Home / Dasar-Dasar Islam / Tazkiyatun Nufus / Waqfah di Awal Tahun 1428

Waqfah di Awal Tahun 1428

Segala puji hanya bagi-Mu ya Allah, Engkau Maha membolak-balikkan hati hamba-hamba-Mu, kokohkan hati kami agar tetap dalam dien-Mu.

Cobalah berhenti sejenak, dari setumpuk aktivitas kita, dari sekian banyak pekerjaan kita, dari kepenatan pikiran kita, dari kesibukan yang terus memadat, seakan tiada henti.

Cobalah berhenti sejenak, sejenak saja. Cobalah sejenak untuk melupakan segala permasalahan yang tengah mendera. Lupakan sejenak. Lepaskan diri dari beban kepenatan itu.

Renungkan kembali hari-hari yang kita lalui. Renungkan. Rekam kembali apa yang telah kita lakukan selama ini. Rekamlah, lalu renungkan.apa yang kita cari sebenarnya dalam hidup ini? Apa yang kita kejar? apa yang kita buru? apa yang telah membuat kita puas? Apa yang telah membuat kita bahagia?

Mungkin di antara kita ada yang telah berhasil menggenggam dunia ini dengan kemegahan, kebanggaan, kepuasan, kenikmatan. Mungkin juga ada di antara kita yang masih harus bersusah payah untuk mendapatkannya. Terserahlah, siapa pun kita, apapun yang kita sandang hakikatnya adalah sama.

Segala yang kita miliki, yang kita sandang, tak lebih dari atribut kehidupan, itu semua sekedar ujian. Seberapa kita telah memanfaatkannya, menyalurkannya, mengaryakannya dan mendedikasikannya untuk panggung kehidupan duniawi ini.

Sungguh beruntung orang-orang yang hatinya selalu diiringi niat yang lurus. Merekalah orang-orang kaya yang tak pernah terlihat tumpukan hartanya, sederhana hidupnya, karena kekayaannya didedikasikan di jalan Allah dalam bentuk karya, yakni tertegaknya kebenaran dan kesejahteraan sesama.

Merekalah orang-orang miskin tapi tidak pernah miskin karena ikhtiarnya untuk lurus dan jujur tak pernah luntur, tetap berusaha dengan niat tulus, tidak luntur oleh gegap gempitanya keramaian zaman yang kian tidak karuan dan kezhaliman yang merajalela.

Niatan hati adalah penyuci kerja, kerja bukan lagi sekedar kesibukan, pelepas kewajiban pencarian nafkah ataupun perburuan materi, tetapi naik tingkatnya menjadi ibadah, pengabdian, keluhuran dan kemulyaan.

Niatlah motivator awal ketaatan ataupun pelanggaran terhadap rambu-rambu jalan hidup dan kehidupan yang mengarahkan kita pada apa yang hendak dicapai.

Mari kita mulai di awal tahun 1428 H ini dengan kembali menata niat, agar eksistensi kita, kesalehan kita, di manapun dan kapan pun, dapat berdaya guna bagi kemaslahatan dan peradaban ummat, bagi pembangunan akhlak,…bagi seluruh aspek hidup dan kehidupan di hamparan alam fana ini dalam kontek rahmatan lil ‘alamin.

About these ads

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (10 votes, average: 8,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Ibnu Jarir, Lc
  • ma'mur

    semoga dakwatuna.com menjadi pioner dakwah di dunia maya, untuk menggapai Ridho Ilahi Rabbi. Jazakallah Khairon katsir

  • Dharma Wijaya

    Ass,
    Selamat atas lahirnya website Dakwatuna, semoga menambah semangat jihad dan ghirah Islam bagi pembacanya. Mau tanya, apakah Dakwatuna versi website ini ada hubungannya dengan majalah Dakwatuna yang dikelola teman-teman majalah Tarbawi beberapa waktu lalu? jzk. wass

  • Artikel yg bagus sebagai pengingat di awal tahun. Jazakallah KK ustadz.

  • DJoko Yuniarto

    Jazakallah ustadz.. semoga antum diberi kesehatan dan umur yg barakah… kangen dgn ceramah dan muhasabah antum lagi..

  • Alhamdulillah dengan kehadiran situs dakwatuna dapat mempertebal keimanan dan menambah tsaqofah islamiyah buat kita-kita, maju terus dakwatuna untuk berjihad di dunia maya, salam untuk Ust Amir Faishol dari mahasiswa nya di Al Hikmah.

  • Subhaanallah…

    Kata Napolion Bonaparte, "Sungguh seorang penulis jauh lebih aku takuti daripada seribu pasukan perang". Artinya pengaruh seorang penulis itu sangat besar, karena dengan tulisan seseorang mampu membuat kekacauan, huru hara, bencana dan malapetaka. Sebaliknya Allah akan memasukkan ribuan bahkan jutaan hamba-Nya ke surga, mendapat hidayah lantaran membaca sebuah tulisan. Maju terus dakwatuna beserta timnya. Kita sedang berdakwah di dunia maya.

  • yanti

    Allahu Akbar…
    Bisa mendapatkan taujih lewat situs ini, maju terussss dakwah

  • nansy

    Assalamu Alaikum Wr Wb…
    Subhanallah, salut untuk dakwatuna, ke depan mudah-mudahan situs ini lebih banyak pengunjung. materinya banyak bermanfaat untuk semua, khususnya saya pribadi.

  • heriyanto

    Asm Wm Wb, Ustat. bisa tidak ana minta tolong untuk dikirimi ke email ana tentang " urgensi membina " untuk menyemangati kader yang udah mulai loyo

  • ass.jazkumllah khair atas tarbiyahmu(jiil nnasr almansyud)

  • djoko adhi

    jazakalloh kepada dakwatuna dan para asatidz yang telah berkontribusi, semoga amalan ini menjadi penguat amal – amal kita selanjutnya.bisa nggak minta email ustadz ustdadz pengisi ?

  • ngok nian mang,
    alangkah nikmatnya kalau semua orang berpikiran seperti anda,… mungkin dunia ini takkan serusak dan separah ini kalau tau kenikmatan di dunia ini hanyalah fatah morgana semata yang mengelabui

  • adlil umarat

    ini ustad ibnu jarir yang dulu ngajar di Assalam bukan? salam kenal ya…masih ingat aku ga ya?

Lihat Juga

Ada Apa Dengan Hijrah?