Home / Dasar-Dasar Islam / Hadits / Sepuluh Langkah menyambut Ramadhan

Sepuluh Langkah menyambut Ramadhan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

1. Berdoalah agar Allah swt. memberikan kesempatan kepada kita untuk bertemu dengan bulan Ramadan dalam keadaan sehat wal afiat. Dengan keadaan sehat, kita bisa melaksanakan ibadah secara maksimal di bulan itu, baik puasa, shalat, tilawah, dan dzikir. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan. (HR. Ahmad dan Tabrani)

Para salafush-shalih selalu memohon kepada Allah agar diberikan karunia bulan Ramadan; dan berdoa agar Allah menerima amal mereka. Bila telah masuk awal Ramadhan, mereka berdoa kepada Allah, ”Allahu akbar, allahuma ahillahu alaina bil amni wal iman was salamah wal islam wat taufik lima tuhibbuhu wa tardha.” Artinya, ya Allah, karuniakan kepada kami pada bulan ini keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman; dan berikan kepada kami taufik agar mampu melakukan amalan yang engkau cintai dan ridhai.

2. Bersyukurlah dan puji Allah atas karunia Ramadan yang kembali diberikan kepada kita. Al-Imam Nawawi dalam kitab Adzkar-nya berkata, ”Dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan kebaikan dan diangkat dari dirinya keburukan untuk bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur; dan memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan keagungannya.” Dan di antara nikmat terbesar yang diberikan Allah kepada seorang hamba adalah ketika dia diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Maka, ketika Ramadan telah tiba dan kita dalam kondisi sehat wal afiat, kita harus bersyukur dengan memuji Allah sebagai bentuk syukur.

3. Bergembiralah dengan kedatangan bulan Ramadan. Rasulullah saw. selalu memberikan kabar gembira kepada para shahabat setiap kali datang bulan Ramadan, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).

Salafush-shalih sangat memperhatikan bulan Ramadan. Mereka sangat gembira dengan kedatangannya. Tidak ada kegembiraan yang paling besar selain kedatangan bulan Ramadan karena bulan itu bulan penuh kebaikan dan turunnya rahmat.

4. Rancanglah agenda kegiatan untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadan. Ramadhan sangat singkat. Karena itu, isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang bisa membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah.

5. Bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadan dengan ketaatan. Barangsiapa jujur kepada Allah, maka Allah akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahnya melaksanakan aktifitas-aktifitas kebaikan. “Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” [Q.S. Muhamad (47): 21]

6. Pelajarilah hukum-hukum semua amalan ibadah di bulan Ramadan. Wajib bagi setiap mukmin beribadah dengan dilandasi ilmu. Kita wajib mengetahui ilmu dan hukum berpuasa sebelum Ramadan datang agar puasa kita benar dan diterima oleh Allah. “Tanyakanlah kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui,” begitu kata Allah di Al-Qur’an surah Al-Anbiyaa’ ayat 7.

7. Sambut Ramadan dengan tekad meninggalkan dosa dan kebiasaan buruk. Bertaubatlah secara benar dari segala dosa dan kesalahan. Ramadan adalah bulan taubat. “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” [Q.S. An-Nur (24): 31]

8. Siapkan jiwa dan ruhiyah kita dengan bacaan yang mendukung proses tadzkiyatun-nafs. Hadiri majelis ilmu yang membahas tentang keutamaan, hukum, dan hikmah puasa. Sehingga secara mental kita siap untuk melaksanakan ketaatan pada bulan Ramadan.

9. Siapkan diri untuk berdakwah di bulan Ramadhan dengan:

· buat catatan kecil untuk kultum tarawih serta ba’da sholat subuh dan zhuhur.

· membagikan buku saku atau selebaran yang berisi nasihat dan keutamaan puasa.

10. Sambutlah Ramadan dengan membuka lembaran baru yang bersih. Kepada Allah, dengan taubatan nashuha. Kepada Rasulullah saw., dengan melanjutkan risalah dakwahnya dan menjalankan sunnah-sunnahnya. Kepada orang tua, istri-anak, dan karib kerabat, dengan mempererat hubungan silaturrahmi. Kepada masyarakat, dengan menjadi orang yang paling bermanfaat bagi mereka. Sebab, manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.

(Disadur dari artikel kiriman seorang sahabat)

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (218 votes, average: 8,78 out of 10)
Loading...Loading...
Mochamad Bugi
Mochamad Bugi lahir di Jakarta, 15 Mei 1970. Setelah lulus dari SMA Negeri 8 Jakarta, ia pernah mengecap pendidikan di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Jakarta, di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Indonesia, dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosah Islamiyah Al-Hikmah. Sempat belajar bahasa Arab selama musim panas di Universitas Ummul Qura', Mekkah, Arab Saudi.Bapak empat orang anak ini pernah menjadi redaktur Majalah Wanita UMMI sebelum menjadi jabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Politik dan Dakwah SAKSI. Ia juga ikut membidani penerbitan Tabloid Depok Post, Pasarmuslim Free Magazine, Buletin Nida'ul Anwar, dan Majalah Profetik. Jauh sebelumnya ketika masih duduk di bangku SMA, ia menjadi redaktur Buletin Al-Ikhwan.Bugi, yang ikut membidani lahirnya grup pecinta alam Gibraltar Outbound Adventure ini, ikut mengkonsep pendirian Majelis Pesantren dan Ma'had Dakwah Indonesia (MAPADI) dan tercatat sebagai salah seorang pengurus. Ia juga Sekretaris Yayasan Rumah Tafsir Al-Husna, yayasan yang dipimpin oleh Ustadz Amir Faishol Fath.

Lihat Juga

Kegiatan “Warung Solehat”, Selasa (30/6/2015), yang digelar oleh Keputrian Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Ikhwan Universitas Pattimura Ambon. (Astuty Reta)

Tebar Manfaat di Ramadhan, Keputrian LDK Al-Ikhwan Unpatti Gelar “Warung Solehat”

  • http://www.yahoo.com amir (ngalam)

    alhamdulillah ada artikel ini, nanti sore mo kultum, cari-cari tema tentang ramadhan,ketem u disini, syukron dakwatuan, semoga terus berkibar dengan materi-materi baru tuk tegaknya islam dibumi ini

  • yani

    YA ALLAH JAGALAH PENGLIHATANKU DARI HAL HAL YANG TAK BERGUNA,

    RIDHAILAH AMAL AMALKU.

    BERILAH KAMI KESABARAN DALAM BERAMALIAH

    YA ALAH BERKAHILAH KAMI PADA BULAN RAJAB DAN SYA'BAN;

    DAN SAMPAIKAN KAMI KE BULAN RAMADHAN

  • sakura

    syukron katsira…sangat bermanfaat. Jazakumullah khairan katsira. Terus produktif dakwatuna..

  • http://yahoo.co.id yulianto

    Assalamualaikum wr .wb artikel ini membuat saya semakin rindu dengan bulan ramadan bulan mulia bagi seluruh umat islam di dunia

  • http://www.ikhsan.co.nr Ikhsan Pallawa

    tak terasa bulan nan mulia tuh dah dekat…moga umur kita di perpanjang dan sambutlah iya dengan sebagian keccil dari kesepuluh diatas,,,,taklah kesyukuran yang mampu tuk berucap dengan penghulunya bulan…..marhaban ya ramadhan..

  • asfahani

    asw. ustad, makalah ini boleh kita sebarkan/cetak lagi? jazakumullah

  • Trio Segara

    Allahumma baariklanaa fii rajaaba,wa sya'ban, wa balighnaa fii ramadhan.Amin.Siapkan diri kita dengan iman dan takwa untuk menyambut Ramdhan Mubarak 1428 H.Semoga kita samapia padanya dengan kemenanganyang hakiki dan balasan yang dijanjikan.Amin.

  • saif al fadani

    أأللهم بارك لنا فى رجب و شعبان وبلغنا رمضان

  • athifah

    Assalamu'alaikum wr wb. Wah,atikel ini semakin membuat tidak sabar bertemu Ramadhan. Hmm, langsung terpikir apa yaa yang bisa dilakukan bersama anak-anak supaya mereka juga merasa Ramadhan adalah bulan yang amat layak disambut kehadirannya. Yaa Allah izinkanlah kami mencicipi nikmatNya beribadah di bulan yang sarat dengan RahmatMu..

  • husna

    Makasih banget ustadz moga romadhon kali ini lebih baik dari yang kemaren, amin, doaka kami sekeluarga bisa meraih rahmat maghfirah dan dijauhkan dari api neraka, amin

  • masyithoh

    Ahlan wa sahlan, alhamdulilah banyak materi tentang ramadhan untuk bahan obrolan dan masukan bagi saya pribadi khususnya sekaligus untuk kegiatan di bulan romadhan , amat sangat bermanfaat, jazaakumullahu khoiron katsiro

  • http://friendster.com YANTY

    ya Allah,berilah aku kesempatan untuk menemui bulan ramadhan yang akan datang x lama lagi ya Allah!

    semoga aku dapat menjalaninya dengan tabah dan sabar serta jauh dari perbuatan yang terkeji… amin…

  • Dany

    Alhamdulillah, kepada penulis dan dakwatuna semoga mendapat rahmat Allah…….amin

  • isnopin

    met ramadhan

  • heru prayitno

    Ustad, nasihatnya bagus bener untuk mengingatkan diriku dalam menyambut romadhan, semoga diberkahi dan sukses selalu dengan kegiatanya.

  • 3bowo

    ramadhan memang bulan paling mak nyusss,,,

  • http://ribut.50megs.com IHSA MEDIA KOMUNIA

    Syukron http://www.dakwatuna.com atas artikel2nya, karena telah sangat membantu kami menambah wawasan keislaman.

  • Tulus Musthofa

    Assalamu'alaikuim

    Mohon izin beberapa artikel dakwatuna kami perbanyak untuk dipublikasikan, ustadz amir faisal tolong materi yang oernah antum sampaikan di acara mabadi dengan tema barakah dalam dakwah ditulis dalam artikel.Ada beberapa bagian yang tidak sempat saya tulis. Jazzaakumullah

  • Yeni Ruzianah

    Assalamu’alaikum
    Marhaban Ya Ramadhan, lewat dakwatuna.com ini semoga amal ibadah qt d bln yg suci ini selalu dlm limpahan karunia – Nya, dapat menjalankannya dengan khusuk, Amiiiiiiiiiiiin Ya Robal Alamin

  • Anung Winarsito

    Alhahamdulillah…. kita segera berjumpa dengan Ramadhan
    yang punya naskah kultum, bagi – bagi dong….

  • Dian Rachmawati

    Alhamdulillah, …..lega rasanya bertemu dengan Ramadhan lagi. Bulan berkah penuh rahmat dan rejeki. Ayo kita isi ramadhan inio dengan semboyan ” kuatkan aqidah, tinggalkan bid’ah” Jazakumulloh

  • hidayat

    Alhamdulillah….Marhaban Yaa Ramadhan….Marhaban Yaa Syahrul Mubarak….Selamat bershaum, mohon maaf lahir dan bathin untuk ikhwan dan akhwat semua di seluruh indonesia.

  • Aseppudin

    Subhanallah….

    Allahummabariklana Fi Sya’ban wa balighna Ramadhan…..

    Semoga setiap bulan ini dijadikan bulan ramadhan..Amiin

  • aRi

    Alhamdulillah ya Allah…… aku dipertemukan kembali dgn Bulan Yang Penuh Berkah & Suci ini. Sahabat…………………. Semoga Kita Semua diberikan kekuatan & keikhlasan dlm melaksanakan Ibadah Mulya ini. amiiiin

    Selamat Menunaikan Ibadah Shaum…….. Wassalam

  • Arief

    Ya Allah berikan hambamu ini jalan terang-Mu, Yaitu jalan yang Engkau Ridhoi Ya Allah Ya Arhamarroohimin
    Amin…Amin,…Amin Ya Rabbal ‘Alamin

  • http://indradenihrhyahoo.com indra denih

    alhamdulillah ya allah engkau masih memberikan umur yang panjang dan masih diberikan nikmat nya bertemu dengan bulan yang penuh berkah ini yakni bulan ramadhan,semoga di bulan ramadhan tahun ini kita semua dapat menjalankan ibadah dengan khusyu dan mendapatkan pahalanya juga mudah-mudahan dihapuskan semua dosa-dosa kita amiin ya robal alamin

  • GURUH

    YA ALLAH ENGKAU TELAH MEMPERTEMUKAN HAMBAMU INI DENGAN RAHMADAN MU KEMBALI AGAR DAPAT
    BERTAUBAT DI JALAN MU
    AMIN……AMIN……AMIN……AMIN….AMIN

  • A.Indra.W

    Pertama, saya sangat berterima kasih kepada Allah SWT yang telah mempertemukan saya kembali pada
    bulan ramadhan tahun ini (1428 H). Saya berharap dengan bulan ramadhan ini saya dapat menambah
    keimanan saya kepada The Gods. Thanks……!!!

  • igun

    Alhamdulillah, segala puji bagi Mu, yg telah mempertemukan hamba Mu yang Hina ini dg Bulan Maghfiroh – Mu ya Allah.

  • alip

    ass. kepada seluruh umat islam saya ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, semoga puasa kita tahun ini mendapatkan ridlo dari Illahi. ami…n.
    ramadan kali ini harus kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat seperti menyantuni anak-anak yatim-piatu dan menyayangi anak-anak jalanan serta kaum dhuafa. semoga Allah selalu bersama kita amin.

  • A.Zaini

    Ya Allah karuniakan kepada kami bertemu dengan ramadhan tahun2 berikutnya untuk mereguk cintaMu lewat salat qiyam n meraih Maghfirahmu lewat doa yg pasti Engkau ijabah

  • http://www.dakwatuna.com vera

    Ya Allah……….semoga Engkau pertemukan aku dengan ramadan2 berikutnya,berikutnya,dan berikutnya………

    dan semoga pada ramadan x ini,Engkau menerima segala taubat ku,amal dan ibadah ku,,,

    dan semoga dapat bertambah keimanan ku pada-MU dan semoga diriku kembali fitrah seperti bayi yang baru dilahirkan dan semoga aku termasuk hamba-MU yang beruntung untuk mendapatkan SURGA-MU……..AMIIIIEEEENNN……..ALLAHUMMA AMIEEEEN………………….

  • Nazira

    Alhamdulillah nih! ada artikel ini.Soalnya lagi bingung cari tema buat kultum dan sekarang udah ada,,,thanks for everything,oh yaa buat artikel tentang lailatul qadr donk!!1!!!

  • Dimas Andry

    Bagus, kembangkanlah terus syiar dan dakwah Islam, karena dengan demikian ini Islam akan menjadi dikenal oleh khalayak ramai. Islam Never Die! Allahhuakbar!

  • gietha

    alhamdulillah skrg dng kmjuan jman media dakwah qt mningkt,,truskan dakwah islam…

    allahhuakbar….???!!!!!

  • DWI.R

    Semoga artikel yang masuk bisa meningkatkan dakwah kita semua……amin
    dan semoga dakwatuna semakin jaya dalam penampilannya………….amin.

  • datik

    wah bagus banget ah……….. jd kepengen RAmadhan lg

  • widodo Budi Utomo

    laksana air telaga yang berada di hadapan musafir padang pasir, kerinduan dan rasa haus ini demikian terasa kering di tenggorokan sehingga ingin segera meminum air telaga itu. Tahukah saudara air telaga itu? sebentar lagi kita akan memasukinya yaitu bulan ramadhan. marhaban ya ramadhan

  • http://dakwatuna.com roni rosmawan

    assalamu'alaikum..maha suci Allah yang telah mempertemukan kita kembali pada bulan penuh rahmat, bulan yang paling di tungu2 bagi siapa saja yang merindukan ni'matnya 'ibadah.marhaban ya ramadhan marhaban ya syahrusshiyam..

  • http://indonesia no_vha

    Assalamu'alaikum

    Marhaban Ya Ramadhan..

    m0ga di bulan pu4sa kita dapat melebur dosa dan menyucikan diri dari sgala khilaf dan salah(Amin..)

  • arif gunarto

    marhaban ya ramadhan, smg kita termasuk dpt meningkatkan kualitas IMTAQ . amin…… selamat menunaikan ibadah puasa

  • isti

    jazzakallah khoir…

  • Nunik

    Bersyukur masih diberi kesempatan dapat merasakan Ramadhan kembali.

    Jangan sia-siakan bulan berharga ini, karena belum tentu kita dapat berumur panjang.

    Berfikirlah Ramadhan ini Ramadhan terakhir agar bisa penuh keikhlasan menjalaninya..

    Semoga beruntung..

    Wassalamualaikum

  • aris sofyan

    Alhamdulillah ane sehat, moga akan sehat terus menjelang ramadhan sampai akhir.Amiin. "MARHABAN YA RAMADHAN"

  • http://yahoo asri yekti p

    assalamualikummm………..

    subhanallahhhh….

    ramadhan benter lagiii

    asri senang kan berjumpa ramadhan lagi..

    alhamdulillah..^_^

  • ismi

    subhanallah…semoga Allah SWT memberikan keberkahan kepada kita semua yang membacanya maupun yang menulis.

    Menunggu datangnya bulan Ramadhan ibarat merindukan syurga.menjalankan ibadah dibulan ramadhan ibarat menikmati syurga.

    alhamdulillah …ramadhan akan segera tiba.

  • Siti Muthmainnah

    Alhamdulillah, Ramadhan bulan penuh Rahmat&Berkah akan tiba. "Smoga Allah senantiasa memberikan kita kekuatan terutama untuk bisa menjalani ibadah Ramadhan dengan sempurna".
    "Ya Allah, limpahkanlah Rahmat dan Keberkahan Mu kepada negeri kami Indonesia tercinta, Jadikanlah negeri ini negeri yg penuh dengan Rahmat dan Berkah – MU". (amien)

  • YATIYU

    tRImakasih banyak ya atas artikelnya..

  • faozan

    Ramadahan sebentar lagi tiba :(ALLOHU AKBAR)
    Yaa Allah! Jadikanlah puasaku sebagai puasa orang-orang yang benar-benar berpuasa. Dan ibadah
    malamku sebagai ibadah orang-orang yang benar-benar melakukan ibadah malam. Dan jagalah aku
    dari tidurnya orang-orang yang lalai. Hapuskanlah dosaku … Wahai Tuhan sekalian alam!! ampunilah
    aku, Wahai Pengampun para pembuat dosa.

    Yaa Allah! Dekatkanlah aku kepada keridloan-MU dan jauhkanlah aku dari kemurkaan serta alasan-
    MU. Berilah aku kemampuan untuk membaca ayat-ayat-MU dengan rahmat-MU, Wahai Maha
    Pengasih dari semua Pengasih!!

    Yaa Allah! Berikanlah aku rizki akal dan kewaspadaan. dan jauhkanlah aku dari kebodohan dan
    kesesatan. Sediakanlah bagian untukku dari segala kebaikan yang KAU turunkan, demi kemurahan-
    MU, Wahai dzat Yang Maha Dermawan dari semua dermawan!

  • http://www.google.com E.Ade Putri

    KuasaNya pancarkan sinar mentari,

    CahayaNya suci di kala fajar,

    Untraian kata penggantian diri.

    Hanya maaf yang terlontar

    Met Menyambut Bulan Suci Ramadhan yang penuh Hidayah,

    Moga Amal ibadah kita diterimaNya

    Marhaban Yaa Ramadhan….^_^

  • http://Www.dakwatuna.com Elham

    Kangen Ramadhan. ………

    Hayo berladang amal rame rame!!B-)

  • ika

    I miss U puooool My Ramadhan!!!

  • http://www.dakwatuna.com ana

    aSSalamualaikum………………

    y Ustad Sgh Mulia SkL kT2 Yg

    bGT iNdah………

    Subhanallah smoga kT trmSukHmb ALLA yg bRsykur AMIIN.^_^

  • egy

    Ya Allah……….semoga Engkau pertemukan aku dengan ramadan2 berikutnya,berikutnya,dan berikutnya………

    dan semoga pada ramadan x ini,Engkau menerima segala taubat ku,amal dan ibadah ku,,,

    dan semoga dapat bertambah keimanan ku pada-MU dan semoga diriku kembali fitrah seperti bayi yang baru dilahirkan dan semoga aku termasuk hamba-MU yang beruntung untuk mendapatkan SURGA-MU……..AMIIIIEEEENNN……..ALLAHUMMA AMIEEEEN………………….

  • anton

    assalamualaikum…….

    semoga pada bulan suci ramadhan ini kita diberikan rahmat dan hidayah dari allh swt…dan diberikan kenikmatan pada bulan suci ramadhan ini…amin ya rabal alamin……

  • Andra

    Subhanallah Alhamdulillaah Bulan Suci Penuh Berkah Dan Rahmat Allah SWT.

  • andi

    asslm. mohon izin untuk mengcofy tausyiah2nya. jazakalloh

  • Ramedan

    Assalamu'alaikum Wr.Wb,

    Segala puji bagi ALLAH SWT, sholawat dan salam semoga Engkau curahkan ke junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya sampai akhir zaman,

    Pak Uztad mohon ijinnya untuk mengcopy dan menyebarkan ke para sahabat kami menjelang bulan ramadhan ini.Jazakalloh

    Wassalamu'alaikum

    RAMEDAN

  • http://www.yahoo.co.id Ahmad

    Askm,,

    smoga dgn mmbc blog tadi qta dpt mngambl bnyk hikmah,yg dpt qta terapkan nnti dlm bln ramadhan,ami3n…y 4wl

  • Eka

    I Love Allah swt

    Trmksh ats cptanMU yg berupa Bln Suci Rmdhn

  • Jauhary

    Ketika bulan 1000 kemuliaan datang menjelang dimana 1 amal menjadi 1000 kebaikan, berharap 1 kata maaf menjadi 1000 ampunan. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa maaf lahir dan bathin

  • http://lbsfighter.blogspot.com lubis

    bersihkan hati, minta maaf pada teman2, saudara, tetangga, bulatkan tekad, tingkatkan amalan agar dibulan syawal nanti kita termasuk dalam golongan orang2 yg menang

  • agung

    asslm.
    Q minta ijin tuk menyempan data tersebut.
    moga bermanfaat.

  • Syarif Nisfu Dj

    Tambahlah Ilmu sebanyak mungkin pada bulan Ramadhan. Tiga peristiwa besar yang kita hadapi:
    1.SHAUM; 2.LAILATUL QADR & 3.IEDUL FITRI. Semoga ke-SABAR-an (dalam arti bertahan teguh dengan Al Quran Menurut Sunnah Rasul dalam kondisi apapun) kita meningkat. Amin.

  • antprofins

    Kami sekeluarga mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa semoga kita senantiasa dlm lindungan Allah SWT, Marhaban Ya Ramadhan

  • suparno

    Ya.. Allah berikanlah hamba dan keluarga hamba jalan yang lurus yaitu jalan yang Panjenengan Ridhoi dan keselamatan di dunia dan akhirat amin ya Robal Alaminnnnnn………………..

  • Tebi

    Alhamdulillah Ramadhan telah seminggu berjalan. Semoga ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan kita diberikan kekuatan untuk menjalankan puasa dan amaliah lainnya hingga akhir Ramadhan, serta di ampuni dosa2 kita sehingga hati menjadi fitri. Amin…
    Selamat puasa

  • Abdul Latif

    Semoga Allah memberikan kemampuan dan hidayah kepada kita untuk menyerukan agama Islam. Media ini sangat baik sebagai media dakwah Islam.

  • http://google.co.id San al ansyari

    Ramadhan bulan diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk/pedoman hidup, dengan semangat ramadhan kami mengajak saudara2ku semakin meningkatkan pemahaman dan pengamalan Al-Quran. Semoga Allah SWT menyatukan umat Islam, untuk bersama sama melaksanakan semua syariah-Nya.

  • http://dianheri.wordpress.com Dian Heri

    Asswrwb, ustadz, untuk menyambut Ramadhan tahun ini, saya mohon izin mencuplik tulisan ustadz (dengan dicantumkan sumbernya tentunya) di blog saya…. apakah dibolehkan?
    Wass…

  • Abdillah

    Marhaban Ya Ramadhan

  • syidah

    Alhamdulillah,,,,,,,,,,ya Allah,,,,,,,,,,,,,,,

    Marhaban Ya Ramadhan,,,,,,,,,,,

  • admin jaket-kulit.com

    subhanalloh… bismillah..marhaban yaa Ramadhan..

  • agus f

    Allahu akbar….. Subhanallah…..
    Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan nanti diterima Allah SWT dan mendapatkan Pahala, Amien… Ya Rabbal Alamin…..

  • http://www.stiecreocrawded.blogdetik.com Stie Za

    Semoga saya bisa melakukan sepuluh langkah untuk menyambut bulan suci Ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya.

    Ya Allah, izinkan Q brtmu dg ramadhan-Mu kembali…
    Amin…

  • Syifa Abdat

    Subhanallah Allah telah menciptakan orang pintar yang bisa menulis cara2 menyambut Ramadhan semoga orang yang nulis dapat pahala Amin…

  • http://www.onensikop.co.cc Roni Harizon

    Marhaban Yaa Ramadhan…..
    Rindu hati ini untuk segera dengan bulan suci..
    Syukron atas targhib ramadhaanya….
    Bismillah “Allahuma bariklana fi sya’ban balighna ramadhan” Amin….

  • andy kurniawan

    selamat datang bulan agung,bulan untuk kita semua,bulan RAMADHAN……….!!!sebuah kemulyaan yang teristimewah bagi kita umat nabi MUHAMMAD S.A.W yamg telah ALLAH S.W.T persembahkan untuk kita semua,bulan dimana di dalamnya kita di berikan keagungan di sisi-NYA……..Marhaban ya ramadhon…..!!!

  • http://rasta2009.blogspot.com ridho aris setyawan

    alhamdulillah hirobbil alamin…..

    Marhaban Ya Ramadhan…..

    semoga di ramadhan tahun ini amal ibadah qita lebih baek dari tahun – tahun sebelumnyna.Amien….! :-)

  • adi winanto

    Marhaban Yaa Ramadhan……….
    Aq Rindu akan kedatanganmu………..

  • Akyudi

    Marhaban ya ramadhan.semoga di ramadhan ini akan menambah ukhuwah islamiyah kita,dan bertambah peduli dgn kaum yg hidup di bwh kita. Amin

  • Abdul Salam

    isi naskah bagus, terutama orang2 awam seperti aku. thanks

  • http://www.clubdbs.com/?info=pasifincome arief

    semoga kita mendapat keberkahan di ramadhan kali ini….

  • http://www.yahoo.com eLBi

    ramadhan ya ramadhan
    sukron, telah memberikan penjelasan tentang langkah-langkah menyambut bulan suci ramadhan.
    insya ALLAH kita menjadi umat MUHAMMAD yang bertakwa kepada ALLAH SWT. amin

  • primasunu bahrul habib

    Subhanalloh …..kami sekeluarga masih mendapat KARUNIAMU untuk menjumpai RAMADHAN MU Terimakasih……Ya ROBB

  • ike sri purwaningtyas

    Alhamdulillah, serasa hati jadi damai membaca isinya. Mudah2an kita selalu dalam jalan yg diridhoiNya… amiien ya Robb

  • abi

    mengingatkan kembali akan keagunan bulan suci. bulan kemenangan seribu kebaikan.

  • http://Www.Musthofa.jw.lt Musthofa

    Trims ya atas bekalnya dlm menyambut ramadhan kali ini,smoga qta dpt mengamalkannya

  • Musbah

    alhamdulillah, semoga kita diberi kesehatan untuk beribadah mengisi bulan yg penuh berkah ini.

  • noer

    alhamdulillaah…

  • http://www.iqbalali.com Iqbal Ali

    so nice article, i wanna repost this article in my blog, can i?

  • putri

    ALHAMDULILLAH …bulan yg sudah dinanti2 oleh seluruh umat ISLAM diseluruh dunia datang juga ,
    mari sama2 kita tingkatkan ibadah dan ketaqwaan kita kpda Sang Pencipta
    semoga kita dapat mengambil pelajaran hidup yg berharga didalam bulan yang penuh berkah ini .

    AMIEEEENN …

  • samisir patholmuin

    Alhamdulillah kita punya guidelines untuk menjelajahi ramadhan agar mulus sampai tujuan

  • http://www.madziatul.blogspot.com Maziatul Churiyah

    Alhamdulillah, jazakumulloh khoiron katsiro terimakasih artikelnya, mohon ijin artikel ini saya copy di blog saya agar mahasiswa saya ikut baca semua. Mudah-mudahan ilmunya bermanfaat dan barokah. Amiin.

  • http://yahoo arya

    MOHON PADA ALLAH AGAR KITA DIBERI KEMAMPUAN UNTUK BERIBADAH SEBAIK BAIKNYA.

  • teuku raja

    Allhamdulillah,….. dengan ada nya artikel tsb, kita saling mengingatkan. semoga kita dapat menjalankan puasa dengan penuh ketaqwaan. smoga kita bersama sama dapat menuju surga Allah.SWT,….. Amien ya rabbal ‘alamin

  • santi

    Alhamduliah,smg Allah mudahkan kita semua melakukan semua yg ada dlm artikel ini,aamiin.

  • agus

    lengkapi dengan dalil, terimakasih

  • nHiEnHiEnk

    Marhaban ya Ramadhan
    akhirnya bulan seribu bulan, bulan yang menjadi penantian seluruh umat islam telah datang lagi
    sEMOGA DI BUlan penuh berkah ini Kita bisa menjadi orang yang lebih baik dan mendapat CINTA dariNYA

  • http://www.yahoo.com Moh.idris abd saleh

    Semoga kita tergolong umatx yang taat kepada Nya
    karena hax kepadax kita kembali hanya dengan membawa bekal keimanan yang sempurna.
    Dialah tuhan dari segala tuhan Tiada Tuhan Selain Allah.
    Jadilah umatx yang taat beribadah tanpa mengharapkan imbalan apapun dariNya.
    sesuai dengan firmanx : Sesungguhx Aku ciptakan Jin Dan Manusia hanya untuk MenyembahKu.

    Berdoalah km kepadaKu niscaya akan Ku kabulkan doamu

  • itun

    bagus.

  • bagyojose

    nice info…

  • Ali_78

    Jazakumullah khoir, atas pencerahan dan pembelajaran tentang 10 langkah menyambut Ramadhan pastinya bertambah pengetahuan Dinul Islam lewat tulisan ini.

  • suprapto sukatman

    ya Allah Engkau memberiku jalan yang terang dengan melihat tulisan ini …karuniakanlah kebaikan yang banyak untuk saudara-saudaraku yang telah berbuat baik untuk saudara2nya yg masih jahil dan ghafil … mohon ditambah sepuluh lagi atau seratus lagi juga boleh, kami angat mendambakan tuntunan dari para ahli ilmu dan juru2 dakwah ….jazaakumullaah

  • fajriyanie

    semoga..