Home / Dasar-Dasar Islam / Aqidah / Makna Islam

Makna Islam

dakwatuna.com – Di antara keistimewaan agama Islam adalah namanya. Berbeda dengan agama lain, nama agama ini bukan berasal dari nama pendirinya atau nama tempat penyebarannya. Tapi, nama Islam menunjukkan sikap dan sifat pemeluknya terhadap Allah.

Yang memberi nama Islam juga bukan seseorang, bukan pula suatu masyarakat, tapi Allah Ta’ala, Pencipta alam semesta dan segala isinya. Jadi, Islam sudah dikenal sejak sebelum kedatangan Nabi Muhammad saw. dengan nama yang diberikan Allah.

Islam berasal dari kata salima yuslimu istislaam –artinya tunduk atau patuh– selain yaslamu salaam –yang berarti selamat, sejahtera, atau damai. Menurut bahasa Arab, pecahan kata Islam mengandung pengertian: islamul wajh (ikhlas menyerahkan diri kepada Allah), istislama (tunduk secara total kepada Allah), salaamah atau saliim (suci dan bersih), salaam (selamat sejahtera), dan silm (tenang dan damai). Semua pengertian itu digunakan Alquran seperti di ayat-ayat berikut ini.

وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا

Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayangan-Nya. (An-Nisa': 125)

أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ

Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan Hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan. (Ali Imran: 83)

إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ

Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih. (Asy-Syu’araa': 89)

وَإِذَا جَاءَكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِآَيَاتِنَا فَقُلْ سَلَامٌ عَلَيْكُمْ كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَى نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ أَنَّهُ مَنْ عَمِلَ مِنْكُمْ سُوءًا بِجَهَالَةٍ ثُمَّ تَابَ مِنْ بَعْدِهِ وَأَصْلَحَ فَأَنَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat kami itu datang kepadamu, Maka Katakanlah: “Salaamun alaikum (Mudah-mudahan Allah melimpahkan kesejahteraan atas kamu).” Tuhanmu Telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, Maka Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-An’am: 54)

فَلَا تَهِنُوا وَتَدْعُوا إِلَى السَّلْمِ وَأَنْتُمُ الْأَعْلَوْنَ وَاللَّهُ مَعَكُمْ وَلَنْ يَتِرَكُمْ أَعْمَالَكُمْ

Janganlah kamu lemah dan minta damai padahal kamulah yang di atas dan Allah pun bersamamu dan dia sekali-kali tidak akan mengurangi pahala amal-amalmu. (Muhammad: 35)

Sementara sebagai istilah, Islam memiliki arti: tunduk dan menerima segala perintah dan larangan Allah yang terdapat dalam wahyu yang diturunkan Allah kepada para Nabi dan Rasul yang terhimpun di dalam Alquran dan Sunnah. Manusia yang menerima ajaran Islam disebut muslim. Seorang muslim mengikuti ajaran Islam secara total dan perbuatannya membawa perdamaian dan keselamatan bagi manusia. Dia terikat untuk mengimani, menghayati, dan mengamalkan Alquran dan Sunnah.

Kalimatul Islam (kata Al-Islam) mengandung pengertian dan prinsip-prinsip yang dapat didefinisikan secara terpisah dan bila dipahami secara menyeluruh merupakan pengertian yang utuh.

1. Islam adalah Ketundukan

Allah menciptakan alam semesta, kemudian menetapkan manusia sebagai hambaNya yang paling besar perannya di muka bumi. Manusia berinteraksi dengan sesamanya, dengan alam semesta di sekitarnya, kemudian berusaha mencari jalan untuk kembali kepada Penciptanya. Tatkala salah berinteraksi dengan Allah, kebanyakan manusia beranggapan alam sebagai Tuhannya sehingga mereka menyembah sesuatu dari alam. Ada yang menduga-duga sehingga banyak di antara mereka yang tersesat. Ajaran yang benar adalah ikhlas berserah diri kepada Pencipta alam yang kepada-Nya alam tunduk patuh berserah diri (An-Nisa: 125). Maka, Islam identik dengan ketundukan kepada sunnatullah yang terdapat di alam semesta (tidak tertulis) maupun Kitabullah yang tertulis (Alquran).

2. Islam adalah Wahyu Allah

Dengan kasih sayangnya, Allah menurunkan Ad-Dien (aturan hidup) kepada manusia. Tujuannya agar manusia hidup teratur dan menemukan jalan yang benar menuju Tuhannya. Aturan itu meliputi seluruh bidang kehidupan: politik, hukum, sosial, budaya, dan sebagainya. Dengan demikian, manusia akan tenteram dan damai, hidup rukun, dan bahagia dengan sesamanya dalam naungan ridha Tuhannya (Al-Baqarah: 38).

Karena kebijaksanaan-Nya, Allah tidak menurunkan banyak agama. Dia hanya menurunkan Islam. Agama selain Islam tidak diakui di sisi Allah dan akan merugikan penganutnya di akhirat nanti.

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآَيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah, maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (Ali Imran: 19)

Islam merupakan satu-satunya agama yang bersandar kepada wahyu Allah secara murni. Artinya, seluruh sumber nilai dari nilai agama ini adalah wahyu yang Allah turunkan kepada para Rasul-Nya terdahulu. Dengan kata lain, setiap Nabi adalah muslim dan mengajak kepada ajaran Islam. Ada pun agama-agama yang lain, seperti Yahudi dan Nasrani, adalah penyimpangan dari ajaran wahyu yang dibawa oleh para nabi tersebut.

3. Islam adalah Agama Para Nabi dan Rasul

Perhatikan kesaksian Alquran berikut ini bahwa Nabi Ibrahim adalah muslim, bukan Yahudi atau pun Nasrani.

وَوَصَّى بِهَا إِبْرَاهِيمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يَا بَنِيَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَى لَكُمُ الدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُون

Dan Ibrahim Telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah Telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (Al-Baqarah: 132)

Nabi-nabi lain pun mendakwahkan ajaran Islam kepada manusia. Mereka mengajarkan agama sebagaimana yang dibawa Nabi Muhammad saw. Hanya saja, dari segi syariat (hukum dan aturan) belum selengkap yang diajarkan Nabi Muhammad saw. Tetapi, ajaran prinsip-prinsip keimanan dan akhlaknya sama. Nabi Muhammad saw. datang menyempurnakan ajaran para Rasul, menghapus syariat yang tidak sesuai dan menggantinya dengan syariat yang baru.

قُلْ آَمَنَّا بِاللَّهِ وَمَا أُنْزِلَ عَلَيْنَا وَمَا أُنْزِلَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ وَالْأَسْبَاطِ وَمَا أُوتِيَ مُوسَى وَعِيسَى وَالنَّبِيُّونَ مِنْ رَبِّهِمْ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْهُمْ وَنَحْنُ لَهُ مُسْلِمُونَ

Katakanlah: “Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya’qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan Hanya kepada-Nyalah kami menyerahkan diri.” (Ali Imran: 84)

Menurut pandangan Alquran, agama Nasrani yang ada sekarang ini adalah penyimpangan dari ajaran Islam yang dibawa Nabi Isa a.s. Nama agama ini sesuai nama suku yang mengembangkannya. Isinya jauh dari Kitab Injil yang diajarkan Isa a.s.. Agama Yahudi pun telah menyimpang dari ajaran Islam yang dibawa Nabi Musa a.s.. Diberi nama dengan nama salah satu Suku Bani Israil, Yahuda. Kitab Suci Taurat mereka campur aduk dengan pemikiran para pendeta dan ajarannya ditinggalkan.

4. Islam adalah Hukum-hukum Allah di dalam Alquran dan Sunnah

Orang yang ingin mengetahui apa itu Islam hendaknya melihat Kitabullah Alquran dan Sunnah Rasulullah. Keduanya, menjadi sumber nilai dan sumber hukum ajaran Islam. Islam tidak dapat dilihat pada perilaku penganut-penganutnya, kecuali pada pribadi Rasulullah saw. dan para sahabat beliau. Nabi Muhammad saw. bersifat ma’shum (terpelihara dari kesalahan) dalam mengamalkan Islam.

Beliau membangun masyarakat Islam yang terdiri dari para sahabat yang langsung terkontrol perilakunya oleh Allah dan Rasul-Nya. Jadi, para sahabat Nabi tidaklah ma’shum bagaimana Nabi, tapi mereka istimewa karena merupakan pribadi-pribadi dididik langsung Nabi Muhammad. Islam adalah akidah dan ibadah, tanah air dan penduduk, rohani dan amal, Alquran dan pedang. Pemahaman yang seperti ini telah dibuktikan dalam hidup Nabi, para sahabat, dan para pengikut mereka yang setia sepanjang zaman.

5. Islam adalah Jalan Allah Yang Lurus

Islam merupakan satu-satunya pedoman hidup bagi seorang muslim. Baginya, tidak ada agama lain yang benar selain Islam. Karena ini merupakan jalan Allah yang lurus yang diberikan kepada orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah.

وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Dan bahwa (yang kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, Maka ikutilah Dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), Karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalannya. yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa. (Al-An’am: 153)

ثُمَّ جَعَلْنَاكَ عَلَى شَرِيعَةٍ مِنَ الْأَمْرِ فَاتَّبِعْهَا وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَ الَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ

Kemudian kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama itu), Maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak Mengetahui. (Al-Jaatsiyah: 18)

6. Islam Pembawa Keselamatan Dunia dan Akhirat

Sebagaimana sifatnya yang bermakna selamat sejahtera, Islam menyelamatkan hidup manusia di dunia dan di akhirat.

Keselamatan dunia adalah kebersihan hati dari noda syirik dan kerusakan jiwa. Sedangkan keselamatan akhirat adalah masuk surga yang disebut Daarus Salaam.

وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى دَارِ السَّلَامِ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Allah menyeru (manusia) ke darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam). (Yunus: 25)

Dengan enam prinsip di atas, kita dapat memahami kemuliaan dan keagungan ajaran agama Allah ini. Nabi Muhammad saw. bersabda, “Islam itu tinggi dan tidak ada kerendahan di dalamnya.” Sebagai ajaran, Islam tidak terkalahkan oleh agama lain. Maka, setiap muslim wajib meyakini kelebihan Islam dari agama lain atau ajaran hidup yang lain. Allah sendiri memberi jaminan.

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. (Al-Maa-idah: 3)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (167 votes, average: 9,16 out of 10)
Loading...Loading...
Aus Hidayat Nur
Dilahirkan di Garut pada Juli 1961, aktif dalam kegiatan dakwah dan tulis-menulis sejak SMU dan Mahasiswa di Univ. Indonesia.

Lihat Juga

Ilustrasi (inet)

Haid dalam Pandangan Islam

  • diana

    Al Islamu ya’lu walaa yu’la
    Alhamdulillah :) mari bersyukur pada-Nya atas nikmat Islam ini..

  • http://anaknegri zainal

    Islam adalah sistem hidup yg sempurna,yang mengatur seluruh kehidupan, dari pengaturan negara sampai cara memotong kuku, namun seberapa persen muslimin yg mengetau arti makna dan sistem hidup ini, marilah kita bersama untuk saling menggali kemulyaan islam ini agar kembali jaya di dunia sejaya beberapa abat yg lalu.

  • Silfia

    Islam adalah agama yang diakui ALLAH SWT. marilah kita selalu bersyukur & berdo'a agar ALLAH selalu memberikan nikmat iman kepada kita, jangan sampai ALLAH mencabut nikmat yang telah diberikannya itu kepada kita kaum Muslim.

  • http://misspa.multiply.com Mispa Maria

    Alhamdulillah, mudah2an sy lebih bisa mensyukuri nikmat iman dan islam ini, amien…

  • rio soebagio

    semoga saya tetap terus istiqomah di dalam nikmat islam… bahagianya jadi seorang muslim….
    JE SUIS MOUSLEM D'INDONESIE
    J'AIME L'ISLAM…

  • nazrah

    situs ini sangat mulia, dan saya berharap sekali agar para ikhwan dan akhawat sudi mengunjungi situs islami berikut: http://www.aziznawadi.co.nr

  • anto

    Allah SWT telah menetapkan bahwa kejayaan dan kebahagiaan hanyalah dalam amal agama yang sempurna yaitu agama yang dibawa oleh Baginda Nabi Muhammad SAW

  • farsi yandi

    "innaddiina 'indallaahil islam."
    agama yang diredhai allah adalah islam.
    berhati – hatilah mencari sesuatu tentang islam, karena kini sangat banyak orang ato kelompok yang mengataskan islam.
    kalau anda ingin mencari nama yang bernafaskan islam diharapkan ada ruhilqur'an, atao anda bisa bertanya kepada yang lebih mengerti akan arti dan maskna dari nama tersebut.

  • citra

    Alhamdulillah saya dilahirkan dalam ISLAM…Subhanallah atas semua keagunganNya

  • http://orido.wordpress.com oRiDo

    Alhamdulillah…
    makasih atas tausyiah nya…

  • didin

    kenapa hanya orang kaya yg selalu mendapat kenikmatan

  • khaidir

    bagusss

  • Pingback: Arti Nama Dalam Islam « KAMELIA SAGITARIANA()

  • Ryan

    dengan islam hidup akan lebih terarah

  • wizda

    o gt

  • ari setyobudi

    mari kita semua bersyukur karna kita salah satu hambanya yg benar2 beruntung tlah diberi nikmat islam..
    mari kita jaga dan pelihara keislaman kita..dan kita tingkatkan iman dan taqwa kita sebagai rasa syukur yg terdalam kita atas nikmat2Nya..

  • http://www.masgun.com Mas Gun

    Askum. Islam artinya selamat dan menyelamatkan. Muslim berarti juru selamat, kalo begitu mari hentikan permusuhan, hentikan peperangan n mari wujudkan perdamaian dunia n jadilah juru selamat dunia. Aminallahul Haq. Wsslm Min Mas Gun.

  • Ardhana

    Subhanallah Walhamdulillah Wallaillahailallah hu AllahhuAkbar.
    Allah SWT adalah Maha Pemberi Nikmat, & nikmat Allah SWT paling besar & mulia untuk manusia adalah nikmat islam. Semoga kita kelak kembali pada-Nya dlm Iman & Islam.Amin…

  • mahwa

    menjadi sebuah kenikmatan, alloh menjadi tuhanku, Tuhan yang maha segalanya.. sebuah keindahan hidup dalam islam.. smg Alloh selalu membimbing dan menetapkan hati kita menuju padaNya Amiiin…

  • yudi

    saya cuman mau nanay…??

    bisakah pendapat kalmaq diterima apa tidak?

    bls secepatnya ya… karna penting baget…..

  • hendri purnama

    alhamdulillah saya baru masuk islam,tapi aku gak ngerti gimana aku bisa sholat khusuk.dalam pikiran membaca bertanya gimana aku bisa mantapkan iman islam di hati yang dalam.bagi teman2 muslim bantu saya..butuh bimbingan

  • http://- Muhammad Ghally

    apakah benar sifat” manusia teeerdiri dari element” seperti air,api,angin,dan udara ?

  • saleh

    Asm

    Terima kasih atas informasinya diatas. Saya tertarik untuk berkenalan dengan saudara kita Hendri purnama yang Alhamdulillah telah di beri hidayah oleh Allah masuk islam, semoga menjadi orang yang taqwa.

  • http://nuzulul-arifin.blogspot.com nuzulul

    amin ustad. ijin kopi dan ngelink. syukron. jazaakalloh khoiron.

  • DEWI

    ARTI NAMA DEWI ASIYAH APA SIE????????????

  • sub

    assalammu'alaikum
    numpang nyadur leh ya ustadz??
    jazzakillah khoir…

  • eza

    Ass.

    Saya pribadi merasa mendapatkan pencerahan tentang agama islam sesungguhnya. Saya menyarankan pendalaman tentang islam harus berlanjut agar kita dapat memahami agama islam secara hakiki.

  • pUtri nAdyA

    hEy!!!!!!!
    bWt nAk-nAk SMPN 10 maLanK !!!!!!!
    kHusuSnyA nAk dE mOdeL’s !!!!!!!!
    “SELAMAT BERPOSE” !!!!!!!!
    oH yA, adA yaNg knaL mA aQw gA’ ??????
    sKrg, tHn 2009, aQw adA di kLs 7 bHe, bLs kLo adA yANk knaL mA aQw yA !!!!!!!!

  • anugrah agus septiono

    islam itu bukanlah untuk permainan namun islam merupakan agama yang harus di anut dengan sungguh-sungguh

  • http://gegool mahmudi

    saya sangat prihatin dengan palestina & saya benci bangeeeeeeeeeet sama israel

  • sarbini dahlan

    salam . Pa ka ba ? Minta izin copy bahan dalam blog ini – Akhukum fillah ( Sarbini-Sarawak )

  • http://warungcorat-coret.blogspot.com ryant nuhgraha

    assalamualaikum..wr.wb…!!!
    punten mas artikelnya di copy-paste di blog saya..mohon KeIkhlasanya…….!!!!
    ….
    …..
    ……..
    wasalamualaikum wr.wb…!!!!

  • http://yahoo winda

    arti sebuah nama yang terbaik

  • anyelir

    Alhamdulillah, dapat referensi buat bahan dakwah, meski msh kecil2an, dikampung saya.., mksh yaa ustadz..

  • santoso

    mf sebelumnya. apakah ada pembahasan Islam secara lengkap, cz sy agak ragu dengan apa yg bpk paparkan. sy takut kalo sy memeluk islam bukan cz memang sy paham betul. apa yg sy dapatkan dr banyak buku malah menganjurkan kita untuk iman, cz tingkatan islam adalah tingkatan yang paling bawah setelah iman. bagaimana menurut bpk (QS. 49/14).
    tx

  • tajulsema

    inilah pemaknaan islam yang begitu mendalam dan di ambil dari sumber-sumber yang sangat tajam kepercayaannya, semoga saja dengan semakin seringnya kita di perlihatkan tentang kandungan-kandungan hakikat keislaman ini menjadikan kita lebih memahami islam ini lebih dari pada hanya sekedar memahi islam ini dengan pemaknaan kulitnya saja…amin

  • siti insyiah

    saya sbnrnya tdk bgtu phm btul tntng ilmu agama, tapi saya merasa kagum membaca artikel ini.
    oya naskah bpk ni telah saya copy paste sbg bahan ujian,dpt soal take home…..
    maaf bgt lho sblmnya,hehehehe…….(^_^)

  • Rohman

    Minta izin copy ya pak.

  • jalina

    Assalamualaikum….
    Alhamdulillah dapat bahan referensi untuk bahan dakwah, jadi bertambah deh ilmunya…, syukron ya..,

  • adisty camellia

    HAMPA

  • aghnie

    Asslmualaiku …pamit copy ya pak? wat tambah pengetahuan

  • Dwi Andri

    Assalamu’alaikum wr.wb. minta izin copy ya pak…. insyaAlljah buat tambahan wawasan…. terima kasih

  • ika , susan

    asslmkm. . syukron atas pengetahuan dan wawasan yang tlah di berikan . . . tambah yang lebih bermanfaat lagi. .

    • Muhammad Rijani

      Amin………..

  • Abu Shidqie

    Setuju. Pak. Mau selamat? Maka masuklah ke dalam islam secara utuh. Berbanggalah dengan keislaman kita, dengan bangga meggunakan segala atribut keislaman kita. Mulai dari menggunakan pakaian yang islami, cara-cara yang islami dan tentunya juga nama-nama islami untuk anak laki-laki atau anak perempuan kita.

    Muslim Baby Names
    —————————————-

  • sandy

    asalamu”alaikum trims ya pak dah wt saya benr” bangga menganutnya……!

    • nunu

      he’em!!!!!!!!!!!kebanggaan tek terkira untuk islam
      tapi untuk perkembangan saat ini islam seperti kehilangan makna aslinya.

  • Abou rafie

    Terims kasih, Pak, ikut ngopy ya, semoga bermanfaa.t

  • tri

    mohon izin copy pak..

  • adnan

    assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    saya minta izin copy artikel ini ke blog saya ilmutaqwa.blogspot.com sebagai bahan renungan bersama dan untuk disebarluaskan ke teman-teman blogger yang lain.

  • karno

    Assalamu’alaikum Wr, Wb…………………………………
    mnta ilmu agamanya pak utk bhn bcaan diri sendiri n swdra2 qt yg blm thu.
    jzkllh
    Wassalamu’alaikum Wr, Wb……………..

  • fadhlun

    Assalamu’alaikum Wr, Wb…………………………………
    saya dari ACEH
    mohon izin mengkopy ya……
    buat bhan kuliah …
    terima kasih….

  • basir

    banyak orang belajar tentang islam, namu mereka tak mau mengamalkan segala ajaran yang dianjurkan oleh islam, mereka hnya belajar mengerti apa islam itu,,,, apakah orang seperti itu masih dianggab islam?

  • azkha

    kl nma “Muhammad.Azkha.Putra.Septyadi” arti’y apaan??

  • http://www.facebook.com/people/Lauda-Putra/100001658022001 Lauda Putra

    Alhmdlillh.. stlah mmbca artikel ini, pngtahuan agama saya brtmbah. mudh2n saya msh dbri hdayah oleh ALLAH, Amiieenn…..

  • http://www.facebook.com/people/Lauda-Putra/100001658022001 Lauda Putra

    Alhmdulillh, stlah mmbca artikel ini, pngetahuan agama saya brtmbah… mhon jlaskn, ap ad hubungnx sntsrs agama islam dg kbudyaan d indonesia? misalx sprti mlm 1 suro… mhon djlaskn y ustd……

  • http://jellygamat.org Nadia

    Izin disebar di blog pak……

  • tri okwan prasetiya

    pak sya copy

    mudah” bermanfaatt dan membawa berkh

  • khalifah

    Salaamun alaikum…minta kebenaran juga utk copy..n disebarkn..

  • http://twitter.com/namaislami namaislami.com

    Posting yang sangat bermanfaat. Sangat mencerahkan. Makasih u sharenya

    namaislami.com

  • Zay_3z

    numpang copy

  • Cemplokkepet

    assalamu’alaikum…alkhamdulilah..dengan dakwah ini kita dapt mengerti ap arti agama islam itu…amiennn

  • Ummiyatii

    assalamu’alaykum…
    subhanallah, tulisan yg bagus, smoga alloh membalas siapa saja yg terlibat dlam terbitnya tulisan ini…

    tapi yaa ustadz, ada yg saya mau tanyakan terutama kata-kata “Islam adalah akidah dan ibadah, tanah air dan penduduk, rohani dan amal, Alquran dan pedang”… tolong jelaskan lebih jauh yaa ustadz,

    barakalla fik..
    wasalamu’alaykum

  • http://www.facebook.com/people/Jhully-ShethengahDhewha-Chiuntha/100000649396503 Jhully Shethengah’Dhewha Chiun

    kata yg indah dan pnuh manfaat bagi kami…
    sehingga kami jadi lebih tau tentang islam
    smoga allah membalas nya amien…..

  • Iiemaquariuse

    Saya Join ya hehehe itung2 nambah buat blog saya.

  • Matt

    bagus tulisan dan penyajiannya serta runtun dan tak banyak dibalut dengan opini sehingga terasa lugas dan langsung pada inti masalahnya.

  • Matt

    bagus tulisan dan penyajiannya serta runtun dan tak banyak dibalut dengan opini sehingga terasa lugas dan langsung pada inti masalahnya.

  • atonk ondong

    subhanallah

  • Abu Raihan

    mantap