Home / Dasar-Dasar Islam / Hadits / Syarah Hadits / Sabar: Keajaiban Seorang Mukmin

Sabar: Keajaiban Seorang Mukmin

dakwatuna.com – Dari Suhaib r.a., bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.” (HR. Muslim)

Sekilas Tentang Hadits :

Hadits ini merupakan hadits shahih dengan sanad sebagaimana di atas, melalui jalur Tsabit dari Abdurrahman bin Abi Laila, dari Suhaib dari Rasulullah SAW, diriwayatkan oleh:

· Imam Muslim dalam Shahihnya, Kitab Al-Zuhud wa Al-Raqa’iq, Bab Al-Mu’min Amruhu Kulluhu Khair, hadits no 2999.

· Imam Ahmad bin Hambal dalam empat tempat dalam Musnadnya, yaitu hadits no 18455, 18360, 23406 & 23412.

· Diriwayatkan juga oleh Imam al-Darimi, dalam Sunannya, Kitab Al-Riqaq, Bab Al-Mu’min Yu’jaru Fi Kulli Syai’, hadits no 2777.

Makna Hadits Secara Umum

Setiap mukmin digambarkan oleh Rasulullah saw. sebagai orang yang memiliki pesona, yang digambarkan dengan istilah ‘ajaban’. Pesona berpangkal dari adanya positif thinking seorang mukmin. Ketika mendapatkan kebaikan, ia refleksikan dalam bentuk syukur terhadap Allah swt. Karena ia paham, hal tersebut merupakan anugerah Allah. Dan tidaklah Allah memberikan sesuatu kepadanya melainkan pasti sesuatu tersebut adalah positif baginya. Sebaliknya, jika ia mendapatkan suatu musibah, ia akan bersabar. Karena ia yakin, hal tersebut merupakan pemberian sekaligus cobaan bagi dirinya yang ada rahasia kebaikan di dalamnya. Sehingga refleksinya adalah dengan bersabar dan mengembalikan semuanya kepada Allah swt.

Urgensi Kesabaran

Kesabaran merupakan salah satu ciri mendasar orang yang bertaqwa. Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa kesabaran setengah keimanan. Sabar memiliki kaitan erat dengan keimanan: seperti kepala dengan jasadnya. Tidak ada keimanan yang tidak disertai kesabaran, sebagaimana tidak ada jasad yang tidak memiliki kepala. Oleh karena itu, Rasulullah saw. menggambarkan ciri dan keutamaan orang beriman sebagaimana hadits di atas.

Makna Sabar

Sabar merupakan istilah dari bahasa Arab dan sudah menjadi istilah bahasa Indonesia. Asal katanya adalah “shabara”, yang membentuk infinitif (masdar) menjadi “shabran“. Dari segi bahasa, sabar berarti menahan dan mencegah. Menguatkan makna seperti ini adalah firman Allah dalam Al-Qur’an: “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.” (Al-Kahfi: 28)

Perintah bersabar pada ayat di atas adalah untuk menahan diri dari keingingan ‘keluar’ dari komunitas orang-orang yang menyeru Rabnya serta selalu mengharap keridhaan-Nya. Perintah sabar di atas sekaligus juga sebagai pencegahan dari keinginan manusia yang ingin bersama dengan orang-orang yang lalai dari mengingat Allah swt.

Sedangkan dari segi istilahnya, sabar adalah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.

Amru bin Usman mengatakan, bahwa sabar adalah keteguhan bersama Allah, menerima ujian dari-Nya dengan lapang dan tenang. Hal senada juga dikemukakan oleh Imam Al-Khawas, “Sabar adalah refleksi keteguhan untuk merealisasikan Al-Qur’an dan sunnah. Sehingga sabar tidak identik dengan kepasrahan dan ketidakmampuan. Rasulullah saw. memerintahkan umatnya untuk sabar ketika berjihad. Padahal jihad adalah memerangi musuh-musuh Allah, yang klimaksnya adalah menggunakan senjata (perang).”

Sabar Sebagaimana Digambarkan Dalam Al-Qur’an

Dalam Al-Qur’an banyak ayat yang berbicara mengenai kesabaran. Jika ditelusuri, terdapat 103 kali disebut dalam Al-Qur’an, baik berbentuk isim maupun fi’ilnya. Hal ini menunjukkan betapa kesabaran menjadi perhatian Allah swt.

1. Sabar merupakan perintah Allah. “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 153). Ayat-ayat yang serupa Ali Imran: 200, An-Nahl: 127, Al-Anfal: 46, Yunus: 109, Hud: 115.

2. Larangan isti’jal (tergesa-gesa). “Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka…” (Al-Ahqaf: 35)

3. Pujian Allah bagi orang-orang yang sabar: “…dan orang-orang yang bersabar dalam kesulitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar imannya dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.” (Al-Baqarah: 177)

4. Allah akan mencintai orang-orang yang sabar. “Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.” (Ali Imran: 146)

5. Kebersamaan Allah dengan orang-orang yang sabar. Artinya Allah senantiasa akan menyertai hamba-hamba-Nya yang sabar. “Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah itu beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Anfal: 46)

6. Mendapatkan pahala surga dari Allah. (Ar-Ra’d: 23 – 24)

Kesabaran Sebagaimana Digambarkan Dalam Hadits

Sebagaimana dalam Al-Qur’an, dalam hadits banyak sekali sabda Rasulullah yang menggambarkan kesabaran. Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi mencantumkan 29 hadits yang bertemakan sabar. Secara garis besar:

1. Kesabaran merupakan “dhiya’ ” (cahaya yang amat terang). Karena dengan kesabaran inilah, seseorang akan mampu menyingkap kegelapan. Rasulullah mengungkapkan, “…dan kesabaran merupakan cahaya yang terang…” (HR. Muslim)

2. Kesabaran merupakan sesuatu yang perlu diusahakan dan dilatih secara optimal. Rasulullah pernah menggambarkan: “…barang siapa yang mensabar-sabarkan diri (berusaha untuk sabar), maka Allah akan menjadikannya seorang yang sabar…” (HR. Bukhari)

3. Kesabaran merupakan anugerah Allah yang paling baik. Rasulullah mengatakan, “…dan tidaklah seseorang itu diberi sesuatu yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran.” (Muttafaqun Alaih)

4. Kesabaran merupakan salah satu sifat sekaligus ciri orang mukmin, sebagaimana hadits yang terdapat pada muqadimah; “Sungguh menakjubkan perkara orang yang beriman, karena segala perkaranya adalah baik. Jika ia mendapatkan kenikmatan, ia bersyukur karena (ia mengatahui) bahwa hal tersebut adalah memang baik baginya. Dan jika ia tertimpa musibah atau kesulitan, ia bersabar karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut adalah baik baginya.” (HR. Muslim)

5. Seseorang yang sabar akan mendapatkan pahala surga. Dalam sebuah hadits digambarkan; Dari Anas bin Malik ra berkata, bahwa aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah berfirman, ‘Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian diabersabar, maka aku gantikan surga baginya’.” (HR. Bukhari)

6. Sabar merupakan sifat para nabi. Ibnu Mas’ud dalam sebuah riwayat pernah mengatakan: Dari Abdullan bin Mas’ud berkata”Seakan-akan aku memandang Rasulullah saw. menceritakan salah seorang nabi, yang dipukuli oleh kaumnya hingga berdarah, kemudia ia mengusap darah dari wajahnya seraya berkata, ‘Ya Allah ampunilah dosa kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui.” (HR. Bukhari)

7. Kesabaran merupakan ciri orang yang kuat. Rasulullah pernah menggambarkan dalam sebuah hadits; Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah bersabda, “Orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, namun orang yang kuat adalah orang yang memiliki jiwanya ketika marah.” (HR. Bukhari)

8. Kesabaran dapat menghapuskan dosa. Rasulullah menggambarkan dalam sebuah haditsnya; Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullan saw. bersabda, “Tidaklah seorang muslim mendapatkan kelelahan, sakit, kecemasan, kesedihan, mara bahaya dan juga kesusahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan dosa-dosanya dengan hal tersebut.” (HR. Bukhari & Muslim)

9. Kesabaran merupakan suatu keharusan, dimana seseorang tidak boleh putus asa hingga ia menginginkan kematian. Sekiranya memang sudah sangat terpaksa hendaklah ia berdoa kepada Allah, agar Allah memberikan hal yang terbaik baginya; apakah kehidupan atau kematian. Rasulullah saw. mengatakan; Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah salah seorang diantara kalian mengangan-angankan datangnya kematian karena musibah yang menimpanya. Dan sekiranya ia memang harus mengharapkannya, hendaklah ia berdoa, ‘Ya Allah, teruskanlah hidupku ini sekiranya hidup itu lebih baik untukku. Dan wafatkanlah aku, sekiranya itu lebih baik bagiku.” (HR. Bukhari Muslim)

Bentuk-Bentuk Kesabaran

Para ulama membagi kesabaran menjadi tiga:

1. Sabar dalam ketaatan kepada Allah. Merealisasikan ketaatan kepada Allah, membutuhkan kesabaran, karena secara tabiatnya, jiwa manusia enggan untuk beribadah dan berbuat ketaatan. Ditinjau dari penyebabnya, terdapat tiga hal yang menyebabkan insan sulit untuk sabar. Pertama karena malas, seperti dalam melakukan ibadah shalat. Kedua karena bakhil (kikir), seperti menunaikan zakat dan infaq. Ketiga karena keduanya, (malas dan kikir), seperti haji dan jihad.

2. Sabar dalam meninggalkan kemaksiatan. Meninggalkan kemaksiatan juga membutuhkan kesabaran yang besar, terutama pada kemaksiatan yang sangat mudah untuk dilakukan, seperti ghibah (baca; ngerumpi), dusta, dan memandang sesuatu yang haram.

3. Sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah, seperti mendapatkan musibah, baik yang bersifat materi ataupun inmateri; misalnya kehilangan harta dan kehilangan orang yang dicintai.

Kiat-kiat Untuk Meningkatkan Kesabaran

Ketidaksabaran (baca; isti’jal) merupakan salah satu penyakit hati, yang harus diterapi sejak dini. Karena hal ini memilki dampak negatif pada amal. Seperti hasil yang tidak maksimal, terjerumus kedalam kemaksiatan, enggan melaksanakan ibadah. Oleh karena itulah, diperlukan beberapa kiat guna meningkatkan kesabaran. Di antaranya:

1. Mengikhlaskan niat kepada Allah swt.

2. Memperbanyak tilawah (membaca) Al-Qur’an, baik pada pagi, siang, sore ataupun malam hari. Akan lebih optimal lagi manakala bacaan tersebut disertai perenungan dan pentadaburan.

3. Memperbanyak puasa sunnah. Puasa merupakan ibadah yang memang secara khusus dapat melatih kesabaran.

4. Mujahadatun nafs, yaitu sebuah usaha yang dilakukan insan untuk berusaha secara giat untuk mengalahkan nafsu yang cenderung suka pada hal-hal negatif, seperti malas, marah, dan kikir.

5. Mengingat-ingat kembali tujuan hidup di dunia. Karena hal ini akan memacu insan untuk beramal secara sempurna.

6. Perlu mengadakan latihan-latihan sabar secara pribadi. Seperti ketika sedang sendiri dalam rumah, hendaklah dilatih untuk beramal ibadah dari pada menyaksikan televisi, misalnya. Kemudian melatih diri untuk menyisihkan sebagian rezeki untuk infaq fi sabilillah.

7. Membaca-baca kisah-kisah kesabaran para sahabat, tabi’in maupun tokoh-tokoh Islam lainnya.

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (109 votes, average: 8,83 out of 10)
Loading...Loading...
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (rajabulgufron.wordpress.com)

Ketika Kita Bersabar

  • Abu Hana

    Subhanallah – Walhamdulillah – Wa Laa ilaaha illallah – Wallahuakbar. Terbayang betapa besarnya kekuatan yg dimiliki seorang hamba jika ia mampu menguasai hal ini. Ia selalu dalam posisi balance segala masalah yg dihadapi seolah tiada arti, hanya keridlaan Allah di atas segalanya. Bangsa ini ambruk karena jauhnya pemahaman akan konsep kesabaran ini. Hingga kehilangan akal utk mengatasi problematikanya sendiri. Hingga jalan pintas menjadi solusi satu2nya. Sabar hanya dianggap suatu yg pasif padahal jika difahami dari tulisan di atas sabar adalah sesuatu yg proaktif. Semoga Allah SWT segera memunculkan ketangguhan suatu generasi di negeri ini. Yg mereka mencintai Allah dan Allahpun mencintai mereka. Dan mereka menjadi solusi bagi permasalahan umat di negeri ini. Rabbanaa hablana min azwajinaa wadzurriyyatina qurrota a'yun waja'alna lil muttaqiina imaama.

  • http://bayusutu.multiply.com Yuan Ortega

    Sukron Jazakallahu Katsiraan buat Tim dakwatuna.com ^_^

  • hidayat

    bagus, memang seorang muslim harus bersabar dalam segala hal

  • Siti N Agustianti He

    InsyaAllah kita selalu bisa belajar untuk menjadi hamba-Nya yang sabar, amien…

  • Nashrudin

    Alhamdulillah,suatu pencerahan spiritual yang mengesankan untuk segera diaplikasikan dalam kehidupan nyata.terima kasih.teruslah berjuang!

  • lujeng

    saya juga lagi belajar bersabar lho…doakan berhasil yach…setelah cobaan yang aku alami aku sadar bahwa manusia bukan apa-apa hanya debu…

  • istiyanti

    Alhamdulillah, artikel ini menjadi referensi saya dalam mengarungi hidup. Terima kasih.

  • Wiwit Purwnto

    Memang sabar merupakan suatu hal yang sangat diperlukan dalam diri setiap muslim. Dimana tidak bahwa kesabaran akan menolong kita bersama sholat.Sabar memang suatu hal terkadang sulit untuk kita lakuakan,tapi tidak menutup kemungkinan untk bisa melakukan.Kita sadari bahwa terkandang cobaan datang begitu saja tanpa kita ketahui,saat itulah kita dituntut untuk dapat bersabar. Sesungguhnya dibalik kesabaran ada kemenangan.

  • budi setiawan

    Masya Allah, betapa tidak sabarnya saya selama ini membaca kajian di atas. Pantas saja kondisi ummat secara umum saat ini seperti ini karena kitanya sendiri sebagai du'at belum cukup bersabar dalam membina diri lebih-lebih dalam membina orang lain. Allahu Akbar atas segala kebesaran dan keagungan ajaranNya. Mari kita mulai bersabar dalam meningkatkan ma'nawiah kita agar kita segera bisa berbuat sesuatu yang memberikan maslahat kepada orang lain.

  • susi

    saya sangat berterima kasih dengan adanya pembahasan ini, kebetulan saya lagi bantuin temen buatin makalah tentang sabar, saa kekurangan bahan. saya ngambil bahan dari sini, sukron kasyir

  • ririn

    Alhamdullilah…selama ini saya coba tuk bersabar…

  • HAMBA ALLAH

    YA ALLAH SEMOGA DENGAN KESABARAN KITA SELALU DI BERIKAN YANG TERBAIK amiiin YA ALLAH

  • eko

    emang muslim harus sabar.pokoke manusia CUMA BISA USAHA. YANG NENTUIN YA CUMA YANG BISA MEMERAHKAN CABE AMA YANG BISA NUMBUHIN DAUN.

  • Rocky

    Jazzakallah

  • http://www.yahoo.co.id feriska

    HIDUP HARUS PENUH DGN KESABARAN…

  • agivansyah

    saya tertarik dengan semuanya…………@@@@ karena saat ini saya butuh point-point kesabaran ,,,,,,,,??? mudah mudahan diri ini bisa sabar …………aminnnnnnnn

  • http://www.dakwatuna.com Ridyan Ardyan

    Dalam menjalani hidup ini memang tidak semudah yg kita bayangkan, dengan bebrabagai cobaan yang di berikan kepada kita dari allah SWT. dan saya yakin Alloh maha adil, allah tidak akan memberikan cobaan kepada kita bukan dengan semata-mata allah benci kepada kita melainkan menguji keimanan kita kepadanya. hanya dengan bersabar dan dekat kepadanyalah kita bisa menghadapi segala cobaan yg allah berikan kepada kita, dan saya yakin allah maha adil.

  • budi

    saya orang yang mencoba bersabar dalam menjalani hidup ini.. mudah2an saya bisa bersabar dalam menjalankan nya..( amin..)

  • layla

    astaghfirullah al adziim..jujur, sulit sekali untuk bersabar..ketika qta merasa sudah cukup sabar ternyata datang lagi gelombang ujian yang lebih besar yang mempertanyakan diri "Sudah Cukup sabar-kah saya selama ini?" Semoga Allah terus membantu saya untuk menerima semua ketetapanNYA dgn sabar. Apa yang ditulis dalam artikel ini, sungguh saya rasakan sebagai salah satu pertolongan Allah untuk menghibur dan menguatkan hati dalam bersabar. Alhamdulillah.

  • bgabang

    asssalamu'alaikum da'watuna. Semoga Allah berikan amal jariyah ini bagi kalian sebagai pemberat timbangan untuk mencapai Ridho Nya. semoga Allah beri kekuatan pada diri kalian untuk menyebarkan kemuliaan Islam. Islam itu lembut, tapi terkadang sikap pemelukknya menodai ke sucian Islam itu sendiri. Semoga kalian mampu menepis dugaan itu dengan menyebarkan nilai-nilai kelembutan Islam. Amin…

  • http://palindonesia fatchul bachri

    Sabar memang penting dan diperlukan dalam kehidupan seorang muslim, sehingga kita tidak boleh mengatakan, sak sabar-sabare pasti ada batasnya, ini menunjukkan kita berputus asa.

  • http://4_lee.blogs.friendster.com/lees_blog/ ali

    asssalamu’alaikum tim da’watuna,

    Jazzakallah bgus skali tlisan klian,

    saya mhon ijin untuk memuatnya d blog saya http://4_lee.blogs.friendster.com/lees_blog/

    syukron b4

    ma'assalam

  • Shanti Martha

    Semoga saya termasuk golongan orang-orang yg sabar…

  • Tisna

    Ass Wr Wb

    Kalau yang saya pahami sabar itu adalah membenarkan semua ketentuanNYA (ada di Al'Quran dan Al sunah). Tidak hanya menahandiri yang kita tidak mengerti kenapa kita harus menerimanya, tetapi untuk berhukum kepada Al'Quran pikir-pikir dulu…. apakah itu yang di sebut Bersabar ???????. Wass Wr Wb.

  • ahmad

    Subahnanalloh . . ana ingin sekali belajar untuk sabar, semoga Alloh selalui memembimbingku, amien…..

  • nabila

    maksih ya infonya sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat berguna untuk diriku tapi saya sendiri susah menjadi orang yang sabar

  • Tri Kuswantoro

    Keridhoan adalah semata-mata milik Allah SWT

  • mahalia

    Semoga aku bisa mengamalkannya, Amin

  • chairilhamdani

    Sabda Rasulullah Jika orang yang beriman tertimpa musibah , ia bersabar adalah hal terbaik bagi dirinya sungguh sudah sangat tepat, tapi barangkali melihat kenyataan hidup, saat mendapat kebahagiaanpun perlu bersabar, agar tidak euphoria, dan bersenang menuju hedonisme, Wallahu alam.

  • chairilhamdani

    kesabaran yang diupayakan sendiri memang amat sangat berat, namun bila diawali pendekatan diri kepada ALLAH dan memohon lindunganNYA, Insya ALLAH lebih ringan. ALLAH beserta orang yang sabar sejak awal ichtiar, Insya ALLAH cinta dan sayangNYA lebih mudah dihayati

  • Firli fadriansyah

    Sungguh Allah beserta orang yang sabar, bersabarlah dan teruslah beramal akhi hingga kita berjumpa dengan-Nya

  • http://fajarianto.blogspot.com fajar

    Sabar merupakan tanda keimanan seorang muslim, sukron, atas tulisannya

  • adib wong baluk

    "Sabarkan dirimu niscaya Allah akan menolongmu,krna Allah bersma dngn orang sabar"

    Doakan mas adib ya yang baca ini semua agar saya dapat menjadi orang yang sabar dalam mengarungi hidup ini.amien…..

    "Laaqaula Walaa khuwwatan ILLAA Billaahil 'alyyull 'adziim".

  • Pingback: PengusahaMuslim.com - Blog » Sabar: Keajaiban Seorang Mukmin()

  • Dodi Ramdhansyah

    Bersabar adalah ciri seorang muslim yang baik dan benar, karena dari kesabaran banyak hikmah yang didapat dan dari kesabaran kita akan semakin dekat dan yakin bahwa Allah SWT mencintai hambanya yang bersabar, dan bersabar itu tidak ada batasnya selama kita masih menjalani kehidupan ini, sampai ajal menjemputpun kita harus bersabar, dan setelah di alam kubur kita juga harus bersabar menunggu panggilan Illahi yang mengakhiri kehidupan di dunia ini ( Kiamat ).

  • riri

    Assalamualaikum …. Alhamdulillah, saya harus bisa bersabar dalam menghadapi segala cobaan yang selalu datang.

  • http://www.dakwatuna.com sutrisno

    Assalamualaikum ..Alhamdulillah kesabaran adalah pilihan apabila kesabaran yang kita pilih kebaikan yang kita dapatkan tapi bila sebaliknya kemarahan yang kita pilih maka kemudhorotan yang kita dapatkan

  • yanti

    assalamualaikum
    pa sabar perlu latihan seumur hidup ya???

  • Edie

    Kata sabar mudah skali kita sarankan keorang.tp saat sabar itu harus kita tanam pada diri kita saat tertimpa musibah apa semudah kita sarankan keorang.harus bisa!

  • susi

    “sabar bu….”
    katanya, tu ja dah dapat pahala hlo…

  • Fahrudin

    Semoga yang sudah membaca tulisan ini diberi kesabaran oleh Allah SWT. termasuk saya dong ……

  • http://www.tazco.blogspot.com mh

    ikut mendokumentasikan artikel ini, tanpa menghilangkan sumber nya, Trimakasih

  • http://mahfuzhoh.wordpress.com mahfuzhoh

    Jazakallah Khoir

  • nandi junaedi

    Membaca artikel ini serasa lebih tenang, Jazakallah khoir :)

  • Akin

    Alhamdulillah… sgat indah ya nikmat sabar…

    Bolehkah saya dibantu tuk sbr dr hal brpcran? mgkin dgn sbuah artikel.. saya tdk ingin terjerumus lg..sya ingin menjadi ikhwan yg benar. namun sgt sulit, krn saya trlalu srg tringat masa2 itu dan msh gundah krn hrus brpisah dgn org yg msh sgt saya cintai tsb.

    sebelumnya, terima kasih…

  • lestari handayani

    alhamdulillah ya’ALLOH…. subhanallah jaminan buat orang2 yang sabar…
    bolehkah saya dibantu agar selalu dan selalu lebih sabar dalam menghadapi semmua masalah dan musibah tanpa harus selalu meratapi dan menangisi nasib yang kadang susah dikendalikan tiap masalah dan musibah menimpa..

    terima kasih,wassalamu’alaikum wr.wb…..

  • http://belum ali

    pengen sabarrrr tapi susaaaaaaaaaaaaaaaaahhhh berkali2 tdak akan mengulangi tapi nyatanya terulang…………………………………tolong aqqqqqqqq

  • rif

    makasih tulisannya, walau saya dah nyoba sblum baca tulisan ini, tulisannya tambah menguatkan saya untuk bersabar, jajakaulah khoir nasihatnya. tulis lagi yang banyak yach

  • Ratna Amalia

    Semoga sayapun bisa bersabar walau untuk dijalani sangatlah sulit, apalagi untu ridho. Syukron katsiron artikelnya.

  • Akh_Budyadi

    Assalamu’alaykum.. Subhanallah.. Artikel ngepas bgt bwt mslh yg sdg ana hadapi saat ini. Mslh yg bnr2 berat hingga ana dbuat jatuh bangun-jatuh bangun oleh’y. Brsyukur ana dsuruh u/cri materi sabar sm murobbi bwt kultum minggu yg akhir’y ktmu jg artikel ini.. Jazakallah ana merasa tenang dan tegar sekarang

  • wiwid

    Mudah-mudahan semua yang udah baca artikel ini bisa menjadi manusia yang lebih sabar. Amien

  • http://google agizza

    uuuuuuh bagus banget kata2nya. jadi terharu bacanya.

  • Nora

    Assalamu’alaykum.WR.WB
    Subhanalloh, smg kita menjadi hamabaNya yang SABAR….
    Afwan ikut Copy boleh??Jazakumulloh Khoir
    Wassalamu’alaykum.WR.WB

  • Haryati

    Kita memang harus bersabar dalam segala hal, tapi tetap optimis dan tetap memperjuangkan hak-hak kita sebagai manusia.

  • Ernawati

    Sebagai hamba Allah yang baik, sabar merupakan suatu yang harus diperjuangkan. Butuh proses yang panjang untuk bisa bersabar. Namun dengan usaha keras dan doa yang kuat insya Allah kita bisa meraihnya. Walau ujian-ujian untuk meraih kesabaran itu sendiri butuh juga hati yang sabar dan lapang menghadapinya. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang sabar, dengan menyadari apapun yang diberikan kepada kita adalah yang terbaik dari Allah, baik untuk hidup kita, agama kita, dunia dan akhirat kt

  • uyun

    Ya ALLah Rab sang penguasa.jadikanlah aku orang pesabar, berikanlah aku kekuatan,,,,,aku lemah…..

  • muhammad

    bersabarlah kamu wahai orang yang beriman… karena dengan bersabar, kamu akan menuju suatu kemenangan hidup..

  • mul

    ya Alloh jadikanlah umatmu ini orang yang sabar…. dan jadikan pula saudara – saudaraku orang yang sabar dalam menerima nikmatmu dan kekurangan – yang Engkau berikan kepadaku dan saudara – saudaraku….amin

  • Nufus

    Sifat sabar, tanpanya Manusia akan menjadi pemarah yang akan menjadikannya jauh dari sifat lembut.

  • putri

    Semoga sifat sabar senantiasa ada dalam diriku… Amin
    Visit akhmad06.student.ipb.ac.id

  • yudi yahya

    moga bisa mana yang baek.buruk dn hikmah y amien…..

  • win

    Alhamdulillah..bisa berlatih bersabar lagi…barokallah

  • isti sulaiman

    Semoga ramadhan ini menjadikan kita lebih sabar
    sabar menyiapkan Saur dan Buka, sabar mengajak anak berpuasa, Sabar menghadapi Suami dan anak anak.

  • Much Jasir

    sabar itu suatu ungkapan yang mudah diucapkan tapi sulit untuk dijalankan,, ya Allah berilah hamba kekuatan untuk bisa berlaku sabar,, karena hamba ingin menjadi orang yg muttaqien,, amien…….

  • myun

    sabar tidak hanya di bulan ramadhan..
    tapi juga bulan2 berikutnya..
    amiin..