Home / Suara Redaksi / Editorial / Menegakkan Keadilan

Menegakkan Keadilan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Keadilan adalah kata kunci yang menentukan selamat tidaknya manusia di muka bumi. Tanpa keadilan manusia pasti hancur. Karena itu tugas utama pokok manusia adalah menegakkan keadilan. Adil terhadap diri, keluarga dan masyarakatnya.

Allah Taala mengingatkan manusia agar tidak keluar dari prinsip keadilan. Sebab keluar dari prinsip keadilan adalah kezhaliman. Sebaliknya istiqamah menegakkan keadilan adalah taqwa. Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil, dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada taqwa. dan bertaqwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Maidah:8)

Menegakkan keadilan adalah kewajiban setiap manusia. Keadilan adalah risalah universal yang harus diperjuangkan oleh setiap manusia. Keadilan adalah satu-satunya jalan selamat menuju kebahagiaan hidup dan kedamaian. Seorang yang paham akan makna keadilan pasti beriman kepada Allah dan kekafiran identik dengan kezhaliman. Allah berfirman, ”Dan siapakah yang lebih zhalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya lalu dia berpaling dari padanya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sesungguhnya kami telah meletakkan tutupan di atas hati mereka, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka; dan kendatipun kamu menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk selama-lamanya.” (Al-Kahfi:57)

Keadilan akan tegak dengan kerja nyata dan harus ada sinergi yang kompak antar hama Allah yang bertekad menegakkan ajaran-Nya. Sinergi kolosal ini pasti membutuhkan pengorbanan. Sejarah mencatat bahwa tidak sedikit jiwa-jiwa suci para sahabat yang berguguran di medan pertempuran, melawan tirani dan kezhaliman. Allah berfirman dalam Surat At-Taubah: 111 ”Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al-Quran. dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.” Akan terasa mendalam, bila kita renungkan bahwa setiap perjuangan menegakkan keadilan pasti butuh pengorbanan. Bahwa untuk mencapai surga tidak mungkin dengan hanya mengkhayal, melainkan harus bergerak dengan penuh pengorbanan, baik harta maupun jiwa.

Ingat, sesungguhnya syetan tidak pernah istirahat dalam upaya menumbangkan prinsip keadilan. Wallahu a’lam bish shawab.

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (14 votes, average: 8,14 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

  • farhana

    Assalamualaikum

    buat pendakwah, luruskan niat kita semua
    insyaALLAH ragu itu pasti tiada

  • yani

    Surga balasannya..dan aku merindukannya tetapi ….Ya Allah kuatkanlah hati in untuk tetap berjalan dijalanMu Sabarkanlah hati ini untuk menerima cobaan cobaanMui

  • asrina

    keadilan harus ditegakkan

  • Dikman

    Sungguh berat seseorang yang diperlukan tidak adil namun ia tidak dapat menentang dan melawan ketidak adilan yang dialaminya.Melawan berarti memojokkan diri sendiri. Menjawab dalam alam wacana mudah ,tapi merealisasikannya sulirt.

  • Pingback: Penguasa yang adil « Abdurrahman Al Faiz || Catatan Seorang Akhi()

  • jannatulliani

    hanya mengoreksi penulisan nama surat yang menjadi sumber Al-Quran, bukan surat Al-Maidah ayat 8
    “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil, dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada taqwa. dan bertaqwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al-Maidah:8)
    tetapi yang benar adalah Al-Quran surat An-Nisa ayat 135.

  • Eliza

    keadlan hrs d tegakkan & d Jun2ng Tinggi,

  • mohon ijin untuk copy dan menampilkan alamat web di link blog saya

  • cheatax

    dunia ini memang banyak menganggap dirinya hebat
    memang dunia ini udh busuk
    udh tw slah mzih di lakukan nya

Lihat Juga

Muhammad Mursi, presiden sipil Mesir yang dikudeta militer. (aa.com)

Persidangan Terhadap Mursi dengan Dakwaan Sebagai “Mata-mata Qatar” Ditunda