Home / Dasar-Dasar Islam / Aqidah / Tanda-Tanda Kiamat

Tanda-Tanda Kiamat

Ilustrasi semesta (inet)
Ilustrasi semesta (inet)

dakwatuna.com – Sesungguhnya setiap makhluk hidup –apakah itu manusia, hewan, atau tumbuh-tumbuhan– memiliki tanda-tanda dari akhir kesudahan hidupnya di dunia. Tanda-tanda dekatnya kematian manusia adalah rambut beruban, tua, sakit, lemah. Begitu juga halnya dengan hewan, hampir sama dengan manusia. Sedangkan tumbuhan warna menguning, kering, jatuh, lalu hancur. Demikian juga alam semesta, memiliki tanda-tanda akhir masanya seperti kehancuran dan kerusakan.Saa’ah asalnya adalah sebagian malam atau siang. Dikatakan juga: Saa’at segala sesuatu berarti waktunya hilang dan habis. Dari makna ini, maka saa’ah atau kiamat mengandung dua macam, yaitu : Saa’ah khusus bagi setiap makhluk, seperti tanaman binatang dan manusia ketika mati; dan bagi sebuah umat jika datang ajalnya. Itu semua dikatakan telah datang saatnya. Saa’ah umum bagi dunia secara keseluruhan ketika ditiup sangkakala, maka hancurlah segala yang di langit dan di bumi.

Bagaimana dengan kiamat yang sebenarnya? Tentu saja lebih dahsyat, lebih besar, dan lebih mengerikan. Dan Alquran banyak menyebutkan tentang kejadian di hari kiamat. Terjadinya kiamat adalah hal yang gaib, hanya Allah Yang tahu. Tidak satu pun dari makhluk-Nya mengetahui kapan kiamat, baik para nabi maupun malaikat. Allah SWT. Berfirman, “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat.” (Luqman 34)

Maka ketika ditanya tentang hal ini, Rasulullah saw. Mengembalikannya kepada Allah swt., “Kepada-Nyalah dikembalikan pengetahuan tentang hari kiamat.” (Fushilat: 47)

Allah merahasiakan terjadinya hari kiamat, dan menerangkan bahwa kiamat akan datang secara tiba-tiba. “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: ‘Bilakah terjadinya?’ Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui’.” (Al-A’raaf: 187)

Namun demikian, sesungguhnya Allah dengan rahmat-Nya telah menjadikan kiamat memiliki alamat yang menunjukkan ke arah itu dan tanda-tanda yang mengantarkannya. “Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya. Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat sudah datang?” (Muhammad: 18)

“Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka), atau kedatangan Tuhanmu atau kedatangan sebagian tanda-tanda Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian tanda-tanda Tuhanmu tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: ‘Tunggulah olehmu sesungguhnya kami pun menunggu (pula’).”(Al-An’am: 158)

Maka tanda-tanda kiamat adalah alamat kiamat yang menunjukkan akan terjadinya kiamat tersebut. Dan tanda-tanda kiamat ada dua: tanda-tanda kiamat besar dan tanda-tanda kiamat kecil.

Tanda kiamat kecil adalah tanda yang datang sebelum kiamat dengan waktu yang relatif lama, dan kejadiannya biasa, seperti dicabutnya ilmu, dominannya kebodohan, minum khamr, berlomba-lomba dalam membangun, dan lain-lain. Terkadang sebagiannya muncul menyertai tanda kiamat besar atau bahkan sesudahnya.

Tanda kiamat besar adalah perkara yang besar yang muncul mendekati kiamat yang kemunculannya tidak biasa terjadi, seperti muncul Dajjal, Nabi Isa a.s., Ya’juj dan Ma’juj, terbit matahari dari Barat, dan lain-lain.

Para ulama berbeda pendapat tentang permulaan yang muncul dari tanda kiamat besar. Tetapi Ibnu Hajar berkata, “Yang kuat dari sejumlah berita tanda-tanda kiamat, bahwa keluarnya Dajjal adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar, dengan terjadinya perubahan secara menyeluruh di muka bumi. Dan diakhiri dengan wafatnya Isa a.s. Sedangkan terbitnya matahari dari Barat adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar yang mengakibatkan perubahan kondisi langit. Dan berakhir dengan terjadinya kiamat.” Ibnu Hajar melanjutkan, ”Hikmah dari kejadian ini bahwa ketika terbit matahari dari barat, maka tertutuplah pintu taubat.” (Fathul Bari)

Tanda-Tanda Kiamat Kecil

Tanda-tanda kiamat kecil terbagi menjadi dua: Pertama, kejadian sudah muncul dan sudah selesai; seperti diutusnya Rasulullah saw., terbunuhnya Utsman bin ‘Affan, terjadinya fitnah besar antara dua kelompok orang beriman. Kedua, kejadiannya sudah muncul tetapi belum selesai bahkan semakin bertambah; seperti tersia-siakannya amanah, terangkatnya ilmu, merebaknya perzinahan dan pembunuhan, banyaknya wanita dan lain-lain.

Di antara tanda-tanda kiamat kecil adalah:

1. Diutusnya Rasulullah saw

Jabir r.a. berkata, ”Adalah Rasulullah saw. jika beliau khutbah memerah matanya, suaranya keras, dan penuh dengan semangat seperti panglima perang, beliau bersabda, ‘(Hati-hatilah) dengan pagi dan sore kalian.’ Beliau melanjutkan, ‘Aku diutus dan hari Kiamat seperti ini.’ Rasulullah saw. mengibaratkan seperti dua jarinya antara telunjuk dan jari tengah. (HR Muslim)

2. Disia-siakannya amanat

Jabir r.a. berkata, tatkala Nabi saw. berada dalam suatu majelis sedang berbicara dengan sahabat, maka datanglah orang Arab Badui dan berkata, “Kapan terjadi Kiamat ?” Rasulullah saw. terus melanjutkan pembicaraannya. Sebagian sahabat berkata, “Rasulullah saw. mendengar apa yang ditanyakan tetapi tidak menyukai apa yang ditanyakannya.” Berkata sebagian yang lain, “Rasul saw. tidak mendengar.” Setelah Rasulullah saw. menyelesaikan perkataannya, beliau bertanya, “Mana yang bertanya tentang Kiamat?” Berkata lelaki Badui itu, ”Saya, wahai Rasulullah saw.” Rasulullah saw. Berkata, “Jika amanah disia-siakan, maka tunggulah kiamat.” Bertanya, “Bagaimana menyia-nyiakannya?” Rasulullah saw. Menjawab, “Jika urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat.” (HR Bukhari)

3. Penggembala menjadi kaya

Rasulullah saw. ditanya oleh Jibril tentang tanda-tanda kiamat, lalu beliau menjawab, “Seorang budak melahirkan majikannya, dan engkau melihat orang-orang yang tidak beralas kaki, telanjang, dan miskin, penggembala binatang berlomba-lomba saling tinggi dalam bangunan.” (HR Muslim)

4. Sungai Efrat berubah menjadi emas

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sampai Sungai Eufrat menghasilkan gunung emas, manusia berebutan tentangnya. Dan setiap seratus 100 terbunuh 99 orang. Dan setiap orang dari mereka berkata, ”Barangkali akulah yang selamat.” (Muttafaqun ‘alaihi)

5. Baitul Maqdis dikuasai umat Islam

”Ada enam dari tanda-tanda kiamat: kematianku (Rasulullah saw.), dibukanya Baitul Maqdis, seorang lelaki diberi 1000 dinar, tapi dia membencinya, fitnah yang panasnya masuk pada setiap rumah muslim, kematian menjemput manusia seperti kematian pada kambing dan khianatnya bangsa Romawi, sampai 80 poin, dan setiap poin 12.000.” (HR Ahmad dan At-Tabrani dari Muadz).

6. Banyak terjadi pembunuhan

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tiada akan terjadi kiamat, sehingga banyak terjadi haraj.. Sahabat bertanya apa itu haraj, ya Rasulullah?” Rasulullah saw. Menjawab, “Haraj adalah pembunuhan, pembunuhan.” (HR Muslim)

7. Munculnya kaum Khawarij

Dari Ali ra. berkata, saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Akan keluar di akhir zaman kelompok orang yang masih muda, bodoh, mereka mengatakan sesuatu dari firman Allah. Keimanan mereka hanya sampai di tenggorokan mereka. Mereka keluar dari agama seperti anak panah keluar dari busurnya. Di mana saja kamu jumpai, maka bunuhlah mereka. Siapa yang membunuhnya akan mendapat pahala di hari Kiamat.” (HR Bukhari).

8. Banyak polisi dan pembela kezhaliman

“Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan sesutu yang dibenci Allah. Hati-hatilah engkau jangan sampai menjadi teman mereka.” (HR At-Tabrani)

9. Perang antara Yahudi dan Umat Islam

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai ada seorang yahudi bersembunyi di belakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon, ‘Wahai muslim, wahai hamba Allah, ini yahudi di belakangku, kemari dan bunuhlah ia.’ Kecuali pohon Gharqad karena ia adalah pohon Yahudi.” (HR Muslim)

10. Dominannya Fitnah

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat, sampai dominannya fitnah, banyaknya dusta dan berdekatannya pasar.” (HR Ahmad).

11. Sedikitnya ilmu

12. Merebaknya perzinahan

13. Banyaknya kaum wanita

Dari Anas bin Malik ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda. “Sesungguhnya di antara tanda-tanda kiamat adalah ilmu diangkat, banyaknya kebodohan, banyaknya perzinahan, banyaknya orang yang minum khamr, sedikit kaum lelaki dan banyak kaum wanita, sampai pada 50 wanita hanya ada satu lelaki.” (HR Bukhari)

14. Bermewah-mewah dalam membangun masjid

Dari Anas ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Diantara tanda kiamat adalah bahwa manusia saling membanggakan dalam keindahan masjid.” (HR Ahmad, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban)

15. Menyebarnya riba dan harta haram

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang pada manusia suatu waktu, setiap orang tanpa kecuali akan makan riba, orang yang tidak makan langsung, pasti terkena debu-debunya.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al-Baihaqi)

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Akan datang pada manusia suatu saat di mana seseorang tidak peduli dari mana hartanya didapat, apakah dari yang halal atau yang haram.” (HR Ahmad dan Bukhari)

Tanda-Tanda Kiamat Besar

Sedangkan tanda-tanda kiamat besar yaitu kejadian sangat besar dimana kiamat sudah sangat dekat dan mayoritasnya belum muncul, seperti munculnya Imam Mahdi, Nabi Isa, Dajjal, Ya’juj dan Ma’juj.

Ayat-ayat dan hadits yang menyebutkan tanda-tanda kiamat besar di antaranya:

Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. Mereka berkata, “Hai Dzulqarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?” Dzulqarnain berkata, “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka.” (Al-Kahfi: 82)

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (An-Naml: 82)

Dari Hudzaifah bin Usaid Al-Ghifari ra, berkata: Rasulullah saw. muncul di tengah-tengah kami pada saat kami saling mengingat-ingat. Rasulullah saw. bertanya, “Apa yang sedang kamu ingat-ingat?” Sahabat menjawab, “Kami mengingat hari kiamat.” Rasulullah saw. bersabda,”Kiamat tidak akan terjadi sebelum engkau melihat 10 tandanya.” Kemudian Rasulullah saw. menyebutkan: Dukhan (kabut asap), Dajjaal, binatang (pandai bicara), matahari terbit dari barat, turunnya Isa as. Ya’juj Ma’juj dan tiga gerhana, gerhana di timur, barat dan Jazirah Arab dan terakhir api yang keluar dari Yaman mengantar manusia ke Mahsyar. (HR Muslim)

Dari Abdullah bin Mas’ud ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, ”Hari tidak akan berakhir, dan tahun belum akan pergi sehingga bangsa Arab dipimpin oleh seorang dari keluargaku, namanya sama dengan namaku.” (HR Ahmad)

Perbedaan antara tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar adalah :

  1. Tanda-tanda kiamat kecil secara umum datang lebih dahulu dari tanda-tanda kiamat besar.
  2. Tanda-tanda kiamat kecil sebagiannya sudah terjadi, sebagiannya sedang terjadi dan sebagiannya akan terjadi. Sedangkan tanda-tanda kiamat besar belum terjadi.
  3. Tanda kiamat kecil bersifat biasa dan tanda kiamat besar bersifat luar biasa.
  4. Tanda kiamat kecil berupa peringatan agar manusia sadar dan bertaubat. Sedangkan kiamat besar jika sudah datang, maka tertutup pintu taubat.
  5. Tanda-tanda kiamat besar jika muncul satu tanda, maka akan diikuti tanda-tanda yang lainnya. Dan yang pertama muncul adalah terbitnya matahari dari Barat.

Wallahu a’lam

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (693 votes, average: 9,07 out of 10)
Loading...Loading...
Iman Santoso, Lc. MEI.
Pengasuh Pesantren Al-Qur’an Hidayatul Islam Jakarta.

Lihat Juga

Deputi Menteri di Departemen Perdana Menteri Malaysia, Mashitah Ibrahim. (negarakita.com)

Deputi Menteri Malaysia: Muslim Haram Percaya Ramalan Kiamat Suku Maya

  • Abdullah

    "Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan se–??

    Jazâkumulloh Khoyron

  • http://www.pkpu.or.id lukman

    Hari kiamat sebentar lagi bersiaplah….

  • http://yahoo Widodo

    Ingatlah akan Kiamat Kecil Dan Besar

  • esa priyatna

    Ya Allah janganlah kami dipertemukan dengan kiamat besar, karena kami takut akan fitnahnya, Ya Allah wafatkan kami dalam keadaan beriman kepada-Mu sebelum datangnya hari kiamat…

  • http://yahoo.com Syuhadah Kramat STIE

    janji siapakah yang lebih dapat dipercayai selain janji allah, ya ikhwafillah…..persiapkanlah diri kalian tuk datangnya hari dimana seorang ayah tidak dapat menolong anaknya begitu sebaliknya…dan tiada manfaat pula sahabat….semoga allah senantiasa melindungi dan menaungi kita dihari yang maha dashyat itu…..wallahualam..

  • http://- mutmainah

    assalamualaikum,

    nglupa, itulah yang banyak kita lakukan tentang kiamat. padahal ingat kiamat dan mati adalah salah satu cara untuk hidup yang baik, iyakan?? tapi semoga aja kita semua yang idup di zaman ini tidak bertemu dengan kiamat, amin

    waalaikumsalam wr wb.

  • dewi

    dengan mengingat hari kiamat semoga kita menjadi manusia yg lbh beriman kepada Allah, amin.

  • dodi

    Allahu akbar… semoga masih ada waktu & kesempatan beramal sholih sebelum terlambat. Hayya alal sholah, hayya alal falah…

  • Asep sunjaya

    Mudah-mudahan dengan artikel di atas (tanda 2 Kiamat) menambah keyakinan dan keimanan kita kepada Alloh, karena Kiamat itu pasti akan terjadi hanya WAKTUnya yang tidak ada yang tahu kecuali ALLOH S.W.T.

    Semoga menjadi renungan bersama

  • Riza Priandana

    cepat atau lambat kiamat akan terjadi. hanya kita sendiri yang harus bertindak untuk mencari bekal di hari akhir nanti.

    APAKAH ANDA SUDAH SIAP?itu bergantung pada anda

    (Allahuakbar…)

  • http://www.dakwatuna.com Tim dakwatuna.com

    Assalamu'alaikum para pembaca sekalian. Kami beritahukan bahwa artikel ini baru saja kami perbaiki. Ternyata artikel sebelumnya terpotong di bagian:

    8. Banyak polisi dan pembela kezhaliman

    “Di akhir zaman banyak polisi di pagi hari melakukan sesuatu yang dimurkai Allah, dan di sore hari melakukan se…?

    Dan kini sudah kami perbaiki/lengkapi. Jazakumullah atas koreksi pembaca sekalian.

    Wassalamu'alaikum wr. wb.

  • silent_charm

    sesungguhnya janganlah percaya terhadap apa yang dikatakan manusia. manusia hanyalah perantara Allah lah yang mengaturnya. janganlah takut atas apa yang terjadi di waktu mendatang karena belum tentu engkau siap pada saat ini.

  • haroki

    Dalam buku Ibnu Katsir, ciri kiamat lainnya adalah,

    1. Banyak Gempa
    2. Terjadi 3 kali Gempa, satu kali di timur, satu kali di barat, dan satu kali di arab.
    3. Banyak pembunuhan
    4. Imam mahdi
    dll

    Ada pendapat lokasi benteng dzulkarnain yang mengurung ya'juj ma'juj disekitar celah darial (darial gorge), sebuah celah yang membentang sejauh lebih dari 200 Km yang diapit dingding batu setinggi lebih dari 1800 meter, ditengahnya ada sungai terek selebar 8 meter, lihat gambar, lokasinya agak gelap-gelap, contoh,( http://www.iatp.am/culture/bashinjaghyan/Untitled

    Amerika sudah menempatkan ratusan ribu pasukannya ditimur, dan tengah menyerang kaum muslim di sana, namun banyak umat islam yang memandang itu masalah regional, padahal bukan, mereka sedang menyerang islam secara keseluruhan. Bersiaplah, I'dad.

    Seburuk-buruknya orang adalah yang hidup ketika kiamat terjadi

    Wallahu a'lam bishshawab

  • ira

    "Ya Allah..sekiranya diriku tiada arti lagi di dunia lebih baik daku berada di sisi-MU…."

  • DIdi

    “Ya Allah, berilah kami petunjuk dan hidayahMu, agar kami mengetahui apa keiinginanMu terhadap diri kami,
    yang bodoh ini. dan berikanlah kekuatan untuk melaksanakan semua keiinginanMu itu..AMIN Ya Allah”

  • achmad falla

    Ya Allah berikanlah Hidayah-Mu kepada kami semua Hamba-hambamu ini..
    berilah selalu hidayah agar kami tak kan pernah melupakanMu dan selalu menjalankan segala yang Kau mau…
    aminnn

  • http://titotea.blogspot.com Tito

    Ya Allah Semoga Kau wafatkan Kami Dalam Keadaan Dicintai Engkau Janganlah Buat Kami Masih Hidup Ketika AD Dajjal Datang.

  • http://www.gogle.com edi hidayat

    ya Allah kenapa Hamba Mu ini susah dalam menjalani hidup dalam ke benaran,ya Allah berilah Hamba Mu jalan yang sangat Engkau Ridhoi Amin

  • cruX

    kalo kita baca hal hal seprti ini baru kita ingat akan Yang maha Kuasa.

    setelah itu ,….back to the real world…

    semoga kiat semua selalu berada di jalan Nya

  • Rizky

    berhati-hatilah kiamat bisa saja terjadi di hari esok………………….

  • http://frienster.com roy

    y ALLAH kapan kiamat besar??roy siap mnrima balasan dr perbuatan roy sendiri,,Engkau adalah Tuhan Ku,dan Rasulullah adalah nabi ku

  • TicKa

    cPat taW laMbat HaRi KiaMat paSti daTeng n Q 9 mw kLo Q, kLuarga n Sesama uMat muSlim sedUnia wafaT tepaT diHari KehaNcuran Itu … " Ya allah,,, seLama ini Ka eMan9 9 pErnah ngaSih yang Terbaik buat Allah,, padahaL enGkau telah meMbeRikan PerTolongan yang TiaDa puTus-puTusnya kepada HamBa,,,, ya Allah jika Engkau MengiZinkan,, bAntulah hamBa tuK menjadi seseoRang yang seNantiasa beRtaqwa dan tak peRnah sedeTikpun MelupakanmU,,Amin.. kaRena seSungGuhnya hanya engkaulah Yang Maha mengabUlkan…

  • Donny Iskandarsyah

    "Assalamualaikum W. W. Ya, Allah, tolonglah kami nanti pada hari kiamat. Selamatkanlah kami dari fitnah Ya'juj, Ma'juj, dan Dajjal yang besar. Selamatkanlah seluruh orang Muslim/Muslimah yang ada di seluruh dunia, agar kelak mendapat sya'faat Rasulullah SAW di hari kiamat nanti. Ya, Allah, Selamatkanlah warga Palestina dari kekejaman zionis Israel yang terkutuk. Semoga Allah selalu melindungi kita baik, suka maupun duka, amin. Wassalamualaikum W. W.".

  • Fattah

    Assalamu Alaikum,

    'Ya Allah jangan masukkan hamba ke dalam golongan kaum Khawarij.Lindungilah hamba karena Engkau-lah sebai-baik pelindung

  • Maulina

    Ya allah selamatkanlah kami dari bahaya kiamat…. Ya allah berilah kami pentjukmu agar kami terhindar dari marabahaya kiamat ya allah…

    Ya allah selamatkanlah seluruh kaum muslim/muslimah yang ada di seluruh dunia ini ya allah …

    Amin………….

  • Jessen

    Saya lihat di poster dan tandanya adalah (salah satu)

    terjadi gerhana 3 kali sekaligus.

    apa itu benar ???

  • Andrian

    banyak polisi & pembela kezaliman, maksudnya apa ya? mohon penjelasan, terima kasih

  • http://friendster agus prasetyo

    assalamualaikum,
    benarkah isi dunia ini akan terbalik dan akankah kiamat sudah akan tiba, mungkin kiamat kacil sudah terjadi! apakah manusia akan terus merajalela?dan semakin menjadiapakah manusia itu sadar bahwa manusia akan dasn pasti merasakan yang namanya mati,bahwasanya hanya menumpang minum?jika Allah berkehendak maka mungkin saja kiamat akan terjadi hari ini mungkin hari ini,lusa dan kita tidak dapat menyadarinya!semoga mereka dapat menyadarinya,merenungi apa yang akan terjadi!

  • Teguh s

    Ya Allah ampunilah aku,dan kuatkanlah imanku. Aku tak tau kapan ajal menjemputku dan aku yakin pasti hari kiamat akan terjadi.

  • http://dakwatuna.com abdul

    Bagaimana dengan "sai baba" dia jelas2 seorang dajjal, yang jelas itu tanda2 kiamat

  • Pingback: Tanda-Tanda Hari Kiamat « Dunia Dalam Satu Blogger()

  • diko14

    kita sebagai manusia harusnya sadar akan keadaan mulai dari sekarang……. jangan lupa sholat ya….

  • Arisandi

    marilah bersama kita benahi diri kita, sebelum kiamat benar-benar datang. Tegakkan Islam, hancurkan kemungkaran..ALLAHU AKBAR!!!..

  • http://KIAMAT HASAN

    SEBENAR nya kiamat itu memang segera datang namun banyak umat yg lupa akan hal itu dan mereka sudah di lihatkan dgn bnyaknya musibah yg telah melanda negri ini

  • http://islamcan tomi

    saya benar benar kagum atas Keesaan ALLAH SWT

    tapi saya kurang begitu yakin ttg adanya sungai emas

  • http://www.google.co.id yudi

    yang saya ingin ingatkan hanyalah agar semuah yang yakin bahwa kiamat akan datana sebenarnya sudah terjadi namun tidakada satu orang pun yang sadar. sebenarnya kita hidup di dunia hanyalah sementara kita hanya tinggal menunggu waktu kapan itu akan ter jadi. yang saya tau sekarang itu sedang ada sebuah planet baru yang nantinya akan menabrak bumi. di al-qur'an namaun saya kurang tau ada disurat apa. yang jelas itu semuah sudah ada di dalam al-qur'an.

  • Dechy

    maca ciy……kami jadi atut tau…!!~!!!
    masih banyak dosa…….
    ajarin tobat dunkZZZZ

  • Ivan adrian

    yaa..Allah, ampunilah dosa hamba..

  • muhammad abidin

    Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita sebelum kiamat besar tiba, Amin ya Rabbal Alamin

  • LIES

    Semoga sebelum kiamat tiba aku sudah termasuk seorang muslimah yang baik……..

  • fear

    Ya Allah kami sebagai umat mu,,,,,
    memohon agar hati kami di kuatkan dan menghindari nikmat dunia fana ini. karna tujuan kami adalah engkau,,
    Aminn,,,,,,,,,,

  • uPhu tamFano

    Kiamat?? hmm pasti terjadi. Cuma yang jadi masalah umat manusia setelah Nabi Muhammad almarhum adalah bahwa manusia zaman sekarang hanya mampu meraba-raba tanpa pemimpin yang bijak. Jangan pernah takut kiamat apabila kalian sudah memegang teguh al-quran dan hadist.

  • hansen

    semoga tuhan memaaf kan saya atas banyaknya dosa saya selama ini "amin" ALLAHUAKBAR

  • chantee

    ya allah lindungin kami dari kiamat besarmu
    jadikan kami orang2 yang bisa merasakan nikmatnya kasih sayangMU

  • Hangatkuku

    ya Allah..
    Lindungilah dan sayangilah mereka (kedua orng tua ku)pada waktu itu (kiamat) seperti mereka memeliharaku waktu kecil, lalu masukkan dia ke dlm surgamu … amin

  • http://- hamba allah

    Allah Akbar 3x
    Mohon ampun atas segala dosa2 ku,
    Ya Allah
    Hanya kepadaMu aku memohon perlindungan dari datang kiamat kecil dan besar, amin

  • http://smpputri.wordpress.com Novrian E. Sandhi

    ustadz,

    mohon kami dibantu dgn referensi yg terkini ttg tanda2 kiamat. krn hingga kini buku2 aqidah yg ada sgt ketinggalan jaman dan tdk mengakomodir aspek penalaran/rasional. jika kita memaksakan diri utk mengajar dgn buku2 kuno itu, ya percuma saja santri diajari berpikir ilmiah, kritis, analitis, dan sistematis.

    jazakumullah khairan katsira

  • nia dwi

    ya allah berarti skrg sudah termasuk tanda2 dtngnya kehancuran di bumi allah…
    seandainya setiap manusia sadar dan mencintai lingkungan..mgkn kiamat tdk akn cepat dtng..

  • ayu angel

    wallahualam bil shawab…
    yg pasti kiamat itu pasti datang..
    dan semoga qta tdk termasuk org2 yg akan merasakan kiamat…
    hidup ini hnya persinggahan sementara…
    mari semua kaum muslimin muslimat untuk membenahi diri dan perilaku qta ..
    smoga qta termasuk orang2 yg meninggal dlm keadaan khusnul khotimah… amin ya robal alamin!!!

  • fenie

    Ya Allah…!!
    berikanlah kami cahaya-Mu ketika kami meninggal nanti..

    dan masukanlah kami kedalam golongan hamba2-Mu yg beriman..!!

    amin..amin Ya Robal'alamin..

  • http://yahoo ivan budi aji

    ya Allah ampunilah hambaMu ini
    jauhkanlah kami dari sikap dan perbuatan yang merugikan kami
    ya Allah jadikanlah kami bagian dari orang2 yang penuh denga keikhlasan

  • http://gogle muhamad hakim sidqie

    Assalamualaikum
    sebetulnya hari kiamat sudah akan terjadi.Tinggal kita yang melakukan perbuatan baik ataupun buruk lalu Allah yang akan menentukan datangnya kiamat.sekarang sudah banyak terjadi tanda2 kiamat kecil, tinggal menunggu tanda2 kiamat besar.
    Wassalamualaikum

  • riedwan

    asslamu'alaikum….
    semoga kisah ini bisa menjadi motivasi untuk senantiasa selalu dalam keadaan taat kepada Allah

  • henry

    Ya, Allah berilah kami petunjuk-Mu, Hidayah dan Innayah -Mu, amin…..

  • http://www.google.co.id rierie

    yaaaaaaaaaaaaaa aaaaaaammpuunt serem ya kalo baca artikel di atas.

  • http://www.friendster.com fitri cinthia

    assalamualaikum wr.wb
    gwe seneng banget karena gwe bisa dapat bacaan bermanfaat bagi gwe…
    good luck muach

    assalamualaikum wr.wb

  • reghe

    kita sebagai umat muslim harus rajin beribadah untuk menghadapi hari kiamat meskipun kita tidak tau kapan hari itu akan datang jadi tidak rugi jika kita bersiap-siap untuk menghadapinya.

  • ebie

    ya Allah lindungilah kmi smua..

    smua'y qta berlomba" y cari amal ibadah sebanyak2'y..

    gud luck smua..

  • hadiani eka putri

    ya alloh…
    ampunilah kami…
    ampuni dosa" kami baik yang kecil maupun yg besar…

    jadikanlah kami orang " yang beruntung…

    'buka kanlah pintu surgamu buat kami….
    amien,,,,,,,,,,,,,,

  • http://google hafiz n elga

    qt hanya bsa brdo'a dan berhrap dmi masa hdup qt dan smoga cinta allah slalu da pda hati qt

  • http://yahoo.cam dwi

    makasih yaw dah ngasih informasi yang buanyak. moga kita termasuk penguni surga amin

  • http://yahoo.com arief

    mudah2an kiamat terjadi stelah saya meninggalkan dunia..

    amie

  • Muhamad Syukur

    apa yang akan dibawa, dan bisa dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT. apa kita yakin perbuatan baik selama ini diterima oleh Allah.., marilah untuk mengkaji tuntunan Allah dan Rasul dan mengamalkannya, semoga kita digolongkan kedalam orang yang khusnul khotimal.. ammien

  • Al Ghifari

    Sesungguhnya hari kiamat itu merendahkan kaum yg ingkar dan meninggikan kaum yg beriman

  • http://yahoo Wongkito

    Ya Alloh hanya dengan ridho-MU kami dapat selamat,dan menuju surga-MU, sesungguhnya amal ibadah yg kami lakukan seumur hidup kami tidak akan mencukupi untuk menjadi bekal kami, ya Rabb… lindungilah dan ridhoilah hamba-MU ini, masukkan lah hamba kedalam golongan orang orang yg Engkau ridhoi dan Engkau rahmati, Aamin..

  • mozza

    aku takut hari kiamat…..

  • ahsanul umam

    semga dengan adanya keterangan ini, kita semua menjadi lebih meningkatkan iman kita.

  • tri ageng

    ALLAHHUAKBAR

  • shopi star_cute

    wahai…orang2 yang beriman, yang beriman hai tapi yg ga beriman ga hai, loe semua hrs percaya sama kiamat ok!

  • dyah

    Aq tkut hari kiamat…smoga Aq terhindar dari perbuatan yg tidak baik,ALLAHUAKBAR

  • silva

    Ya Allah jk kiamat memang sudah dekat……DEkat kan lah aku kepada mu….agar aku sll ingat akan adanya engkau ….agar mjd org yg tak kan lupa akan keberadaan mu….

  • http://YAHOO DIAN

    ASTAGFIRULLOHALADZIM,,,SAYA takut mendengar kiamat….tapi kenapa saya ga bisa beribadah kepada alloh swt…malah saya sering meninggalkan perintahnya……
    saya sebagai makhluk tuhan ingin sekali beramal shalih kepada sesama….tapi kenapa saya tidak bisa?????

  • Dewi

    Assalamualaikum wr.wb
    Semoga Allah msh membukakan pintu taubat untk q

  • http://www.ngocokan.com wahyu

    pasrah aj Sob!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Pingback: Isu Kiamat 2012 ternyata Badai Matahari « Pak AR guru Fisika()

  • Acehnese

    Assalamu’alaikum,,, kiamat itu sudah dekat dengan jaman kita ini, persiapkan diri kita untuk menghadapi hari akhir. Para pakar scientist sudah memprediksi bahwa akan ada sebuah planet yang letaknya berdekatan dengan planet pluto yang besarnya lebih besar daripada planet jupiter akan melewati titik terdekat dalam orbitnya dengan bumi. Prediksi para scientist adalah timbulnya air pasang di bumi yang lebih di kenal dengan tsunami. Wahai saudaraku seiman sudah saatnya bertobat kepada Allah.

  • Pingback: garis lengkung » Blog Archive » Sabuk Pengaman()

  • http://[email protected] CAHYADI AGUSTIN

    YA ALLOH..

    KALAU KIAMAT INI SUDAH TERJADI MASUKANLAH UMAT – UMATMU KE DALAM SURGA-MU

    Amiiiin..

  • http://tandakiamat TRI PROJO FIRMANSAH

    ya ALLAH………..

    jadikanlah kami hambamu yang berbakti kepada-MU,dan janganlah ENGKAU masukkan saya keneraka.
    AMIN………………………….

  • muhtadin

    wahai kaum muslimin!! dari makalah di atas sudah banyak terjadi tanda-tanda kiamat yang kita alami, sibukkanlah diri kita menuju pangkuan-Nya.

  • erwinsyah

    no coment, ibadah dengan ilmu ajalah

  • http://www.google.com heru

    marilah qt prsiapkan diri tuk menyongsong hari kiamat yg sudah dekat…smoga bukan jd penghuni neraka amiien.

  • rian

    aslm.
    alhamdulilah sya mendapat informasi yg bermanfaat melalui situs ini. semoga Allah SWT memberi pahala, rahmat & hidayahnya kpd penulis..amin

  • http://www.dakwatuna.com egan

    aslm wr.wb
    jujur ja w takut ma kiamat,tpi kiamat pasti terjadi….
    maka dari itu mulai sekarang w insya allah mau tingkatin sholat w lagi…
    ayo para muslim kita sama-sama menjalankan perintah allah sampai hari terakhir kita….
    semoga kita semua dapat merasakan yang dinamakan surga…aminnnn

  • http://www.dakwatuna.com egan

    aslm.wr.wb
    w anak umur hmpir 16 thun…
    tpi w mrasa bnyak bgt dosa yang w perbuat slama ini..
    w tkut dnger kta kiamat,tpi itu pasti terjadi……
    mka dri itu mlai dri skrang insya allah w akan tinkatin sholat w lagi…
    mudah”an smua dosa kluarga,saudara,maupun teman” kita smua diampuni oleh allah swt.amin

  • Kahfi

    “KIAMAT SUDAH DEKAT”
    BERTAUBATLAH , SELAMA PINTU TAUBAT MASIH TERBUKA..!

  • si faqir II

    Penulisan yang sangat menarik…
    terima kasih…
    kite mintak copy deh….

  • http://sukausaha.blogspot.com indra

    ustadz, afwan untuk
    “Dzulqarnain berkata, “Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka.” (Al-Kahfi: 82)”…itu Al-kahfi: 94 bukan 82..syukron atas artikel yang bermanfaat ini..

  • http://yahoo imran

    YA ALLAH BUKA PINTU TAUBAT UNTUK AQU,KERABATKU,SERTA KAUM MAUSLIMIN DAN MUSLIMAT,UNTUK BERTAUBAT.DAN SENANTIASA BERIMAN KEPADAMU,SERTA BER AHLAK MULIA. TEMPAT KANLAH KAMI DISISMU DAN BERIKANLAH SYAFA’AT RASULULLAH S.A.W KEPADA KAMI DI HARI PEMBALASAN KELAK.AMIIIII…IIIN.

  • Iffah

    ya Allah,semoga hamba tidak bertemu dengan Dajjal baik dajjal sungguhan ataupu yang cuma mirip dajjal
    seseungguhnya apapun yang terjadi pada hamba pasti itulah yang terbaik yang telah Engkau tentukan
    lindungilah keimanan umat muslim dari dajjal sesungghnya hamba percaya Engkau tidak akan membiarkan usaha hambamu sia sia
    hanya kepadaMu hamba berlindung dari segala hal dan hanya Engkau persembunyian yang kami tuju saat kami takut resah dan tak tentram.

  • http://aktif riNi

    setiap oran9,setiap manusia qt hrus bersiap2 untk kedatan9an kiamat,maka,y qt hr brbuat baik dan banyak brtaubat,y…!

  • http://aktif riNi

    seTiap oRn9,sTiap mNus!a Qt hRs bRs!ap2 TuK k’dTn9an k!aMat…
    mKa,y sLg! Qt hduP Qt hRs mLkukan pRbuaTan y9 ba!k,y9 d’Liat oLeH mTa aLLah iTu ba!k,n hRs bNyk2 bRtauBat..
    iNsya aLLah,aLLah aKan mN9mpuNi doSa2 Qt”aMieEn”

  • Pingback: » Senyumlah untuk Bahagia:-)()

  • http://dakwatuna.com Yanastree Astree

    Telah sesuai apa yg tlh dituangkan dalam Al Quran.., ratusan ribu tahun silam telah dikatakan & diceritakan menjadi kenyataan. Dan bagi mereka yg tdk yakin dan percaya..sekarang baru mereka “Percaya & Yakin” . Bukan menakut-nakuti tetapi begitulah kejadiannya. Yg diminta agar kita bersyukur, dinikmati bersama serta dipelihara jangan dirusak dan jangan memiliki ! . Karena terlena atas nikmatnya yang diberikan sehingga diperbudak nafsu, (maka…..!!!!’). Ini peringatan sblm terlambat.

  • http://www.facebook.com/group.php?gid=101662903565 ilham

    sesuatu yg tertulis dalam al-Qur’an meskipun lama namun pasti terjadi itu dikatakan dekat..
    mudah mudahan dengan adanya forum ini keimanan kita selalu bertambah. amiin

  • http://[email protected] roni

    semoga allah SWT dapat memberikan hidayah bagi umat manusia serta membuka pintu kesadaran akan kebesaranny.

  • rizky

    kiamat itu gk bisa di tentuin kapan terjadi nya,,,,

  • http://dedzberbagipengetahuan.wordpress.com dedy

    kalau memang tanda2nya sudah nampak jelazZ….., kita sebagai umat muslim yang beriman tentu akan meningkatkan ibadah kita.

  • Riski

    Saya mRasa bRsalah kRna yG sAya kRjakan sAat inI hnYa brMalas-malasan sAja, sAya samA seKali tiDak meNyadari akan HARI KIAMAT ini, tapi karena blog ini saya sadar akan pentingnya amal dan ibadah , kebaikan semasa hidup untuk HARI KIAMAT nanti. Terima kasih atas pemberitahuan pengetahuan di atas .

  • http://yahoo.co.id Mochamad hadiyan

    Sudah saatnya kita sebaagi manusia….untuk selalu berserah diri, bertobat…sebanyak banyaknya, mengakui kesalahan akan dirinya…untuk saat sekarang ini…jangan lah ada sekelompok orang.atau yang lainnya..untuk mencari cari kesalahan seseotang dengan berbagai cara, baik itu memfitnah, menyudutkan perkara….Ingat Pengadilan di dunia..hanyalah secuil cerita berdalang manusia munafik..HARUS DIINGAT PENGADILAN ALLOH..YANG PALING MUTLAK HARUS DI SADARI….,

  • Diky nugraha

    Hanya allah.SWT yang tau kapan datangnya kiamat, kita sebagai umat muslim hanya bagian kecil dari seluruh ciptaan-NYA.
    Bertaubat dan beribadah kpd Allah sblum waktunya tiba.

  • dovic

    haduuhhh .. :( skrg aja udah banyak kiamat”kecil contohny yg baru”aja yakan ? berarti kita hrus siap”nii . .. tp kan takdir di tgn allah s.w.t

  • iman santoso

    kita sebagai umat islam harus selalu shalat

  • Enny

    subhanallah semua tgantung amalan2 kita semoga allah selalu melindungi hidupku

  • http://dakwatuna Helmi

    kita harus meyakini bahwa kiamat itu ada

  • muhammad dikfi

    kita harus yakin bahwa kiamat itu akan datang…

  • nur indah

    jika kita merasa beriman kepada Allah , janganlah kamu meninggalkan perintahnya… Ok????

  • Rais

    bertaubatlah sebelum ajal menjemput …..! dan selalu berdoa agar mendapat perlindunganNYA

  • astry

    Subbhanallah mmpung ad ksmpatan dr skrg bny2lah solat mnt prlindungn terutma kt jgn pnh mnyakiti ssama beramal dan mmohon ampunan,satu hal sy pcya bhwa kiamat itu ada tp yg brhak mngetahui datangnya kiamat itu adalah khendak allah tanpa terkecuali siappn krn allah lah dia mha pmilik muka bumi ini.

  • http://google Midun Snd(seunuddon)

    hari kiamat adalah hari berakhirnya dunia, kiamat adalah rahasia Allah tidak ada yang mengetahuinya secara pasti dengan ilmu pengetahuan manusia, didalam Alqur’an dijelaskan “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya…” (QS. Al Hajj, 22:7), dengan demikian kita jangan mudah percaya dengan gosip2 yang sekarang ini marak dibicarakan di media2 2012kiamat, hanya Allah lah yang maha mengetahuinya, dan perbanyaklah ibadah kepada Allah karna kiamat itu akan pasti…

  • http://google neng

    yaallah mudah-mudahan semua orang disini sadar

  • AnNa PS

    Kiamat hanya Allah swt yg mengatur . Dr isu tsb qt ambil pelajaran saja unt menambh keimanan n mendekatkan dri kpd Allah .

  • http://tanda-tandakiamat menty

    duh serem juga ya…
    kalau udah denger kata kiamat……….!!!!!!!
    makanya kita yang masih hiidup raji-rajin beribada inget ma allah……!!!!!!!!!!!!

  • muhidin

    bukan kapasitas kita sbagai manusia untuk mnafsirkan itu,ilmu qta tdak sebanding dgn ilmu Allah Tuhan Maha Mengetahui

  • http://www.abuinayat.com Abu Inayat

    Bicara soal kiamat. jadi ngeri rasanya. Mudah-mudah kita bukan termasuk orang yang menyaksikan kiamat itu terjadi.

  • heris

    ya robb selamatkan aku n kluagaku serta muslimin2

  • http://Mankfoods mankfoods

    Terima kasih, semua apa yg telah Anda paparkan menjadikan sebuah pelajaran bagi saya…. Semoga kita semua sadar Kiamat itu memang akan datang meski tidak tau kapan semua tu terjadi….. Semoga saja kita semua tergolong dalam golongan orang2 yg telah Allah sayangi.. Amin ya rabbal alamain…

  • bobie hupeksa

    sebenarnya film 2012 tentang kiamat itu seharusnya membuat kita sadar tentang adanya kiamat, dan kita semakin takut untuk berbuat yang dilarang oleh Allah…..bukannya malah kita dilarang menontonnya…
    yang penting kita koreksi diri setalah adanya film tersebut…..

  • http://www.klipang.com/?p=49 klipang

    Film 2012 merupakan gambaran sebuah musibah bukan gambaran kiamat seperti yg digembar gemborkan orang barat, kiamat yg sebenarnya bumi hancur, langit runtuh dan tidak seorangpun selamat (mati semua). di film 2012 hanya orang yg berkuasa dan punya uang yang selamat. jadikan 2012 hanya tontonan saja…..

  • http://[email protected] hamba Alloh

    bersiap2lah wahai umat manusia,,,,,,,,bersiap2lah,,,,,,,bersiap2lah,,,,,
    maaf,,,,,,Alloh SWT memberikan bukti yang nyata,bukan Janji,,,,
    Langit sudah bersiap,,,,,
    bersiaplah,,,,,,wahai penghuni bumi,,,,,
    Allohuakbar,,,,

  • http://085647795288 Bertobatlah sblm matahari terbit dr barat…

    Mari bertobat sblm matahari terbit dr barat

  • Azie

    Alhamdulillah teksnya mudah difahami

  • hussein

    jangan pernah percaya ma ramalan bullsit itu! sebaiknya kita lebih mendekatkan diri kepada Allah swt? karena kiamat itu hanya Allah yang tau………..

  • dendy.rahmanda

    mudah-mudahan kaum yahudi di laknat oleh allah & tetap semangat mujahid palestin, dan juga kita bisa menang pemilu tahun 2014. jaya terus pks. terus berjuang di parlemen moga2 hukum allah berlaku di tanah air kita. amin.

  • hanung

    mudah22 an tak merasakan kiamat gd!!!!! sereeeeeem

  • nensi

    aq percaya kiamat itu ada,mudah2an setelah membaca cerita itu,manusia dpt lbh sadar lg.

  • liza

    mudah 2an kiamat tdk datang hari ini ,besok,sampai anak cucu kita karna bila datang berarti kita manusia yang paling buruk

  • BangMas

    semoga kt dpt mmprbaiki diri setlah mmbaca tulisan ini,,,

  • shofye dhzia’ulhaq

    buruan tobat.biasanya penyesalan ad di akhir

  • amin

    cepat2 la kita bertaubat dan memaaf kan orang lain sebelum mereka pergi buat selama-lamanya

  • YuGhie TjaHyaDhiE

    aduh takut sekali

  • hamba ALLAH

    subhanallah…..

  • ade

    syukron tadz infonya ana ngopy ya

  • dims_smid

    sebaiknya kita semua cepat-cepat bertaubat kepada Allah

  • nino nur’madi

    maha besar allah subhanallah…

  • Asep

    Alhamdulillah, Syukron Tadz good artikel’

  • devi cie naq kecepian

    dengan ini saya devi ingin memberi saran yg penting bagi anaq-anaq bangsa perbanyaklah beribedah kepada allah yg maha esa supaya allah tidak murka kepada umat seluruh alam dengan begitu allah akan bangga kepada kita umat manusia insyaallah amien ya robbal alamien!!!!!!!!!

  • NINGRAT

    MARILAH KITA BERSAMA2 BERTAUBAT KPD ALLAH SWT. KARENA SESUNGGUHNYA KIAMAT ITU AKAN BENAR2 TERJADI……………………………

  • Jd merinding,?n kan menjadi renungan wat hidup Qt.

    Jd merinding,n kan jdkan wat renUngan Qt.subhanalloh..

  • Slmet

    SUBHANALLAH..
    Semoga kita senantiasa di beri bimbingan ,agar bisa mendapat ridlo ALLOH untk bekal di akhir hayat.Dengan kita beribadah dan menurti PerintahNYA .Wassllm

  • chrisna

    Ayo…… skrang sadarkan diri kita tuk banyak2 brtaubat dan beribadah kpd ALLAH krn sesungguhnya hanya ALLAH lah yg tau kpn kiamat itu trjdi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • dediiskandar

    assalamualiakum.wr.wb maha besar ALLAH dengan segala firman nya tiada tuhan selain ALLAH yang ku sembah wahai para muslim banyak lah berdoa dan menjalan kan ibadah dan menjauhkan segala larangan nya
    ayolah wahai umat muslim kita menjalan kan ibadah solat lima waktu ayo kita sadar kepada diri sendiri baru pada orang lain dan bertakwa ALLAH HU AKBAR……………….ALAH HU AKBAR………………….

  • Taufik kurniawan

    BiarLAH MrekA SpRti itu,
    kealak mereka akan merugi,
    marilah kita perbanyak ibadah,
    dan perbanyaklah beristighfar kepada ALLAH SWT,
    agar kita terahindar dari perbuatan keji dan mungkar…

  • Driyoko

    Assalamu’alaikum. Ada artikel menarik mengenai fenomena matahari terbit dari barat dari sumber berikut ini:http://www.brecorder.com/component/news/single/1/0/section/1042318.html

  • arsty arief lewa

    segera mengerjakan perintahx dan menjauhi laranganx

  • fathur

    mulailah dari skrang untk brbuat lbih baik lgi agar kta smua slmat mnju msa dpan yng abadi. .

  • tumplear

    nggak mungkin ada kiamat

    • triee

      adalah.. coba aja maki2 bos ditempat kerjaan ente ..pasti kiamat (ngganggur.. ga pnya duit ,anak butuh makan) kiamat buat anda ndul

  • ganang

    hari kiamat pasti akan datang

  • retno

    lindungi kami ya robb…semoga kami termasuk umat kanjeng nabi yg mndapat syafaatnya nanti..amiieeennn

  • KIKI SISWANTO

    InsyaALLAH dgn membaca artikel tersebut.Styp insan akn t’rbka pntu hti’y untk b’rtbat…Amin…….

  • Fauziah Indawati Rachman

    Ya Rabb,,,ampunilah kami.

  • pronggo

    kalau tanda2 kiamat besar muncul dan tdk diterima lagi tobat manusia, apakah ketika dajjal muncul, manusia jg sdh tdk bisa lagi bertobat ustadz? mohon penjelasan

  • jundan

    ya allah ampunu aq

  • istiqomah

    saya masi kurang percaya dgn smua isi itu ustad…???
    walaupun saya jarang sholat…tetapi hati nurani saya masih tau mana yg benar dan mana yg salah
    kebenaran belum di terlihat sama sekali samapi sekarang
    kecuali Tsunami yang melanda seluruh daerah Aceh
    tp ada waktunya kok ….
    so saya rasa smua ajaran itu perlu qt cermati jgn d telan habisssssssss…..

    • Puspita

      Ya Allah, emang bisa tidak bisa melihat banyak nya pembunuhan,bnyak nya perzinahan dan bnyak nya wanita dr pd pria….emang uda mati rasa ya

    • Edi Koes

      Buta mata lo………….
      Buka mata lo…………

    • yzar

      Istiqomah ini sepertinya salah satu tanda hari kiamat kecil: yaitu munculnya kaum khawarij (bodoh)

    • MANzz

      perlu kita ketahui bahwa kebenaran al-qur’an itu mutlak dan harus diimani jadi kalau anda belum percaya terhadap apa yang dikatakan al-qur’an, anda percaya terhadap instuisi anda???? atau pemikiran anda???? jadi anda tidak percaya terhadap Allah yang menciptakan anda dan Rasulullah sebagai pembawa risalahnya???

  • hana amelia

    ustad, saya mau tnyak!!
    kalau zina dan fitnah itu dosax lebih besar mana?? dan apakah masing-masing hukumnya!!!

    • Hafizgelorasaputra

      zina dan fitnah : fitnah fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan , dan fitnah itu lebih gampang di kerjakan ,,,,,,,,,,,,,,,,,banyak lah kamu ,,,,,berdo’a agar engkau di ampuni dosa mu,,,,,,,,,,,,,
      dan jagalah …..setiap perkataanmu ……..apa yang kita bicarakan itu benar atau salah?

  • wanti

    sungguh besar kuasa allah………
    semoga kita semua jadi hamba yang soleha………..aaammiiiiiiiinnnnnnnn

  • ratih

    Q 9X prCya kIAMaT ThuN 2012…………………..?

    • Satrianetmaman

      bner itu hanya allah yg tau kiamat itu
      kalau mau kiamat sekarang aja bisa

  • anggita hildayu

    menurut anda di daerah arab sudah ada kejadian atau istilah lain lubang neraka,itu termasuk tanda2 kiamat besar?mohon dijelaskan.

    • Rizkiprihartadi

      Bukan itu hanya fenomena Alam dan katanya di lubang neraka wallahualam terdengar bunyi orang bertakbir

  • fahmi “pagar nusa”

    aq nggak percaya kiamat 2012, kan tiada yang tau kapan hari kiamat, yang tau itu hanya allah………………………SALAM JINGSOO untuk anak “kera saki” & “pagar nusa”………

    • triee

      ayo mumpung masih bisa silahkan titip salam sekalian buat enyak,babeh,tetangga ndul

  • heru

    segala sesuatu yg diterangkan dalam Al-quran dan hadits dan haditsnya dpt dipertanggungjawabkan kebenarannya….saya pribadi PERCAYA 100%…karena semua itu BENAR!!

  • gaga ,babel.

    semoga allah mengampuni segala kesalahan kita aminnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  • YAYAT

    YA Allah ampunilah sgla dosa’qu.,
    bwa lh qu ke jln mu… ami…n

  • Idhoy

    Selalu tunjukan jalan yang engkau ridhai ya Allah, lindungilah saya dan keluarga dari perbuatan yang menyesatkan, amien.

  • Sumaiyah binti mohd azam

    tapi saya tertanya-tanya gimana kalau seorang perempuan memakai seperti lelaki apabila di dlam rumah sahaja tetapi apabila di luar die memakai pakaian solehah dan melakukan perkara yang baik seperti budak perempuan

    • triee

      itu watak namanya

  • Farid Abdul Raffy

    kiamat bukan saja kehancuran bumi/Dunia, akan tetapi kiamat adalah hari terakhir bagi manusia/makhluk Alloh,
    maka kiamat sudah terjadi 500.000 tahun sebelum masehi, atau semenjak khabil dan habil saling bunuh!

    • triee

      jaman itu blm ada nabi trakhir ndul..alquran jg blm trun jadi org tau ada kiamat jg dari nabi trakhir+quran.. payah ente cetek pikirannya

  • Ranid13

    ya ALLAH lindungilah keluarga,saudara,teman kami untuk dijauhkan dari dari hal hal yg dapat merusak keimanan islam kami..amin

  • Amudyfahad

    subhanallah… Semoga qt smw, kedua org tua qt, keluarga qt, sodara2 qt serta seluruh umat muslim baik yg msh hidup maupun yg sdh Tiada mndapat Ampunan dr ALLAH SWT , dtrma Taubat qt srt mndapatkan Syafaat Nabi Muhammad s.a.w dhari KIAMAT kelak…. amin, yaa Robbal aalamin !!!! afwan ustadz, ana ijin Share yaa…. :)

  • Rohyanaakhsan

    Subhannalahh,lailahailalah…AllahHuakBarrr….

  • Panikren

    memang kiamat itu ada tapi kita gak tau itu terjadi kapan
    ……………..

  • Miefa

    ya rabb ampuni dosa q bimbing aq dijalan muuu…Hamba takut akan ajab MU yg sangat pedih..masukan ksurga mu ya Allah

  • http://profile.yahoo.com/75D5TLOB7H2GF5GJZ7TRXK2YAY Heru

    udah percepatlah kiamat gue uda strees ama dunia

    • H.S.Lutfi

      Kematian bukan berarti menyelesaikan masalah…. Sudah siapkan anda menghadapinya? Persiapkan bekal anda utk menghadapi hari kebangkitan nanti.

      • kakaimey

        kalau kiamat juga bukannya itu tanda kematian,,,, sudah siapkah anda dengan kiamat?

    • triee

      udah mati blm ih orang… kl blum suruh mati aja duluan jgan mikirin kiamat datangnya hehehe

    • yzar

      Makin banyak orang bodoh…..

  • Abu

    ngapain capek2 ngomongin kiamat. yg penting siapkan kematian. bukankah tiada yg abadi kecul Allah………. so stop wacana kiamat!

  • Prabu Erlangga68

     ya allah jauhkan lah kedua orang tuaku dan keluarga ku ya allah dan jauhikan lah siksaan api neraka amin..

  • Hanista_burhan

    Maksudnya polisi melakukan dipagi hari dan sore hari itu apa? Kenapa Allah murka?

    • kakaimey

      maen asal tilang

  • Baworasoy

    APakah Maulid suatu bentuk per-IBADATAN ?? kalo IYA maka harus ada tuntunanya secara syari’e.. kalo BUKAN ibadat maka tidak tergolong dalam  suatu BIDAH. 
    Tetapi kalau sekedar memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW,,, sebagai renungan kita bersama.. Rasulullah sudah mengajarkan secara tidak langsung utk mempemperingatinya seminggu sekali dengan cara BERPUASA di hari SENIN…
    Dalam shahih Muslim dari hadits Abu Qatadah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shalallahu

    ‘alaihi wassalam pernah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau Shalallahu ‘alaihi wassalam

    menjawab,

    ” Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Al-Qur’an

    kepadaku pada hari tersebut.” (HR.Muslim)
    Bagi mereka yg mengaku cinta kepada Rasulullah.. baik yg setuju dengan acara Maulidan tahunan tersebut maupun yg tidak setuju.. SUDAHKAH anda melaksanakan sunnah yg ini..PUASA HARI SENIN ??

  • Abifaiq

    fastabikhul khairot ajah euiy…

  • Afan_ok

    mungkin ada akhwat jenis baru juga kan yang melihat ikhwan dari segi ‘materinya’…

  • riska

    assalamu’alikum.,.
    ana izin share y ^__^.,.
    sukron

  • http://twitter.com/ikh4_ayu Riska Rahayu

    assalamu’alaiku.,.
    ana izin share y.,.:)
     

  • http://twitter.com/ikh4_ayu Riska Rahayu

    assalamu’alaikum.,. ana izin share y.,.^_^
    sukron 

  • Wawansugiantoro

    tidak bid’ah kalau yg ngenyimak faham isi ceramah yg menjelaskan atau menceritakan untuk siapa dn untuk apa RASULULLAH SAW di lahirkan,nah, yg menjadi bid’ah nih,
    1.memungut dana mengatas namakan sumbangan brti- merepotkn semua orang(tdk bg yg ikhlas)
    2.jemaahnya milih, mana nih yg ada makanannya,-penceramahnya terkenal tidak?,-ayo kt berangkat
       kita tnjukin kalau kt ni anak muda yg bela islam kt jaga tepi jalan dari kendaraan yg lewat,gang-gang
       nya tutup dulu,lewat muter aja tidak tahu apa ada Maulidan..dst….
    3.ini ni yg harus paling di perhatikan: berapa isi amplop yg harus di isikn buat sang penceramah???????
       ini yg paling bid’ah ,itu baru tingkat RT, coba kalau masjid kondang,so pasti dong ngundang
       penceramah yg kondng pula,apalagi yg sering di tv, udah dah….dan msh banyak lagi…
    kesimpulan saya,maulid Nabi jgnlh di perkenalkan hanya pada tgl kelahiran Nabi saja, dan tidak harus pd malam hari dan hari libur saja, setiap hari…..”dosa hukumnya bagi yg tidak membagi-bagi ilmu nya” apalagi mengharap imbalan dari apa yg akan ia berikan/sampaikan……….cukup Allah S.W.T yg tahu dalam hati mu……..

  • Anonymous

    tidak bid’ah kalau yg ngenyimak faham isi ceramah yg menjelaskan atau
    menceritakan untuk siapa dn untuk apa RASULULLAH SAW di lahirkan,nah, yg
    menjadi bid’ah nih,

    1.memungut dana mengatas namakan sumbangan brti- merepotkn semua orang(tdk bg yg ikhlas)

    2.jemaahnya milih, mana nih yg ada makanannya,-penceramahnya terkenal tidak?,-ayo kt berangkat

       kita tnjukin kalau kt ni anak muda yg bela islam kt jaga tepi jalan dari kendaraan yg lewat,gang-gang

       nya tutup dulu,lewat muter aja tidak tahu apa ada Maulidan..dst….

    3.ini ni yg harus paling di perhatikan: berapa isi amplop yg harus di isikn buat sang penceramah???????

       ini yg paling bid’ah ,itu baru tingkat RT, coba kalau masjid kondang,so pasti dong ngundang

       penceramah yg kondng pula,apalagi yg sering di tv, udah dah….dan msh banyak lagi…

    kesimpulan saya,maulid Nabi jgnlh di perkenalkan hanya pada tgl
    kelahiran Nabi saja, dan tidak harus pd malam hari dan hari libur saja,
    setiap hari…..”dosa hukumnya bagi yg tidak membagi-bagi ilmu nya”
    apalagi mengharap imbalan dari apa yg akan ia
    berikan/sampaikan……….cukup Allah S.W.T yg tahu

  • Anonymous

    tidak bid’ah kalau yg ngenyimak faham isi ceramah yg menjelaskan atau
    menceritakan untuk siapa dn untuk apa RASULULLAH SAW di lahirkan,nah, yg
    menjadi bid’ah nih,

    1.memungut dana mengatas namakan sumbangan brti- merepotkn semua orang(tdk bg yg ikhlas)

    2.jemaahnya milih, mana nih yg ada makanannya,-penceramahnya terkenal tidak?,-ayo kt berangkat

       kita tnjukin kalau kt ni anak muda yg bela islam kt jaga tepi jalan dari kendaraan yg lewat,gang-gang

       nya tutup dulu,lewat muter aja tidak tahu apa ada Maulidan..dst….

    3.ini ni yg harus paling di perhatikan: berapa isi amplop yg harus di isikn buat sang penceramah???????

       ini yg paling bid’ah ,itu baru tingkat RT, coba kalau masjid kondang,so pasti dong ngundang

       penceramah yg kondng pula,apalagi yg sering di tv, udah dah….dan msh banyak lagi…

    kesimpulan saya,maulid Nabi jgnlh di perkenalkan hanya pada tgl
    kelahiran Nabi saja, dan tidak harus pd malam hari dan hari libur saja,
    setiap hari…..”dosa hukumnya bagi yg tidak membagi-bagi ilmu nya”
    apalagi mengharap imbalan dari apa yg akan ia
    berikan/sampaikan……….cukup Allah S.W.T yg tahu

  • Anonymous

    tidak bid’ah kalau yg ngenyimak faham isi ceramah yg menjelaskan atau
    menceritakan untuk siapa dn untuk apa RASULULLAH SAW di lahirkan,nah, yg
    menjadi bid’ah nih,

    1.memungut dana mengatas namakan sumbangan brti- merepotkn semua orang(tdk bg yg ikhlas)

    2.jemaahnya milih, mana nih yg ada makanannya,-penceramahnya terkenal tidak?,-ayo kt berangkat

       kita tnjukin kalau kt ni anak muda yg bela islam kt jaga tepi jalan dari kendaraan yg lewat,gang-gang

       nya tutup dulu,lewat muter aja tidak tahu apa ada Maulidan..dst….

    3.ini ni yg harus paling di perhatikan: berapa isi amplop yg harus di isikn buat sang penceramah???????

       ini yg paling bid’ah ,itu baru tingkat RT, coba kalau masjid kondang,so pasti dong ngundang

       penceramah yg kondng pula,apalagi yg sering di tv, udah dah….dan msh banyak lagi…

    kesimpulan saya,maulid Nabi jgnlh di perkenalkan hanya pada tgl
    kelahiran Nabi saja, dan tidak harus pd malam hari dan hari libur saja,
    setiap hari…..”dosa hukumnya bagi yg tidak membagi-bagi ilmu nya”
    apalagi mengharap imbalan dari apa yg akan ia
    berikan/sampaikan……….cukup Allah S.W.T yg tahu

  • Irwansyah

    Bagus…..

    :)

  • Herdi Edu

    Subhanallah…pemimpin cerdas..otak kanannya oke…langsung action..

  • http://www.facebook.com/iiselah Iis Ella

    hanya orang2 yang bodoh,, yang bisa memprediksikan kiamat di tahun 2012,,, sesungguh nya hanya alloh  swt lah yang lebih tau ,,, maka dari itu siapkan lah dengan bawaan amal kita tuk menyambut hari kiamat dengan banyak beramal,, dan beprilaku baik,,, agar kt siap ,, jikalau kiamat akan datang ,,, amien,,,

  • http://www.facebook.com/yuwan.abi1 Yuwan Abi

    Ya Allah lindungi kami sekeluarga,jauhkan kami dr ajabmu yg sangat pedih ,bimbing kami supaya kami berada dlm jln kebaikanmu ya Allah,amin ya robbal alamin

  • Anietha Love

    SUBHANALLAH,,,,,,,,,,,,,izin share ya AKHY………..

  • Dickky Yogaswara

    semoga Allah melindungi kita semua amiin ya rabb

  • Yapa Juhal Pramudya

    “Siapa yang membunuhnya akan mendapat pahala di hari Kiamat.”
    maksudnya membunuh gimana? bukannya malah banyak terjadi pembunuhan?

    • Dedet Sukriadi

      baca aja asal muasal khawarij pa,,,,maka ketahuan mereka layak di bunuh atau gak…

    • jupitergokil

      Bdoh x kok,, mg gx phmi td apa yg di bca,
      on o’on

  • arief
  • Khairil Anwar

    Ya Allah, ampunilah dosa2 kami amin

  • Chaktho

    ” Memang kalau kita lihat perzinaan sekarang sdh terang terangan malah ada yang direkam ……Naudzubilah mindzalik semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT

  • anwar

    bnyaklah yg kta temui tanda2akhir zaman…..dan itu menandakan kiamat menghampiri kta

  • iis latifah

    ya allah sekarang sudah mencapai pada tingkat banyaknya perempuan ketibang laki-laki,kabut asapnya,dajjal,dan binatang yang sudah pandai bicara(burung beo)

  • rwanBeberoq Terong Pelecing Ka

    ya allah lindungilah kami keluarga kami,kedua org tua,saudara,keluarga,teman dan org muslim dri siksa hari kiamat .
    amiin ya rabbal alamin.

  • Muhammad Suhandi

    Saya kurang Paham Dari mana Tanda Tanda Kiamat besar

  • Whitegardenparty

    ente pake celana panjang bid’ah, pke gamis…. ente ke kantor naik motor bid’ah jg… naek onta sono !!!! PAHAMin Makna BID’AH nya dulu … BAHLUL !!!!

  • Yazede

    kalau ulang tahun partai, ulang tahun ormas, bid’ah ngga ya?

  • Yazede

    bid’ah terbagi  macam menurut imam Nawawi. Silakan lihat FATHUL BARI atau SYARAH SHAHIH MUSLIM

  • Yazede

    Kalo setiap yang tidak ada contohnya dari Rasul dinaggap bid’ah, maka membaca al-qur’an bid’ah ngga ya? Kan Rasul tak pernah membaca qur’an dalam bentuk mushhaf?

  • http://www.facebook.com/aphin.borntofrag Apin Hesty

     makan telur tiak bid’ah bos, telur jadi bid’ah klw percaya/yakin telur dpat membawa berkah,rezeki dll itu syirik namanya.

  • susan sukmana

    Assalamu’alaikum
    menurut aku sih perempuan memakai jaket diluar jilbab, gak apa apa. toh masih terhalang dengan kerudungnya yang lebar. jilbab sama kerudung itu berbeda. perintah krudung itu sendiri ada dlam surat annur ayat 31, sedangkan perintah mengenakan jilbab surat al ahjab ayat 59. di blog aku ada sedikit tulisan tentang jilbab bukan kerudung, silahkan diliat kalau mau, smoga bermanfaat..

    tapi memang ia sih, saya juga kurang setuju kalau liat akhwat memakai jaket diluar kerudung, itu bisa meperlihatkan lekuk tubuh si akhwatnya. apalagi kalau jaketnya pas pasan….. saya sering lihat akhwat aktivis dakhwah yg memakai jaket seperti itu.

    ini pertanyaan kamu udah 3mingguan tapi kok lum ada balasannya yah, saya juga masih penasaran soal hal ini.
    mohon penjelasannya….

  • susan sukmana

    oh ia lupa, ini alamat blog saya http://susansukmana.blogspot.com
    disana ada sedikit tulisan tentang jilbab bukan kerudung. atau bisa searching di google perbedaan jilbab sama kerudung…ada banyak pilihan link yg bisa dikunjungi yg membahas soal hal itu.