasan trim.

  • FIT

    Assalamualaikum wr.wb.Menanti kelahiran anak pertama,say sudah menyiapkan nama yang insya Allah anak perempuan. KHANSA FIRDA SABIHA. Tolong mnta pendapatnya y Ustadz

  • assalamualaikum, saya sedang menanti anak pertama. kadang saya bersama istri bingung untuk memberi nama. setelah melalui pertimbangan kami menyatukan nama islami dengan nasional, ELVINA ZULIANTI HAMIDAH. apakah tidak ada pengaruhnya dan bisa membawa berkah. terimakasih

  • gigih

    Assalaamua’alaikum wr wb

    Yth,
    Pak Ustadz

    Kami menantikan kelahiran anak pertama kami yang insya’allah laki2, rencana saya akan saya beri nama Akmal Fairuz Zaky. Mohon bantuan, apakah susunan & makna nama tersebut sudah benar? Atau mungkin Bapak punya saran yang lain. Kalau bisa menggunakan kata Akmal karena istri saya sangat menyukainya.

    Terima Kasih

    Wassalaamua’alaikum wr wb.
    Gigih

  • balqis

    afwan ada yang bisa bantu, nama anakku mazaya, aku dapat nama itu dari nama-nama muslim, tapi koq kayaknya gak ada di al-qur’an yah, di buku itu sih artinya keistimewaan dalam ilmu dan pikiran, pengambilan nama yang bagus menurut islam itu harus dari bahasa arab/al-qur’an atau boleh dari bahasa yang lain ?
    ada yang tau nama “mazaya” itu dari bahasa apa?
    o iya kalo anak kita kita panggil muhammad boleh tidak? aku pernah baca di salah satu buku koq gak boleh yah, tapi aku lupa alasannya

  • imambukhari

    assalamu”alaikumWr.Wb
    Yth.
    Pak Ustadz
    Kami mempunyai anak pertama laki-laki yang kami berinama Ariansyah Fatada saat ini dia berusia 6 bulan.Mohon bantuan ,apakah susunan dan makna nama sudah benar?Atau Pak Ustadz punya saran yang lain.
    terima kasih
    Wassalaamua”alaikum Wr.Wb.
    Imambukhari

  • Lani

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Ustadz….
    Kami sedang menanti anak pertama dan kami berencana memberikan nama anak kami kalau laki-laki Alfino Azka Akbar dan perempuan Aira Azkiyatunnisa. Apakah nama itu baik untuk anak kami kelak ?
    atas jawaban dari Ustadz kami haturkan terima kasih.

  • Ifan

    Assalamu’alaikum Wr.Wb…..
    Yth.
    Pak Ustadz
    Kami baru mempunyai anak laki-laki (Lahir Rabu tgl 9 Des 09,jam 11:20 Siang) Alhamdullilah kami sangat senang dgn Anugrah dan Amanah ini,Nah menurut Pak Ust siapakah nama utk anak saya itu ? Beberapa hari yg lalu bapak mertua sy mimpi anak sy itu dikasih nama Muhammad Tharik Firdaus,tapi klo sy udh mempersiapkan namanya yth Ibnu Yaser.sy jd bingung,Mohon bantuannya. Wass..Noor Ifansyah & Risnawati

  • budi triantoro

    Assalamualaikum wr.wb..
    Yth.
    Pak Ustadz
    mohon bantuannya carikan nama buat anak laki2 saya yg pertama yg insyaAllah lahir bln febr ini…klo bisa ada unsur jawa dan islamya ya ustadz..trima kasih sblmnya.Wass..Budi Triantoro & Sri Rahayu

  • pak ustadz, bagaimana hukum mengganti nama ?

  • assalamu’alaikum, nama saya afif kira kira artinya apa ?

  • ustad, nama saya afif. kirakira apa artinya?

  • mugi kuswantoro

    assalamu’alaikum wr.wb
    Pak ustadz, saya mau tanya adakah arti nama dari
    1. fahmi alaydrus
    2. alya maulida
    mohon di jelaskan pak Ustadz. terima kasih.
    wassalam

  • widijanto

    assalamualaikum wr.wb
    terima kasih bahasannya,..saya igin tahu makna dari
    1.Himawan Noor
    2.Ilman Noor
    terimakasih sebelumnya,…wasalam.

  • sri tresny

    aww.mohon ijin share.ya ustadzah

  • sherry

    assalamu alaikum pak ustadz,saya mau tanya,bolehkah mengganti nama yang sudah diberikan oleh orang tua sejak lahir?karena menurut saya nama saya artinya gag bagus,katanya kalo nama kita gag bagus,diakhirat nanti,antrinya paling belakang,

    wassalam

    • bagaimana kalau ditambah.. lagipula lebih baik jgn ganti nama.. tp ganti nama panggilan saja.. krn nama panggilan adalah nama yg sering di sebut

  • Rabiatul Adwiya

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Pak Ustadz saya maw tanya apa arti dari nama saya (Rabiatul adwiya)?
    ada yang bilang Taman Berseri, apakah itu benar? terima kasih
    wassalamu’alaikum wr. wb

  • ve

    Assalamu’alaikum pak ustad. sy mau tanya, diperkirakan bulan maret 2011 sy melahirkan anak sy yg pertama.Sy sudah punya nama SYVA penggabungan nama sy dng suami, tp sy kesulitan nam tengah & nama belakngny.Sy&suami jg kesulitan mencari nama laki2, mohon kiranya pak ustad dap memberikan saran nama buat calon bayi kami laki2 maupun perempuan sekaligus maknaya.Trimakasih Wassakamu’alikum

  • supardi

    izin sebar…

  • chichi

    Aslkm.
    bu ustadzah/pak ustad,
    anakku aku beri nama muhammad rizal ash-shobirin
    agar di kemudian hari kelak anakku mempunyai sifat seperti baginda rasul saw dan mempunyai sifat sabar.
    alhamdulilah aku adalah orang tua tunggal.
    tapi, orang tua ku bilang, nama anakku (rizal) adalah cerminan orang yang keras dan kasar. Menurut mereka, karna nama itulah (rizal)anakku menjadi kasar dan keras.
    apakah pendapat ibu ustadzah ?

Lihat Juga

Gay

Kaum Gay Mulai Menyasar Anak-Anak, Ini Buktinya