Home / Dasar-Dasar Islam / Hadits / Khutbah Rasulullah Menyambut Ramadhan

Khutbah Rasulullah Menyambut Ramadhan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – “Wahai manusia, sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia di sisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yg paling utama.

Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tetamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya.

Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu, kelaparan dan kehausan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. Muliakanlah orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya. Kasihilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu.

Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu shalatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih; Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.

Wahai manusia! Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena beban (dosa)-mu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu.

Ketahuilah, Allah Ta’ala bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan mengadzab orang-orang yang shalat dan sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan Rabbal-alamin.

Wahai manusia, barangsiapa di antaramu memberi buka kepada orang-orang mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa-dosa yang lalu.

(Seorang sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, tidaklah kami semua mampu berbuat demikian.” Rasulullah meneruskan khotbahnya, “Jagalah dirimu dari api neraka walau pun hanya dengan sebiji kurma. Jagalah dirimu dari api neraka walau pun hanya dengan seteguk air.”)

Wahai manusia, siapa yang membaguskan akhlaknya di bulan ini, ia akan berhasil melewati Sirathal Mustaqim pada hari ketika kaki-kaki tergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaan-Nya di hari kiamat. Barangsiapa menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Barangsiapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakanya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa menyambungkan tali persaudaraan (silaturahmi) di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.

Barangsiapa melakukan shalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardu baginya ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardu di bulan lain.

Barangsiapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. Barangsiapa di bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya sama seperti mengkhatam Al-Quran pada bulan-bulan yang lain.

Wahai manusia! Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar tidak pernah menutupkannya bagimu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Rabbmu untuk tidak akan pernah dibukakan bagimu. Setan-setan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi pernah menguasaimu.”

(Aku –Ali bin Abi Thalib yang meriwayatkan hadits ini– berdiri dan berkata, “Ya Rasulullah, apa amal yang paling utama di bulan ini?” Jawab Nabi, “Ya Abal Hasan, amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah”.)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (126 votes, average: 9,02 out of 10)
Loading...Loading...
Mochamad Bugi
Mochamad Bugi lahir di Jakarta, 15 Mei 1970. Setelah lulus dari SMA Negeri 8 Jakarta, ia pernah mengecap pendidikan di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Jakarta, di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Indonesia, dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosah Islamiyah Al-Hikmah. Sempat belajar bahasa Arab selama musim panas di Universitas Ummul Qura', Mekkah, Arab Saudi.Bapak empat orang anak ini pernah menjadi redaktur Majalah Wanita UMMI sebelum menjadi jabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Politik dan Dakwah SAKSI. Ia juga ikut membidani penerbitan Tabloid Depok Post, Pasarmuslim Free Magazine, Buletin Nida'ul Anwar, dan Majalah Profetik. Jauh sebelumnya ketika masih duduk di bangku SMA, ia menjadi redaktur Buletin Al-Ikhwan.Bugi, yang ikut membidani lahirnya grup pecinta alam Gibraltar Outbound Adventure ini, ikut mengkonsep pendirian Majelis Pesantren dan Ma'had Dakwah Indonesia (MAPADI) dan tercatat sebagai salah seorang pengurus. Ia juga Sekretaris Yayasan Rumah Tafsir Al-Husna, yayasan yang dipimpin oleh Ustadz Amir Faishol Fath.

Lihat Juga

Castro Mazin. (bokra.net)

Mengaku Bertemu Nabi, Castro Masuk Islam

  • http://djp.go.id/ Abu Hibban

    Ya Alloh, pertemukanlah hamba-Mu ini dengan bulan Ramadhan yang penuh berkah…………amin.

  • FITRISAL-ACEH

    Subhanallah…membaca khutbah Rasul tercinta, bagiku bagai mendengar merdu suaranya…Ya Allah, restuilah hamba-MU menemui kekasihmu sehingga dapat ku dengar suaranya, meskipun aku manusia yang tak pantas, karena tiada yang lebih membahagiakan seorang muslim selain menyembah-Mu bersama-sama kekasihmu.

  • Hamba Alla

    Ya Allah, bukakan pintu hati kami dalam menyambut bulan suci ini, berikan kesehatan bagi kami dalam mengisi bulan puasa dengan ibadah… amin

  • irpan sanjaya

    ya Robbi, hamba rindu pada-Mu, hamba rindu pada Rasul-Mu dan orang-orang mukmin..pertemukanlah kami, pertemukanlah hamba dengan indahnya dan keutamaan bulan Ramadhan..lindungi saudara-saudara kami dipalestina dan dimuka bumi.amin

  • ja2xt

    semoga Allah Swt mempertemukan kita di bulan yg penuh dgn Magfiroh, ayo jgn sia-siakan bulan Romadhon tahun ini, kita sambut Romadhon tahun ini dengan penuh suka cita dan semangat sambil terus mempersiapkan ruh dan jasadiyah kita di bulan Syahban ini,

    ALLAHUMA BARIKLANA FI ROJABA WA' SYABAN WA BALIGHNA FI ROMADHON

  • sakura

    Aku merindukanmu wahai kekasih Allah…

  • hamba ALLOH S.W.T

    ya ALLOH semoga hamba dapat bertemu dengan tamu-Mu yang agung ini.

    semoga Ramadhan kali ini menjadi Ramadhan yang terabaik dari Ramadhan-Ramadhan yang lalu

    semoga hamba benar-benar dapat merasakan nikmat dan karuniamu dibulan yang penuh barokah ini amien..!!!

  • meisholihah

    Ya Allah….hamba sudah tak sabar bertemu dengan Bulan Ramadhan…….berilah hamba umur untuk bertemu di bulan yang pernuh dengan berkah ini….

  • http://www.dakwatuna.com/index.php/alquranul-karim/tafsir-ayat/2007/agungkan-allah-semua-jadi-kecil/ musleemah

    amin….Allah humma amin…

  • Hafid Iswoyo

    Waktu terus berjalan, Alhamdulillah kini kita berada di bulan Sya'ban.

    Semoga Allah mengizinkan, untuk kita menghirup udara Ramadhan.. Insya Allah.

    Build and Keep your Fighting spirit..

  • http://yahoo.com sufy301

    Yaa Allah, berikan kekuatan kepada kami utk memasuki dan mengisi ramadhan tahun ini dgn amal-amal terbaik,. smg kesalahan di ramadhan yg lalu tdk terulang lagi. Aamiin.

  • http://www.baiquni.com Acheh

    Mudah²an kita semua dapat melaksanakan semua apa yang telah beliau khutbahkan.. Amin ya Rabbal 'alamin

  • muhammad husaini

    selamat menyambut bulan suci ramadhan .
    Amin ya rabbal alamin

  • http://www.alazhar-bsd.com Kardjito Hardi

    Ya Allah berikanlah hambamu kekuatan iman dan islam dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang sangat mulia ini dan ampunilah segala dosa-dosa kami, dosa orang tua kami, dosa sahabat-sahabat mulsim kami dan berikanlah petunjuk-Mu agar kami selalu dapat mendapatkan amal-amal yang terbaik. Amin ya robbal alamin.

  • http://ALFAKIRINYAHOO.COM Ir. GATOT SUDJONO

    Alhamdulillah, kita berada pada umat Rasulullah yang demikian besar Allah,memberikan bulan mulia yaitu Ramadhan yang detik-detiknya berpahala dan dalam satu malamnya ada lailatul qadar yang nilainya lebih dari seru bulan.
    shubhanallah dengan menjadi umatNya kita sangat dirindukan ketemu Rasulullah Muhammad SAW karena kita tidak pernah melihatnya tetapi menjalankan perintahnya, maka Rasul rindu pada saudaranya.

  • Nirwan

    Ya 4JJI, nikmatku adalah bertemu dengan bulan yang penuh berkah, mudah-mudahan di bulan suci ini
    hamba dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada-Mu, Ya 4JJI ampunilah dosaku dan
    dosa kedua orangtuaku, berilah kami kemuliaan ahlak agar senantiasa selalu berada di jalan-Mu.
    Amiin ya robbal ‘alamiin.

  • http://dakwatuna Taufik

    Subhanallah…membaca khutbah Rasul tercinta, bagiku bagai mendengar merdu suaranya…Ya Allah, restuilah hamba-MU menemui kekasihmu sehingga dapat ku dengar suaranya, meskipun aku manusia yang tak pantas, karena tiada yang lebih membahagiakan seorang muslim selain menyembah-Mu bersama-sama kekasihmu, nikmatku adalah bertemu dengan bulan yang penuh berkah, mudah-mudahan di bulan suci ini hamba dapat lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada-Mu, Ya 4JJI ampunilah dosaku dan
    dosa kedua orangtuaku, berilah kami kemuliaan ahlak agar senantiasa selalu berada di jalan-Mu.
    Amiin ya robbal ‘alamiin.

  • abu hijaz

    Ya Rabbii izinkan kami bertemu dengannya tahun ini,dan berikanlah kami hidayah untuk menjadi hambamu yang terbaik didalamnya.Amin.. Allahumma amin ya Rabbal alamin.

  • mohan ghazaly

    alhamdulillah… Engkau Yang Maha segala-galanya. Engkau telah memberikan cahaya penerang batinku ini. Ya..Allah berikanlah kesehatan bagiku dalam menjalankan ibadah puasa. Dan berilah perlindungan Mu bagi keluargaku,anak istriku, saudara-saudaraku. Semoga kami menjadi hambamu yang soleh dan penuh kesabaran dalam menjalankan semua perintahmu dan menjauhi semua laranganMU. amiin..ya robbal alamin.

  • Pingback: dhee’s site » Blog Archive » Khutbah Rasulullah Menyambut Ramadhan()

  • Abu Fulki

    Subhanallah…..begitu mulianya Ramadhan sebagai hadiah Allah bagi umat muslim.Oleh karena itu, marilah kita songsong Ramadhan ini dengan memaksimalkan diri beribadah lillahi Taala. Semoga Allah menjadikan Ramadhan sebagai Pembersih dosa kita semua. Amin!

  • Pingback: » Khutbah Rasulullah Menyambut Ramadhan AN!T@’s Blog()

  • zuriyati

    hamba baca khutbahmu ya rasulullah dengan haru. kerinduanku untuk berjumpa kelak dengan mu semakin membara. kalau saja aku masuk surga, kau lah hamba Allah yang pertamakali aku cari.Ya Rasulullah…

  • http://khutbah-jumat.co.cc Abdul Mutolib

    Assalamu'alikum Wr. Wb
    Al-hamdulillah, walaupun terlambat, ana masih bisa membaca khutbah rasulullah saw, terima kasih

  • http://dakwatuna.com cecep

    bagus sekali saya ingin ,memerlukan khutbah bahasa sunda

  • http://[email protected] adimas

    subhanallah, jazakallah atas ditayangkannya hadist ini, sampaikan kami pada Ramadhan-Mu ya Allah…….

  • http://edinasirun.blogspot.com edi n

    ass..saya kesulitan mencari hadits dlm tulisan arab bisakah materi ditambah dg hadits aslinya…Jzk

  • http://kangaswad.wordpress.com Aswad

    Maaf hadits ini riwayat siapa? Bagaimana keshahihannya?

  • Sony

    Afwan Pak M. Bugi, Ana mau tanya, siapa perawi hadist ini, apa derajatnya? siapa yang menshahihkan? afwan pertannyaan ana agak mendetail karena banyak yang menukil hadist tsb dari situs ini tapi tidak tahu derajat dr hadist tsb dan lgsg membacakannya di depan majlis taklim.

  • nina

    pertanyaan saya sama dengan pak Sony…terimaksih sekali bila Ustd M Bugi bisa membantu kami

  • http://www.yahoo.com sofyan wumu

    Hebat

  • kamil amrulloh

    assalamualaikum wr. wb. sungguh saya tertarik sekali melihat artikel yang memuat hadis nabi tentang khutbah beliau tentang bulan ramadhan. tetapi saya masih bertanya-tanya tentang siapa perawi hadis khutbah tersebut, mohon penjelasannya siapa perawi akhir hadis tersebut (imam-imam hadis)?tolong di jawab

  • http://yahoo.co.id kamil amrulloh

    assalamualaikum wr, wb,
    alhamdulillah, hadis diatas benar-benar memiliki manfaat yang luar biasa
    tapi ma’af, hadis tersebut riwayat imam hadis yang mana (siapa)? pun juga derajat hadisnya bagaimana?
    wassalam

  • Rizqy

    minta ijin copy artikel ini ya?
    syukran

  • Rizqy

    oh ya, hadits tersebut diriwayatkan oleh siapa ya?
    derajatnya bagaimana?

  • ayu

    assalamualaikum wr.wb
    alhamdulilah , hadis diatas sangat bagus tetapi mengapa ayat2 nya tidak diterangkan juga
    wasalam.

  • fkpm Pondok Bahar

    ijin share

  • Blog Guru SMPN 1 Kikim Barat

    Khutbah Nabi Menjelang Ramadhan, Ternyata Haditsnya LEMAH

    Hadits ini sanadnya Dhaif, karena lemahnya Ali bin Zaid, berkata Ibnu Sa’ad, Di dalamnya ada kelemahan dan jangan berhujjah dengannya, berkata Imam Ahmad bin Hanbal, Tidak kuat, berkata Ibnu Ma’in. Dha’if berkata Ibnu Abi Khaitsamah, Lemah di segala penjuru, dan berkata Ibnu Khuzaimah, Jangan berhujjah dengan hadits ini, karena jelek hafalannya. Demikian di dalam Tahdzibut Tahdzib (7/322-323).

    Wallahu a’lam

  • Indri

    Assalamu’alaikum wr.wb.

    Minta ijin copy artikel ini , boleh ??

    Wassalamu’alaikum wr. wb.

  • syarof

    Alhamdulillah saya senang membaca artikel-artikelnya. mudah2an ini bisa bermanfaat juga bagi murid2 saya di SMP yang akan mengadakan pesantren kilat. mohon izin untuk mengcopynya. terimakasih. wassalam

  • asep deni susila

    subhanalloh.Allahuakbar.

  • basri

    masyaAllah! mari segra benahi diri tuk ramadhan yang lebih bermakna

  • Nurhadi

    assalamu’alaikum wr. wb.
    hadits di atas diambil dari kitab apa? tolong berbagi informasi. Trims
    wassalamu’alaikum wr,wb

  • Nurhadi

    assalamu’alaikum wr. wb.
    hadits di atas diambil dari kitab apa? dapatkah dituliskan teks arabnya? tolong berbagi informasi. Trims
    wassalamu’alaikum wr,wb

  • rizka

    semoga di bulan ramadhan ini kita bisa melatih diri kita, insyaAllah