13:56 - Senin, 27 April 2015
Mochamad Bugi

10 Golongan yang Tidak Masuk Surga

Rubrik: Tazkiyatun Nufus | Oleh: Mochamad Bugi - 01/03/07 | 11:02 | 13 Safar 1428 H

Ibnu Abas r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, “Ada sepuluh golongan dari umatku yang tidak akan masuk surga, kecuali bagi yang bertobat. Mereka itu adalah al-qalla’, al-jayyuf, al-qattat, ad-daibub, ad-dayyus, shahibul arthabah, shahibul qubah, al-‘utul, az-zanim, dan al-‘aq li walidaih.

Selanjutnya Rasulullah saw. ditanya, “Ya Rasulullah, siapakah al-qalla’ itu?” Beliau menjawab, “Orang yang suka mondar-mandir kepada penguasa untuk memberikan laporan batil dan palsu.”

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah al-jayyuf itu?” Beliau menjawab, “Orang yang suka menggali kuburan untuk mencuri kain kafan dan sebagainya.”

Beliau ditanya lagi, “Siapakah al-qattat itu?” Beliau menjawab, “Orang yang suka mengadu domba.”

Beliau ditanya, “Siapakah ad-daibub itu?” Beliau menjawab, “Germo.”

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah ad-dayyus itu?” Beliau menjawab, “Dayyus adalah laki-laki yang tidak punya rasa cemburu terhadap istrinya, anak perempuannya, dan saudara perempuannya.”

Rasulullah saw. ditanya lagi, “Siapakah shahibul arthabah itu?” Beliau menjawab, “Penabuh gendang besar.”

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah shahibul qubah itu?” Beliau menjawab, “Penabuh gendang kecil.”

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah al-‘utul itu?” Beliau menjawab, “Orang yang tidak mau memaafkan kesalahan orang lain yang meminta maaf atas dosa yang dilakukannya, dan tidak mau menerima alasan orang lain.”

Rasulullah saw. ditanya, “Siapakah az-zanim itu?” Beliau menjawab, “Orang yang dilahirkan dari hasil perzinaan yang suka duduk-duduk di tepi jalan guna menggunjing orang lain. Adapun al-‘aq, kalian sudah tahu semua maksudnya (yakni orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya).”

Mu’adz bertanya kepada Rasulullah saw, “Wahai Rasulullah, bagaimana pandangan engkau tentang ayat ini: yauma yunfakhu fiish-shuuri fata’tuuna afwaajaa, yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala, lalu kalian datang berkelompok-kelompok?” (An-Naba': 18)

“Wahai Mu’adz, engkau bertanya tentang sesuatu yang besar,” jawab Rasulullah saw. Kedua mata beliau yang mulia pun mencucurkan air mata. Beliau melanjutkan sabdanya.

“Ada sepuluh golongan dari umatku yang akan dikumpulkan pada Hari Kiamat nanti dalam keadaan yang berbeda-beda. Allah memisahkan mereka dari jama’ah kaum muslimin dan akan menampakkan bentuk rupa mereka (sesuai dengan amaliyahnya di dunia). Di antara mereka ada yang berwujud kera; ada yang berwujud babi; ada yang berjalan berjungkir-balik dengan muka terseret-seret; ada yang buta kedua matanya, ada yang tuli, bisu, lagi tidak tahu apa-apa; ada yang memamah lidahnya sendiri yang menjulur sampai ke dada dan mengalir nanah dari mulutnya sehingga jama’ah kaum muslimin merasa amat jijik terhadapnya; ada yang tangan dan kakinya dalam keadaan terpotong; ada yang disalib di atas batangan besi panas; ada yang aroma tubuhnya lebih busuk daripada bangkai; dan ada yang berselimutkan kain yang dicelup aspal mendidih.”

“Mereka yang berwajah kera adalah orang-orang yang ketika di dunia suka mengadu domba di antara manusia. Yang berwujud babi adalah mereka yang ketika di dunia gemar memakan barang haram dan bekerja dengan cara yang haram, seperti cukai dan uang suap.”

“Yang berjalan jungkir-balik adalah mereka yang ketika di dunia gemar memakan riba. Yang buta adalah orang-orang yang ketika di dunia suka berbuat zhalim dalam memutuskan hukum. Yang tuli dan bisu adalah orang-orang yang ketika di dunia suka ujub (menyombongkan diri) dengan amalnya.”

“Yang memamah lidahnya adalah ulama dan pemberi fatwa yang ucapannya bertolak-belakang dengan amal perbuatannya. Yang terpotong tangan dan kakinya adalah orang-orang yang ketika di dunia suka menyakiti tetangganya.”

“Yang disalib di batangan besi panas adalah orang yang suka mengadukan orang lain kepada penguasa dengan pengaduan batil dan palsu. Yang tubuhnya berbau busuk melebihi bangkai adalah orang yang suka bersenang-senang dengan menuruti semua syahwat dan kemauan mereka tanpa mau menunaikan hak Allah yang ada pada harta mereka.”

“Adapun orang yang berselimutkan kain yang dicelup aspal mendidih adalah orang yang suka takabur dan membanggakan diri.” (HR. Qurthubi)

Saudaraku, adakah kita di antara 10 daftar yang dipaparkan Rasulullah saw. di atas? Bertobatlah, agar selamat!

Tentang Mochamad Bugi

Mochamad Bugi lahir di Jakarta, 15 Mei 1970. Setelah lulus dari SMA Negeri 8 Jakarta, ia pernah mengecap pendidikan di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Jakarta, di Jurusan… [Profil Selengkapnya]

Redaktur:

Keyword:


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (273 orang menilai, rata-rata: 9,33 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • Reza Kahar

    Assalamualaikum,

    Tolong dicantumkan sanad hadist apakah shohih, hasan atau dhoif atau palsu. Karena ada ma'du yang sering tanya sanad Hadist, kalau gak ada sanad dia bilang bisa jadi palsu

    Waalaikumsalam

    REza

  • http://zahra-zahrasyahidah.blogspot.com/ zahra

    Assalamu'alaikum wrwb

    saya mau tanya tetnang hadits di atas, maxud penabuh gendang besar dan gendang kecil itu maxudnya apa?

    syukron jaziilan atas jawabannya

  • Tomo

    Assalamu’alaikum wrwb
    saya juga mau tanya tentang hadits di atas, maksud penabuh gendang besar dan gendang kecil itu maksudnya apa?
    Assalamu’alaikum wrwb

  • org awam

    assalamu'alaikum
    Ana mohon dalam seluruh penulisan hadist di sertai dengan sanad yang jelas,klo perlu d tulis judul buku'y biar mudah mencari'y…

    sukron
    jazakumullah

  • Budi Santosa

    Kenapa tidak ada respon atas pertanyaan-pertanyaan pembaca, apa dijawab ke email masing-masing? Kami kira jawaban tentang hadits tersebut lebih baik diposting/dijawab di forum ini juga. Syukron.

  • Dinda

    Kalo jawabannya diemail, saya juga mau tanya tentang penabuh gendang besar dan kecil.

    Jazakumullah

  • zulf

    Apa arti penabuh gandang besar dan penabuh gendang kecil????

    Terimakasih atas tanggapannya…

  • http://www.plasa.com ahmad

    Assalamu’alaikum wrwb

    saya juga mau tanya tentang hadits di atas, maksud penabuh gendang besar dan gendang kecil itu maksudnya apa?

    Assalamu’alaikum wrwb

  • Catur

    Mohon maaf,.. janjinya komentarnya cuman DIREVIEW doank,.. bukan DIJAWAB. Satu lagi, (selain penabuh gendang) keciaan deh orang BEA CUKAI,… ntar JADI BABI,… :-(

  • Eddy Kusworo

    Mudah2an dari kisah di atas kita dapat mengukur diri kita, apakah kita termasuk golongan yang demikian. Semoga kita dapat bermuhasabah. Amiin.

    • Nur’ain

      Apakah arti penabuh gendang besar dan gendang kecil .????

  • Sumarno

    Assalamualaikum WR WB

    Mohon status haditsnya dicantumkan agar kualitas ilmiahnya tinggi dan kalimat yang samar mohon dijelaskan seperti yang ditanyakan ikhwan dan akhwat yang lainnya.

    Jazakallah atas artikelnya

    Wassalamualaikum WR WB

  • http://ryanews.wordpress.com Ryan Crypton

    Antum sekalian kagak perlu menunggu jawaban dari REDAKSI untuk setiap pertanyaan yang antum lontarkan. Bagi yang merasa faham (walau bukan redaksi) diperbolehkan koq merespon pertanyaan yang ada. Syukron…

    btw, apa seh maksud "penabuh gendang besar" dan "kecil" ???

  • http://www.hosting.muthi.com Edi S

    Mau tanya nih sehubungan dengan adanya hadist "10 Golongan yang Tidak Masuk Surga".

    Kenapa yang menabuh gendang besar termasuk orang yg nanti tidak masuk surga ?

    Apa ini hanya bahasa kiasan apa bahasa sebenarnya ?

    Syukron.

  • kelana

    gendangnya geeedeeeee banget

  • http://j.1asphost.com/nd12 [nd12]

    sent to fs post bulletin

  • Abu Farhan

    iya itu jawaban mbokyaw dijawab di forum ini biar satu jawaban menjawab sejuta yang bertanya khan eunaaak, satu kali ngejawab pahala berlipat ustaadz…. syukron, mohon maaf lahir dan bathin jika, ini menuntut, tapi memang orang yang belum tahu harus menuntut yang dah tahu untuk mengasih tahu, betu bukan?

    Salam

  • nina

    ass.Orang yang tidak memaafkan orang lain.kalo orang itu tidak meminta maaf trus dalam hati kita memaafkan.tp dia 2 kali menyakiti hati kita trus kita memaafkan.tp setelah ke 3 kali hati kita ga bisa lagi nerima.hati dah terluka itu gimana?bukan pcr tp tmn(ce)sakit banget dah berapa kali dia buat nangis aku.ortu kita juga ga pernah begitu.apa obatnya?

  • titi

    berlomba-lomba lah dalam berbuat kebaikan!

  • Rey

    Assalamua'alaikum.

    Hal yang terpenting adalah bagaimana kita mampu memetik hikmah dari pesan-pesan kebaikan, apaun itu bentuknya.

    kemudian menyampaikan pa yang diketahui kepada orang lain. wallahual'am

  • Silfia

    Assalamu 'alaikum. Sebelumnya saya hanturkan mohon maaf kepada salah satu pemberi komentar ini a/n Catur. Situs ini dibuka bukan untuk saling mencaci antar sesama umat muslim, Anda telah menyebutkan salah satu instansi yang sebenarnya ada yang anda tidak ketahui kalau tidak seluruh orang dlm instansi tsb berkelakuan seperti yang anda duga. Mohon setiap komentar yang akan disampaikan, agar lebih hati-hati karena islam tidak mengajarkan berprasangka buruk kepada orang lain. Terima Kasih atas perhatiannya.

  • Acep

    Assalammu'alaikum wr.wb.

    Hadist 10 golongan yg tdk masuk surga ada gol penabuh genderang besar dan kecil apa hanya kata kiasan? Dan sependapat dg Mba Silfia agar forum ini tidak digunakan untuk saling mencela dan suudzon/berprasangka jelek

  • http://xxx fajar

    Ya Allah penempaan atas kualitas iman diri adalah atas hidayahMU..ridhoilah ya Allah..agar tiap usaha dan doa ini akan menjadi bnteng kebenaran bagi agamaMU. Dan jauhkan diri ini dari 10 hal yang Engkau laknat itu.amin

  • http://tazkiyatunnafs titik Harlawati N.

    "aku berlindung kepada Allah dari menjadi bagian 10 golongan yg tdk masuk surga", saya juga mau bertanya ttg maksud dari penabuh genderang besar dan kecil krn waktu saya sampaikan ke temen2 ada sekitar 7 org yg menanyakan pertanyaan yg sama jadi insyA jawaban yg di berikan akan menjawab pertanyaan 8 org termasuk saya, jazakillah khair ustad!

  • am

    assalamu'alaikum wr. wb

    semoga kita terhindar dan tidak termasuk dalam golongan tersebut. amin

    was

  • Abu Hasan

    Kang Acep dan Mba Silfia. Gak usah khawatir, karena apabila itu sebuah fitnah, maka tidak ada satupun orang2 beacukai yg dirugikan. Kuncinya : "Sabar". Akan tetapi jika orang2 bea cukai itu masuk dalam hadits ini. Maka tugas kita tuk nasehati dgn kebenaran dan kesabaran. Gimana cara kita saja tuk sampaikan. Seng sabar yoooo. Wass

  • anggita

    Penabuh gendang besar..maksudnya membesar-besarkan kejelekan orang, menabuh gendang kecil maksudnya, diam saja saat melihat kebatilan….habis ksian penabuh drum dan gendng, mudah2an terbesir angin segar…dari dahaga informasi diatas

  • indra

    assalamu'alaikum wr wb.

    .. tolong beri penjelasan mengenai " penabuh gendang besar" dan "penabuh gendang kecil"…?

  • elly

    assalamu'alaikum wr wb

    saya baru baca dakwatuna.com,dan saya suka karna benar2 belajar banyak, bolehkah saya bertanya sekalian, saya sedikit bingung untuk mengajarkan orang yang ingin masuk islam sedangkan ilmu yang ada sangat minim sekali. saya tidak ingin asal-asalan dalam memberitahu kepada orang tersebut, pada intinya saya takut salah besar, dan saya lihat orang masih kurang tertarik, saya tidak ingin dy pindah agama karena orang saya ingin dari dalam dirinya, karena saya takut dy pindah agama lagi, mohon maaf walau tidak termaksud dalam topik yang dibahas, terima kasih, wasalam

    • Rini Utami

      Waalaikumsalam, boleh ikut memberi saran ya.. Menurut sy, sebaiknya bukan mbak yg mengajarkan ilmu agama Islam ke teman mbak, secara kita bukan seorang ahli agama/ulama. Bawa ke para ahli agama, spt ustad/ulama, orang yang lebih paham dgn ilmu agama Islam. Maaf ya mbak, tapi sebaiknya jangan memaksa atau meminta seseorang untuk mempelajari agama kita ataupun memeluk agama kita demi mengharapkan sesuatu, misal pernikahan/cinta/dsbnya. Serahkan semua pada Allah. Kalaupun mbak ingin dia belajar agama kita, mintalah kepada Allah utk memberi hidayah kepada dia. Memohon dan berharap hanya kepada Allah SWT. Semoga apapun masalah yang sedang mbak hadapi, segera diberi kemudahan Aamiin… Barakallahu fiki…

  • faiz

    Betapa banyak kondisi umat yang sesuai dengan keadaan yang digambarkan oleh rasul di atas karena perilakunya tidak baik.
    Semoga kita terhindar dari perbuatan yang akan menghantarkan kita kepada siksa neraka yang amat keras siksaannya.

  • Deden Suhaedy

    ass….ilmu adalah pengetahuan pengetahuan yg perlu saya cari & saya gali saya bersukur apa yang saya tau dan saya bersukur pula akan ketidak tauan saya menjadi tau…..mohon dengan sangat penjelasan….!!shahibul qubah/arthabah…..besar kecil….?kasian banet tuuuuhhh…teman saya suka buat gendang

    Cukup Sekian terima kasih

    mohon balasan y

    Wasalam……..

  • robin

    didalam kitab apa hadist tersebut? Shahih Bukhari Hadits dari Shahih Muslim Syarah Arba’in An-Nawawi Kitab Hadits Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam?

  • waris

    Barokallohu’alaik.
    afwan, tolong carikan artikel yang berkaitan dengan macam-macam hal yang menuju zina. mulai dari zina kecil sampai zina besar.
    sebelum dan sesudahnya,
    syukron katsiro

    jazakillah wassalam

  • fitria

    yang memiliki surga dan neraka adalah Allah, berarti dia yang hanya berhak menentukan siapa yang akan masuk neraka dan surga, karena Dia-lah tuan rumah. Jika ternyata ada seorang perampok, penjahat, dll masuk sorga, itu juga wewenang Allah apakah kita sebagai manusia bisa protes ….
    apa yang dipikirkan oleh manusia tidak seperti apa yang dipikirkan oleh Allah, apa yang menurut manusia baik, belum tentu di mata Allah baik.

    • IRIN

      Saya setuju dengan komentar kamu ….
      Tidak ada yang kuasa selain ALLAH …. ALLAH yang berhak atas semua yang ada di dunia ini !!! ALLAH adalah tuan rumah ALLAH memiliki langit dan bumi !!!
      TIADA TUHAN SELAIN ALLAH …..

    • dedi

      betul,tapi syarat2 untuk masuk surga sudah di sebutkan dgn gamblang di agama,jadi tanpa keraguan,kalaupun ada penjahat masuk surga,itu krn ALLAH sudah melihat ada satu sisi baek dr si penjahat sehingga sisi baek itu bisa menghapuskan dosa2 si penjahat….kalau kita udah menjalankan perintah ALLAH dan menjauhi segala larangannya,dah pasti kita akan baek di mata ALLAH..

      • fahmi azhari

        semua itu hidayah.sejahat apapun manusia jika allah memberikan hidayahnya niscaya dia kan memjadi mu;min yg berimana dan bertakwa.smga kita termasuk golongan yg di berikan hidya dan mendapat sorga.a allah aminnn ya rob

  • HIDAYAT PONTOH

    Maaf sebelumnya, saya hanya ingin tanya : Apa maksudnya penabuh gendang besar dan kecil dalam 10 golongan yang tidak masuk sorga.
    Syukran katsira

  • allen

    tolong kirimkan hadist rosullulah muhammad SAW tentang”apakah itu surga” yang berbahasa arab beserta arti dan penjelasanya. sebelum dan sesudahya trimakasih.

  • salmah

    assalamualaikum..
    saya ingin bertanya maksud penabuh gendang besar atau kecil, tolong jelaskan? syukron

  • salamah

    Naudzubillahi mindzalik,..Ya Allah semoga hamba tdk termasuk golongn seperti itu,..Amieen Ya Robbal A’lamin

  • zakir

    Ya.. Allah
    hamba tidak pantas masuk sorgaMu, tapi hamaba tidak sanggup menahan api nerakaMU
    klu tidak dengan ampunanMU tentu hamba termasuk orang yang merugi….

  • Ws7393

    saya setuju sekali dgn pertanyaan yg sudah ditanyakan sebelumnya,tentang penabuh gendang besar dan penabuh gendang kecil apa artinya ya…?

    mohon segera dijawab ya…

    sukron,

  • http://www.facebook.com/people/Muzayyanah-Muzay/100002436645537 Muzayyanah Muzay

    Walaikumsalam “jadikan sja itu kehati-hatian kita,. tdk ada mencela,suudzon sebenarnya krn tergantung dari sudut pandang mana kita berfikir… Terimakasih atas berbagi ilmu nya.

  • http://www.facebook.com/people/Didik-Rusiadi/100002519640948 Didik Rusiadi

    semoga diriku & keluargaku tidak termasuk diantara 10 golongan tsb…….. aamiin

  • http://www.facebook.com/mendekapcinta Jejak-Jejak Langkahku

    Afwan, maksud dari penabuh gendang besar dan penabuh gendang kecil itu apa yha Ustadz?

    • Guest

      penabuh gendang pengiring tarian erotis

  • http://www.facebook.com/kholidin.ikr Kholid Rosyid

    Assalamu’alaikum wr wb
    Nangudubilahimindalik semoga kita selalu mendapat ampunan dan jauh dari sifat2 buruk. amiin.

  • http://www.facebook.com/wahyudisantel Wahyudi Stro Kemarry

    Astaghfirllahal’adziem

  • Irsan Sang Jagoan Part II

    Germo Itu apa ?

    • Putri Ramadhanii

      germo itu orang yg suka jual pelacur/biro penyalur pelacur,..

  • Paimin Duduk Bekerja

    Drummer termasuk nggak??
    Mohon pencerahan, kalau memang termasuk saya akan berhenti ngedrum..

  • 光代みはし

    kalo dy sdh menjalankan rukun islam tapi kok masih sk berbuat zina bagaimana?

  • Dhea Parahita

    naudzubillah. semoga kita semua terhindar dari golongan 10 tersebut dan dijauhkan dari fitnah kubur dan siksa neraka. aamiin

Iklan negatif? Laporkan!
83 queries in 1,292 seconds.